Latest News

Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban


SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 

 Pilihlah tanggapan yang paling tepat!

1.      Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala tempat di Indonesia yang mempunyai danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi yaitu kesepakatan membentuk lembaga tempat peduli danau nusantara, menyususn jadwal strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.


A.    percobaan

B.     pengaturan

C.     persetujuan

D.    pengabsahan

E.     pengamatan



2.      Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf adalah….

A.    Apakah tujuan Deklarasi Limboto?

B.     Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?

C.     Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?

D.    Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?

E.     Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?

3.      Ada dua jenis tumbuhan mini. Pertama, tumbuhan mini yang bukan orisinil mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar dan normal ibarat biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini contohnya tumbuhan palem mudang, pohon raphis, pohon asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tumbuhan mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jikalau ditanam di tanah tidak bisa besar ibarat ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tumbuhan hias.

Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….

A.    Permasalahan tumbuhan mini yang sedang demam isu di Indonesia.

B.     Tanaman mini orisinil dan tumbuhan mini bukan asli.

C.     Tanaman mini  bagus ditanam di pot kecil lantaran akan tumbuh menjadi anggun dan mungil.

D.    Tanaman mini biasa dipakai menjadi tumbuhan hias.

E.     Jenis-jenis tumbuhan mni dan deskripsinya.

4.      Memiliki wajah anggun dan halus menjadi idaman setiap orang khususnya wanita. Ada cara gampang dan murah untuk hal tersebut. Jeruk nipis dan setengah sendok madu murni bisa untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Campurkan kedua materi tersebut, kemudian oleskan secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air hambar hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Praktis bukan? Jadi, selain Anda menjadi lebih anggun alami, dengan cara ibarat ini. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

Rekomendasi yang disampaikan penulis melalui teks di atas adalah….

                      A.      Wanita harus menyempatkan waktu untuk merawat kulitnya

                       B.      Cara memanfatkan jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

                       C.      Memanfaatkan bahan-bahan alami ibarat jeruk dan madu untuk kesehatan.

                      D.      Merawat kulit wajah dengan cara gampang dan murah.

                       E.      Merawat kulit wajah secar rutin.

5.      Cermati teks Berikut


Gafi        :    Selamat sore, Bu Nita.
Bu Nita  :    Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu?
Gafi        :    Maksud saya ke sini mau memperlihatkan tas rajutan karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna.
Bu Nita  :    Bagus sekali bahan, model, dan warnanya. Berapa harganya, Gafi?
Gafi        :    Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa.
Bu Nita  :    Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar nanti Ibu jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil semua warna yang ada jikalau harganya bisa kurang
Gafi        :    Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh.
Bu Nita  :    Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah terburu-buru.
Gafi        :    Ya, Bu Nita. Terima kasih.         
                                                      

Hal yang disepakati dalam obrolan tersebut yaitu ….

A.    banyak tas

B.     jenis tas

C.     warna tas

D.    harga tas

E.     model tas







E.      Penyajian pembelajaran  Bahasa Indonesia jenjang SMA.

7.      Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan insiden di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut yaitu ....

A.      Siswa tercengan.

B.      Menonton adegan.

C.      Adegan peristiwa.

D.     Siswa menonton.

E.      Salah satu adegan.



                         A.   teks dapat

                          B.   dapat diperinci

                          C.   menjadi berbagai

                         D.   diperinci menjadi

                          E.   jenis teks


Teks 1
Teks 2


Teks 1
Teks 2


10.  Cermati kedua teks berikut!

Teks I

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah bahari Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang lantaran posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.

Teks II

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat mempunyai potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat populer dengan wisata bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik lantaran kelengkapan dan keragaman tumbuhan dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Teks 1
Teks 2
diawali unsur siapa
diawali unsur dimana
diawali unsur mengapa
diakhiri unsur apa
diakhiri unsur siapa


11.  Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan jadwal diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh lantaran itu, kita harus pintar menentukan mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu warna kulit kentang. .... jangan menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...

