SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. DISERTAI KUNCI JAWABAN
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Khusus kampus sekarat, solusi paling efektif ialah merger. Bambang menyampaikan kampus menyerupai Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) merupakan pola sukses hasil merger sejumlah sekolah tinggi dan akademi. Belakangan, Kopertis V sedang mendorong beberapa perguruan tinggi peternakan, perikanan dan pertanian, yang di ujung tanduk alasannya yakni sepi peminat, untuk segera bergabung menjadi sekolah tinggi.
1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut yakni ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut yakni ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melaksanakan marger beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melaksanakan merger?
3. Perhatikan teks berikut ini!1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut yakni ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut yakni ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melaksanakan marger beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melaksanakan merger?
Risiko kelebihan berat tubuh bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan. Mi instan yakni hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat. Sementara, gorengan kerupuk yakni masakan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Simpulan isi teks tersebut yakni ...
A. Risiko kelebihan berat tubuh bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan yakni hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan sanggup mengakibatkan risiko kelebihan berat badan
Cermatilah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Simpulan isi teks tersebut yakni ...
A. Risiko kelebihan berat tubuh bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan yakni hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan sanggup mengakibatkan risiko kelebihan berat badan
D. Gorengan kerupuk yakni masakan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Luapan banjir akhir hujan deras selama beberapa hari terakhir ini dilaporkan merusak jembatan Waimah di Desa Bour, Kecamatan Nuba Tukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu terjadi lantaran gorong-gorong dipenuhi sampah. Sampah ini, kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Widya Mandira Kupang itu, pemilik lahan di sepanjang bantaran kali.
Kerusakan yang terjadi hanya pada penyangga jembatan sisi timur dan barat, khususnya cuilan selatan (arah hilir ke muara). Struktur jembatannya sendiri tidak masalah, tidak mengalami kerusakan dan masih kokoh walaupun tertabrak sampah sampah. Kerusakan penyangg pada fondasi dan dinding penyangga lantaran tergerus air yang meluap melampaui muka jembatan serta menggerus fondasi penyangg sehingga dinding dan fondasi menggantung dan hasilnya jatuh.
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut yakni ...
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(1) Indonesia yakni negara kedua penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia. (2) Indonesia menghasilkan sampah plastik yang salah urus sebanyak 3,22 juta metrik ton per tahun, atau setara dengan 10,1 persen sampah plastik di planet ini. (3) Negara yang digolongkan berpendapatan menengah ke bawah ini melarungkan 0,48 juta hingga 1,29 juta ton sampah plastik ke lautan tiap tahunnya. (4) Idealnya, masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan niscaya memahami ancaman sikap penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan. (5) Cara membangun kesadaran itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi. (6) Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni pendidikan dan dorongan semoga secara sukarela mengurangi penggunaan plastik.
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut yakni ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
8. Bacalah kutipan teks laporan Berikut!
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut yakni ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
D. Masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan niscaya memahami ancaman sikap penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan.
Teks 1
Saat mekar, bunga ini terlihat sangat indah. Sayangnya ia hanya mekar pada malam hari. Itu pun cuma sebentar saja. Keesokan paginya, ia sudah tampak layu. Itulah bunga wijayakusuma. Bunga wijayakusuma yakni bunga dari sejenis kaktus Epiphyllum anguliger yang berasal dari hutan tropis di wilayah Amerika latin. Namun sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Teks 2
Tepat pukul 05.00 kami sekeluarga berangkat menuju stasiun Senen. Suasana kemudian lintas sudah mulai padat, apalagi dikala memasuki tempat parkir di stasiun. Pukul 06.15 kami sudah berada di kereta jurusan Jogja. Tujuan kami yakni kota Purwokerto, tepatnya Ajibarang. Alhamdulillah kami tiba di stasiun Purwokerto pukul 13.00.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut yakni ....
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut yakni ....
Teks 1 | Teks 2 | |
A | penggambaran fisik objek laporan | Disusun menurut urutan kegiatan |
B | diuraikan dengan urutan bagian | dilaporkan sesuai urutan tempat |
C | diawali dengan ciri khas objek | diawali dengan cuilan kegiatan |
D | mendeskripsikan objek | dikembangkan dengan urutan waktu |
9. Bacalah teks Berikut!
Dahsyatnya Hypnoparenting
(1) Buku ini merupakan hasil berguru sang penulis di Fakultas Magister Manajemen IPMI Jakarta dengan spesialisasi jadwal Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 1996. (2) Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas dan gampang dipahami pembaca. (3) Desain gambar animasi yang terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan lantaran buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca orang tua. (4) Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa absurd yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Mimpi Meraih Prestasi
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kau enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melaksanakan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… menyerupai mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kau enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melaksanakan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… menyerupai mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
10. Makna kata yang dicetak tebal pada teks tersebut yakni ....
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut yakni ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan cuilan ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut yakni ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!...