A.     Pilihlah kentang yang berukuran besar.

B.     Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.

C.     Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.

D.     Warna kentang sangat menarik dan bervariasi

E.      Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

12.  Berbicara wacana pendidikan bekerjsama sama halnya dengan berbicara wacana kehidupan. Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju arah yang lebih baik sesuai dengan potensi kemanusiaan. Proses ini hanya berhenti ketika nyawa sudah tidak ada di dalam raga manusia. Pendidikan pada hakikatnya yaitu proses memanusiakan manusia. Profesor Driyarkarya merumuskan pendidikan sebagai proses memanusiakan insan muda, yakni suatu pengangkatan insan muda ke taraf insani sehingga ia sanggup menjalankan hidup sebagai insan yang utuh dan membudayakan diri.

Ikhtisar kutipan paragraf tersebut adalah….

A.   Pendidikan sangat dibutuhkan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam menjadikan masyarakat berbudaya.

B.   Pendidikan yaitu proses berkesinambungan dalam memanusiakan insan menjadi insan utuh dan berbudaya sesuai potensi yang dimiliki.

C.   Selama masih hidup, setiap individu memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk memanusiakan dirinya biar menjadi insan yang utuh dan menjadikan dirinya berbudaya.

D.   Pendidikan dan kehidupan ini tidak sanggup dipisahkan lantaran pendidikan dibutuhkan oleh setiap individu untuk mencapai taraf insani, yakni sebagai insan yang utuh dan membudayakan diri.

E.   Melalui pendidikan, insan sanggup mencapai taraf hidup yang lebih baik, yakni sebagai insan yang utuh dan membudayakan diri.

13.  Cermati puisi berikut!

             Sajak Rajawali

            Satu kandang dari besi

            Tak bisa mengubah Rajawali

            Menjadi burung nuri

Satu luka perasaan

                  Maki puji dan hinaan

                  Tak merubah sang jagoan

                  Menjadi makhluk picisan

                  ….

                              W.S. Rendra

Makna lambang “rajawali” dalam puisi tersebut adalah….

A.    Yang mempunyai kemauan                                  

B.     Makhluk yang sangat liar                                       

C.     Sejenis burung yang bermata tajam

D.    Binatang langka yang dilindungi

E.     Sosok pembela yang tangguh      

14.    Cermati kutipan puisi berikut!                         

                           BATU

Batu mawar

Batu langit

Batu duka

Batu rindu

Batu jarum

Batu bisu

kaukah itu

Teka

Teki

Yang tak menepati janji?

Dengan seribu gunung langit tak runtuh


Makna kata kerikil pada puisi di atas menggambarkan….

A.    ketegaran

B.     kesombongan

C.     kebebasan

D.    kecemasan

E.     keikhlasan

15.  Cermati pantun berikut!

Membaca novel Siti Nurnaya

Nama pengarangnya Marah Rulsi

Kita anak muda ayo berkarya

….

16.  Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!

Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, lantaran terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu lantaran Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi sanggup menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan untuk beramai-ramai menyerang mereka.

(Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)

Penyebab konflik pada kutipan dongeng ia atas adalah….      

A.    Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.

B.     Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.

C.     Opzichter tidak sanggup lagi menehan marahnya terhadapistri kuli kontrak.

D.    Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.

E.     Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.

17.  Konflik dalam kutipan  di atas adalah….

A.    Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.

B.     Opzichter merasa murka lantaran istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.

C.     Rasa murka (gelap mata)  kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter

D.    Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.

E.     Opzichter merasa terhina lantaran istri-istri kuli kontrak menolaknya..

18.  Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa menimbulkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada insiden Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya lantaran soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)

Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…

A.    Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.

B.     Orang yang menebang pohon milik orang lain sanggup dimasukkan ke penjara.

C.     Kerukunan kampung sanggup terganggu lantaran penebangan pohon pepaya.

D.    Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.

E.     Dua kilo beras telah mengakibatkan dua orang bertikai.

19.  Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju bahtera laju
laju hingga ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera


            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut yaitu ….



Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat biar menuruti pesan yang tersirat orang tua
nasihat biar rajin belajar
B.
menganjurkan menyayangi tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan pesan yang tersirat orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan

             
20.  Cermati kutipan novel berikut!


       Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, saya sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan gres bisa tiba sesudah ia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana ia dihentikan menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, saya dan Mas Irwan mengangkat anak berjulukan Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.)


         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut yaitu …

A.    Amanat dalam dongeng disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.

B.    Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.

C.    Tokoh dalam dongeng kurang terfokus sehingga alur dongeng tidak begitu jelas.

D.    Pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan dongeng kurang tergambar.

E.    Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.

21.   Perhatikan kutipan cerpen berikut.

(1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok.  (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, kau bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel akhirnya menoleh, tetapi tidak menjawab….

(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)

Bukti tabiat Angel yang acuh terletak pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (3) dan (4)

C. (5) dan (6)

D. (2) dan (4)

E. (2) dan (6)

22.  Cermati kutipan cerpen berikut!

Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak ketika itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak sanggup memerintah dengan baik. Pada ketika yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.

Keterkaitan insiden dalam kutipan dongeng rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….

A.    Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.

B.     Kematian menciptakan seseorang membenci bahagia.

C.     Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.

D.    Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.

E.     Kematian orang yang disayang meninggalkan murung yang mendalam

23.  Bacalah ilustrasi berikut !

Ketua Komisi Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, mempertanyakan slogan Kota Depok sebagai kota layak anak. Pasalnya, masalah kekerasan terhadap anak justru banyak terjadi di Kota Depok.Selama delapan bulan terakhir pada tahun 2015 ini, terdapat 287 masalah kekerasan terhadap anak di Depok. Slogan Kota Depok sebagai kota layak anak hanya kabar bohong semata.

Disadurdari :http://kriminalitas.com/depok-kota-layak-anak,diunduh 12 November 2015

Ungkapan sempurna ilustrasi tersebut yaitu ....

A.    acungan jempol

B.     isapan jempol.

C.     bertangan jempol

D.    jempol besar

E.     cap jempol








25.  Cermati urutan kalimat Berikut


(1)  Hal itu diungkapkan biar tidak ada lagi tumbuhan padi yang terkena puso dan rusak lantaran kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3)  Oleh lantaran itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tumbuhan padi yang terkena puso.


         Urutan kalimat tersebut biar menjadi paragraf padu yaitu ….

A.    (1), (2), (4), (5), dan (3)

B.    (2), (1), (4), (5), dan (3)

C.    (3), (2), (1), (5), dan (4)

D.    (3), (5), (2), (1), dan (4)

E.    (5), (2), (3), (1), dan (4)

26.  Cermati paragraf berikut!


         Masih segar dalam ingatanku, waktu saya tinggal bersama nenek di kampung lantaran kedua orang tuaku merantau. Nenek sangat menyayangiku. Begitu pula aku, sangat menyayangi nenek. …. Aktivitas apa pun yang dilakukan nenek saya ikut serta, ibarat ke sawah, ke ladang, menghalau bebek. Aktivitas ini belahan seni kehidupan di kampung yang sangat menyenangkan dan mengesankan sepanjang hidupku.
                                                         

         Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu …

A.    Kami melalui hari-hari dengan gembira, senang, dan penuh kasih sayang.

B.    Kasih sayang yaitu pengikat yang sangat baik antara insan di dunia ini.

C.    Saling menyayangi di antara anggota keluarga harus selalu tercipta.

D.    Sangat banyak jasa nenek yang saya rasakan dan tidak akan bisa dibalas.

E.    Sering nenek bercerita wacana masa kecilnya yang penuh kenangan.

27.  Cermati kutipan berikut!

Dampak paling nyata dari tragedi kabut asap yaitu duduk kasus kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap menciptakan daya tahan masyarakat kian menurun. [….] Beberapa pertolongan yang didistribusikan mencakup 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan aksesori 11 ton, alat penjernih air, serta 4.482 oximetry (alat cek denyut jantung), dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan belum dewasa yang diperkirakan menderita ISPA). Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen consentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.