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut yakni ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan cuilan ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut yakni ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!...
Tegar menangis dan meratapi perbuatannya. Ia menyesal lantaran selalu mengecewakan ibunya. Ia pun segera menemui ibunya dan memberikan setangkai mawar sambil memeluk erat ibunya kemudian berkata, “Maafkan saya Ibu.”
Makna simbol kata bercetak miring pada kutipan cerpen tersebut yakni ....
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
D. ketulusan
“Wow, masakan ini enak, sayang saya hanya bisa menikmatinya sedikit,” pikir si Monyet dalam hati. Monyet itu kemudian berencana untuk mencuri seluruh masakan ayam. Dia pun merencanakan sebuah ide.
“Hei, lihat ke langit, elang akan datang, ia ingin membawa anak-anakmu,” teriak si Monyet . Si Ayam kaget. Dia segera melindungi anak-anaknya. Sementara si Ayam betina melindungi anak-anaknya, si Monyet mencuri makanannya. Setelah itu pun si Monyet berlari.
Si Ayam menyadari bahwa si Monyet hanya menipunya. Dia mendatangi temannya yang lain, yaitu seekor kepiting. Si Ayam menceritakan semua masalahnya pada si Kepiting.
“Jangan khawatir, temanku, saya punya ilham untuk memberinya pelajaran,” kata si Kepiting. Keesokan harinya, ayam betina itu bertemu dengan monyet itu lagi. Dia berkata, “Ayo kita pergi ke pulau. Ada begitu banyak masakan di pulau itu.”
“Tapi saya tak bisa berenang,” kata si monyet.
“Aku punya bahtera yang sanggup kita naiki,”jawab si ayam.
Akhirnya mereka pergi, namun si monyet tidak sadar ada si kepiting yang ikut dengan mereka. Si kepiting membolongi bahtera yang mereka tumpangi dan perahupun bocor. Si kepiting berenang dan si ayam terbang untuk menyelamatkan diri. Tinggallah si monyet seorang diri.
“Tolonglah aku. Aku tak bisa berenang,” teriak si monyet.
“aku akan menolongmu asal kau berjanji tidak akan berbuat jahat lagi.”
“Baiklah saya berjanji,” jawab si monyet.
Si Ayam dan si kepiting pun menyelamatkan Si monyet.
15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut yakni ....
A. memakai segala cara untuk mendapat yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji semoga ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut yakni ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua masakan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut yakni ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
18. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Kutipan I15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut yakni ....
A. memakai segala cara untuk mendapat yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji semoga ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut yakni ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua masakan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut yakni ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
D. Si monyet ketakutan.
“Mbak kenapa sih Ibu selalu memarahi kita?” tanya Mita
“Ga murka Dik Ibu sayang kita kok!” kata Ita dengan lembut kepada adiknya yang masih berumur 6 tahun dan terpaut usia dengannya 2 tahun.
Hartati dan Sutomo telah mempunyai dua orang anak. Tak disangka ternyata Hartati mempunyai tabiat pemarah. Dia sering memarahi anaknya sendiri dengan nada keras dan berkata kasar, lantaran emosi labil disebabkan ijab kabul muda.
Kutipan II
Tinggal Ibu sekarang di ruang keluarga itu, masih terkulai menyerupai sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu. Telepon berdering. Ibu tersentak bangkit dan eksklusif menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut yakni ….
Kutipan 1 | Kutipan 2 | |
A. | dimulai dengan agresi | dimulai dengan penggambaran tokoh |
B. | dimulai dengan masalah | dimulai dengan lokasi |
C. | dimulai dengan lokasi | dimulai dengan aksi |
D. | dimulai dengan ketegangan | dimulai dengan aksi |
19. Bacalah dua kutipan teks cerpen berikut!
Kutipan 1
“Kamu yang membawaku masuk ke dalam ruang absurd ini. Kamu yang mengenalkanku dengan rasa itu. Rasa yang indah namun menyakitkan, rasa yang menyenangkan, namun itulah esedihannya.
Rasa yang menerbangkanku ke awan kemudian menghempaskan tubuhku ke jurang terdalam.” Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah. Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah dari balkon kamarku. Mengamati setiap gumpalan awan yang bergerak perlahan mengingatkanku pada insiden beberapa tahun silam.
Kutipan 2“Bagaimana Wil” kata Arif
“Apanya?”
“Tentang perasaan Loe ke Anggi?”
“Gua udah yakin, kalau gua ga akan nyatain perasaan gua ke dia”
“Kenapa? Kok Loe eksklusif pisimis gini sih?, Loe perjaka bukan”
“Berisik Loe.”
“Loe tau, akan sangat sakit bila di hidup kita itu ada kata penyesalan, waktu ga akan bisa diputar, dan lebih baik kita sakit hari lantaran ditolak daripada menyimpan rasa sendiri, ingat kita tuh bukan cewek! Kita cowok!
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut yakni ....
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut yakni ....
Kutipan 1 | Kutipan 2 | |
A. | menggunakan kata sehari-hari | menggunakan kata resmi/baku |
B. | dipengaruhi kata-kata daerah | dipengaruhi kata kata asing |
C. | menggunakan kata baku | menggunakan kata sehari-hari |
D. | memvariasikan dengan kalimat langsung | tidak ada kalimat langsung |
Bacalah kutipan teks cerpen berikut
kemudian kerjakan soal no. 21 dan 22!
1) Ita menangis menahan amarah dalam hatinya ia berkata, “Ibu kau malaikatku kau sosok panutanku tapi kenapa dirimu memarahiku setiap hari menyerupai ini? (2) Jika saya salah kau seharusnya menawarkan saya nasehat dan menyuruhku dengan baik bukan dengan cara memarahi dan mngeluarkan cacianmu. (3) Ibu saya sangat menyayangimu!”.(4) Walaupun sang Ibu memarahinya setiap hari Ita tidak pernah merasa dendam kepada ibunya. (5) Ita hanya bisa menangis menahan amarah saja lantaran ia tau betapapun Ibu murka kepadanya itu semua lantaran salahnya. (6) Ratapan hati Ita di kamarnya selesai melaksanakan salat.
20. Kalimat yang menunjukan latar tempat insiden terjadi dalam kutipan teks tersebut yakni ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang menunjukan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada impian untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Tepat pukul 06.00 saya terbangun diiringi dengan bunyi ayam berkokok seolah menyanyi membangunkan orang-orang yang masih tidur. Kulihat burung-burung yang beterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Jari timur sang surya menyapu dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya.20. Kalimat yang menunjukan latar tempat insiden terjadi dalam kutipan teks tersebut yakni ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang menunjukan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada impian untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
Komentar yang sempurna terhadap unsur intrinsik kutipan cerpen tersebut ...
A. Latar waktu kisah digambarkan dengan baik sehingga pembaca sanggup mencicipi
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema perihal acara kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya sanggup beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati insiden yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Sebuah truk bermuatan batubara terperosok di proyek perbaikan jalan yang berada di A. Latar waktu kisah digambarkan dengan baik sehingga pembaca sanggup mencicipi
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema perihal acara kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya sanggup beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati insiden yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Jalan Raya Rancaekek-Majalaya, Kabupaten Bandung. Akibatnya arus kemudian lintas […].
Pantauan detikcom, Selasa (27/11/2018) truk bermuatan batubara itu terguling di tubuh jalan tersebut tepatnya sebelum Perumahan Grand Ricon Rancaekek.
Sejumlah anggota polisi dari Satlantas Polres Bandung dan Polsek Rancaekek melaksanakan pengaturan kemudian lintas di jalan tersebut.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut yakni ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut yakni ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
1) Bagian-bagian dari flora ini yakni buah kelapa, batang, pelepah dan akar.
2) Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia dan menyebar di seluruh pantai tropika dunia.
3) Kelapa yakni sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan flora ini.
4) Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan flora palem yang berbatang tinggi.
5) Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.
6) Kelapa menjadi flora serba guna lantaran dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia.
Urutan kalimat teks laporan yang sempurna menurut teks tersebut yakni ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks mekanisme acak berikut!
Urutan kalimat teks laporan yang sempurna menurut teks tersebut yakni ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks mekanisme acak berikut!
Cara Membuat Pisang Goreng
1) Panaskan minyak goreng di dalam wajan!
2) Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik memakai spatula!
3) Angkat dan pisang goreng siap untuk disajikan!
4) Masukkan pisang ke dalam wajan
5) Potong pisang menjadi dua atau tiga cuilan dan masukkan ke dalam gabungan tepung!
6) Masukkan tepung, air, gula dan garam secukupnya ke dalam wadah atau mangkuk kemudian aduk hingga merata!
7) Goreng pisang hingga warnanya bermetamorfosis coklat keemasan!