Kalimat sempurna untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut yaitu …

A.    Melihat kondisi semakin mengkhawatirkan, Pemerintah memberikan pertolongan aksesori ke daerah-daerah terdampak kabut asap.

B.     Keadaan semakin parah, Pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.

C.     Bantuan-bantuan aksesori dari Pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di tempat terdampak kabut asap.

D.    Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah tempat dan provinsi wajib meliburkan siswa di tempat terdampak kabut asap.

E.     Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian (BSK) kepada korban meninggal akhir tragedi asap.

28.  Cermati deretan kalimat berikut!

(1)   Banyak sahabat saya yang tidak bisa menciptakan atau menyusun pantun.
(2)   Bagaimana cara menyusun pantun itu sebenarnya.
(3)   Menyusun pantun itu sangat gampang asal tau syarat-syarat penyusunannya.
(4)   Buatlah sampiran pada larik pertama dan larik kedua.
(5)   Kemudian, buat  isi pada larik ketiga dan larik keempat.
(6)   Isi pantun itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka.

         Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring sanggup divariasikan dengan konjungsi ….

A.    maka

B.    ketika  

C.    sebelum itu

D.    setelah itu

E.    ketika itu

29.  Pemerintah telah melaksanakan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan  pemerintah. .., mereka cenderung melanggar  kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah mempunyai banyak kendala.

Kata penghubung antarkalimat yang sempurna untuk melengkapi belahan yang rumpang adalah….

A.    namun, serta, apabila

B.     namun, sebaliknya, akan tetapi

C.     meskipun, sebaliknya, akan tetapi

D.    namun, sebaliknya, apabila

E.     sebab, serta, akan tetapi

30.  (1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di akomodasi iradiator untuk menciptakan materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum berjulukan Pahat.

Kalimat yang memakai kata tidak baku terdapat pada nomor….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

31.  Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas bernomor….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)







E.        berubah, bermukim, berubah

33.  Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukannya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … berlebihan kalau kita katakan … efek itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan imbas psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah mencicipi pengalaman pahit … nilai terpuruk sehingga menimbulkan barang-barang menghilang dari pasaran. … ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….

A.    Tentu saja, kalau, begitu, barangkali

B.     Tentunya, bahwa, ketika, kalaupun

C.      Namun, bahwa, begitu, bahkan

D.    Namun, ketika, begitu, barangkali

E.     Oleh lantaran itu, seandainya, selama, ketika

34.  Cermati paragraf berikut!


         Dulu waktu di Sekolah Menengan Atas ia dikenal pendiam. Akan tetapi, kini ia malah menjadi aktif kampus di akademi tinggi tempat ia berkuliah. Karena itu, ia dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen.

         Perbaikan yang sempurna untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ….

A.    aktivitas

B.    aktivis

C.    aktivisme

D.    aktifitas

E.    aktifis

35.  Cermati paragraf rumpang berikut!


Jika amblasnya permukaan tanah di sekitar semburan lumpur Lapindo, pipa air milik PDAM Surabaya patah. Pipa gas milik Pertamina juga meledak bahwa penurunan tanah supaya sebuah SUTET milik PT PLN dan seluruh jaringan telepon dan listrik di empat desa tidak sanggup difungsikan.


         Konjungsi yang sempurna untuk memperbaiki yang tercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ….

A.    akibat, karena, sehingga

B.    sebab, akibat, maka

C.    karena, sebab, akibat

D.    ketika, karena, maka

E.    jika, sehingga, akibatnya

36.  Cermati paragraf berikut!


         (1) Sekolah menyenangkan yaitu sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut berguru dan mengembangkan wawasannya. (4) Banyak cara menciptakan orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa.