Urutan teks mekanisme yang sempurna yakni …. A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Kepala Desa Salamjaya, Wahyu Faturahman di lokasi menjelaskan, bahwasanya longsor terjadi dikala wilayah itu […] hujan semenjak Selasa sore.B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut yakni ....
A. diterjang
B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Tidak sanggup dipungkiri bahwa dikala ini tidak sedikit anak yang mempunyai ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang dikala ini tidak mengenal game online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda menjadi lebih bakir dalam sains. […] Ada ancaman lain membidik generasi muda. B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut yakni …
A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan mempunyai banyak imbas jelek pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti perihal komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini intinya bagus atau mempunyai nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak niscaya akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
28. Bacalah kalimat berikut!A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan mempunyai banyak imbas jelek pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti perihal komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini intinya bagus atau mempunyai nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak niscaya akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
Berita tragedi likuefaksi di Palu disampaikan sesuai dengan realita yang ada.
Variasi kata yang bercetak miring Pada kalimat persebut yakni … .
A. bukti
B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
Para siswa akan mengadakan bakti sosial untuk membantu korban musibah di sekolah.B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
Variasi kalimat tersebut yang sempurna yakni …
A. Untuk membantu korban musibah di sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban tragedi alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban tragedi alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban musibah mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban tragedi alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban tragedi alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban musibah mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
Data Hasil Pengamatan Komodo
Ciri-ciri komodo
- Hidup di semak belukar dan di sejumlah hutan di Indonesia.
- Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih
- Panjang 2, 5 hingga dengan 3 meter
- Jenis kulit bersisik, ekornya berotot
- Keunikannya
• dikala ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah
• korban yang ia gigit keracunan
• Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut yakni ...
A. Komodo merupakan binatang yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 hingga dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan binatang yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 hingga dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat ia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Fenomena alam likuefaksi terjadi disebabkan lantaran permukaan tanah bergerak dan ambles sehingga semua bangunan hancur, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut yakni ...
A. Komodo merupakan binatang yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 hingga dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan binatang yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 hingga dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat ia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas yakni ....
A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip bersahabat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya ia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, evaluasi tamat semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
(1) Uniknya, dikala Komodo sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah dan hal itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya basil yang berbahaya. (2) Namun sayangnya, binatang melata ini terancam punah. (3) Bakteri yang hidup di dalam lisan komodo tersebut, akan mengakibatkan darah korban yang ia gigit keracunan. (4) Komodo akan menggigit mangsanya tersebut kemudian membuntutinya semoga mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip bersahabat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya ia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, evaluasi tamat semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut yakni ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Desa Sukamaju yakni desa transmigran pencetus yang diharapkan bisa menarik para transmigran lain [...] melaksanakan hal yang sama.A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Konjungsi yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
Jika ponsel atau tablet tidak muncul ketika menentukan “kirim ke ponsel Anda”, Anda mungkin perlu [ ...] perangkat ke akun Google. A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
Kata berimbuhan yang sempurna untuk mengisi cuilan yang rumpang dalam kalimat tersebut
yakni ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
Penghijauan sanggup dilakukan dengan menciptakan […] kota lantaran dengan penghijauan sanggup menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk pernapasan makhluk hidup.yakni ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
Kata ulang yang sempurna untuk melengkapi cuilan yang rumpang pada teks tersebut yakni ….
A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
Jembatan Sungai Ciandum merupakan saluran menyambungkan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
Kata yang tidak sempurna penggunaannya dalam kalimat tersebut yakni ….
A. jembatan
B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tersebut semoga menjadi efektif yakni …
A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
(1)Terong belanda mempunyai karakteristik yang gampang dikenali. (2) Terong belanda mempunyai bentuk menyerupai buah sawo berukuran kecil. (3) Terong belanda berwarna keunguan. (4) Orang Indonesia jarang yang mengonsumsi buah ini. (5) Ciri khas inilah yang gampang dikenali oleh konsumen.A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian bahan lantaran alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tidak padu pada kalimat nomor (4) yakni …
A. Terong belanda banyak ciri yang gampang dikenali.
B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi lantaran banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga mempunyai ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
Para pengungsi tsunami di Palu di mana dikala ini sangat membutuhkan dukungan masakan dan pakaian layak pakai. B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi lantaran banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga mempunyai ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut yakni …
A. Penggunaan kata di mana tidak sempurna lantaran tidak menanyakan tempat.
B. Kata korban lantaran kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu lantaran berlebihan.
D. Kata para tidak perlu lantaran maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.B. Kata korban lantaran kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu lantaran berlebihan.
D. Kata para tidak perlu lantaran maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
Alasan tidak efektif kalimat tersebut yakni ….
A. kata manis seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
D. kata dalam seharusnya dihilangkanB. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
42. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Aktris sekaligus penyanyi Korea, Suzy Bae menjadi salah satu artis yang menjadi sorotan lantaran kecantikannya.(2) Untuk menjaga wajahnya tetap higienis ia selalu membersihkan wajah dengan pembersih, pengencang dan krim pelembab. (3) Tak hanya selalu merawat wajahnya, Suzy Bae juga konsumsi masakan yang sehat. (4) Dada ayam dan ubi jalar yakni makan kesukaannya.Alasan ketidakpaduan paragraf di atas yakni ....
A. Kalimat (1) menyimpang dari isi
B. Kalimat (2) tidak berafiliasi dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berafiliasi dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Agar tubuhnya kencang, ia tak lupa mengkomsumsi masakan yang mengandung tepung dan gula secara tidak berlebihan.B. Kalimat (2) tidak berafiliasi dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berafiliasi dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yakni ….
A. kencang
B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
"Awalnya saya hampir melepaskan kodok itu ke sungai, namun saya berpikir jangan-jangan B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
kodok ini ikut kami dari Bali." kata Penno.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yakni ....
A. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda koma (,)
B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Cristiano Ronaldo mempunyai rekor gres di Liga Champions. (2) Megabintang asal Portugal B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
itu menjadi pemain pertama yang meraih 100 kemenangan di Liga Champions. (3) Kemenangan ke-100 ronaldo diraih dikala membantu Juventus mengalahkan Valencia, Rabu 28 November. (4) walaupun CR7 tidak mencetak gol pada laga tersebut.
Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat eksklusif berikut ini!
Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata Husna kepada kami.A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat eksklusif berikut ini!
Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut yakni ...
A. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional.” kata Husna kepada kami.
B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
Walaupun Nurhuwaidi gres tiba ia bisa mengkoordinir seluruh jadwal kepada krunya.B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yakni ...
A. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba, ia bisa mengkoordinir seluruh kepada krunya.
B. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba, ia bisa mengoordinasikan seluruh jadwal kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba, ia bisa berkoordinir seluruh jadwal kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba ,ia bisa mengkoordinasikan seluruh jadwal kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”B. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba, ia bisa mengoordinasikan seluruh jadwal kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba, ia bisa berkoordinir seluruh jadwal kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi gres tiba ,ia bisa mengkoordinasikan seluruh jadwal kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
Perbaikan tanda baca yang sempurna kalimat tersebut yakni ...
A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Gurunya Andre yang bakir itu tidak bisa tiba hari ini.A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Alasan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut yakni ...
A. Adanya penggunaan kata 'pintar‟ pada kalimat tersebut yang tidak sempurna seharusnya diganti kata „ cerdas‟.
B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang bakir itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak sempurna kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menjadikan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
SMK gres itu mempunyai jurusan : Otomotif, Tata Boga, Tata Busana, dan Multi Media.B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang bakir itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak sempurna kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menjadikan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut yakni ...
A. Tanda titik dua tidak digunakan bila rangkaian atau pemerian merupakan suplemen yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak digunakan sehabis kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua sanggup digunakan pada tamat suatu pernyataan lengkap bila diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua sanggup digunakan dalam menulis teks drama sehabis kata yang memperlihatkan pelaku dalam percakapan.
A. Tanda titik dua tidak digunakan bila rangkaian atau pemerian merupakan suplemen yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak digunakan sehabis kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua sanggup digunakan pada tamat suatu pernyataan lengkap bila diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua sanggup digunakan dalam menulis teks drama sehabis kata yang memperlihatkan pelaku dalam percakapan.
CATATAN: SOAL INI ADALAH SOAL UJI COBA UN (TO) DKI TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. PAKET B
KUNCI JAWABAN SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. D
2. D
3. C
4. C
5. A
6. D
7. B
8. D
9. B
10. A
11. C
12. B
13. D
14. A
15. C
16. B
17. C
18. A
19. C
20. D
21. C
22. A
23. D
24. C
25. D
26. B
27. A
28. B
29. B
30. A
31. C
32. A
33. B
34. C
35. C
36. B
37. C
38. A
39. D
40. A
41. B
42. D
43. B
44. A
45. A
46. D
47. B
48. C
49. D
50. A
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan alasannya yakni akibat
- Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan cuilan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan aksara kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 Response to "Soal Persiapan Un 2019 Bahasa Indonesia Smp/Mts. Disertai Kunci Jawaban"