         Kalimat yang sempurna untuk memperbaiki kalimat nomor (4) biar paragraf tersebut padu
yaitu …

A.    Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka mempunyai keberhasilan.

B.    Tidak sia-sia mereka menghasilkan banyak sekali aktivitas.

C.    Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.

D.    Siswa diharapkan sanggup menghasilkan banyak sekali karya penemuan pendidikan.

E.    Siswa dan guru sama-sama mempunyai kreativitas.

37.  Cermati paragraf berikut!


         Salah satu prosesi moral ijab kabul dalam masyarakat Melayu Indragiri Hulu, Riau yaitu membacakan "Surat Kapal" yang dikenal juga dengan "Syair Cenderawasih". Syair ini berupa pantun yang khusus dibacakan ketika keturunan aristokrat menikah, baik sesama keturunan aristokrat (raja) maupun satu di antaranya. Isi pantun berupa filosofis perjalanan kapal menganalogikan bagaimana melawan ombak (masalah) dalam perkawinan, riak kecil, dan rintangan lainnya. Berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk berpantun.


         Kalimat yang sempurna untuk memperbaiki kalimat bercetak miring yaitu …

A.    Sudah seharusnya cowok Indragiri peduli terhadap kebudayaan tradisional, terutama di lingkungan sendiri.

B.    Begitulah cara masyarakat Melayu Indragiri memberikan pantun dengan melihat situasi dan kondisi setempat.

C.    Jadi, pantun dalam masyarakat Melayu Indragiri Hilir dipakai pula dalam jadwal adat-istiadat setempat.

D.    Dengan demikian, pantun bernilai seni yang baik dan bermanfaat ibarat yang tampak di masyarakat Indragiri Hilir tersebut.

E.    Karena itu, pantun di lingkungan masyarakat Melayu Indragiri Hulu dilestarikan oleh generasi di lingkungan mereka.

38.  Cermati kalimat berikut!

Untuk sukses dalam perjuangan perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku yaitu ....

A.    Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.     Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.     Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.    Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.     Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau

39.  Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….

                      A.       Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.

                      B.       Narasumber           :  Prof. Dr. Rahmat Effendi

Pemandu               :  Abdul Gani, M.Hum.

                             Pencatat                :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.

                    C.         Keraf, Gorys. 2015. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.

                   D.         Ibu             : "Bawa koper ini, Nak!"

Amir          : "Baik, Bu."

                    E.         Sekolah ini masih memerlukan: kursi, meja, dan lemari.

40.  Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi keberlanjutan Irak.

Kalimat tersebut memakai ejaan yang salah karena….

A.    Menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

B.     kata syarat seharusnya sarat.

C.     kata pemerintah seharusnya Pemerintah

D.    Kata hubung Bahwa seharusnya di awal kalimat.

E.     Tanda koma sebelum bahwa seharusnya titik koma.

Jawablah dengan tepat!

41.  Cermati teks eksplanasi berikut!


Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang berupa busur spektrum besar. Pelangi dianggap sebagai tanda-tanda optik dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit sesudah hujan ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.
Pelangi terlihat lantaran adanya pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Hal tersebut juga terjadi pada imbas cahaya lainnya, contohnya warna kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.
Karena merupakan imbas adaptasi cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau ketika sedang mendung.
Pelangi hanya akan tampak apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan pelangi harus berada dalam satu garis lurus. JIka tidak demikian maka pelangi tidak sanggup terlihat.

         Menurut pembagian strukturnya,

a.       paragraf ke-1 termasuk bagian  struktur yang disebut ….

b.      paragraf ke-2 dan ke-3 termasuk belahan struktur yang disebut ….

c.       paragraf ke-4 termasuk belahan struktur yang disebut ….

42. Cermatilah teks berikut!

Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau

Kepolisian Daerah Riau terus memburu pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau. Jumlah pelaku yang tertangkap lembap sudah 40 orang. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau. Tak hanya perorangan, pihaknya tengah menilik 4 perusahaan yang diduga aben lahan dengan sengaja. Perusahaan-perusahaan itu berada di kabupaten Indragiri Hilir.

Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak sempurna pada paragraph di atas.!

  1. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Teks 1

(1) Dengan lantang, Tomoki melambaikan tangannya dan memanggil, “Hei Tabi, makanlah bersama kami!” (2) Mata Tabitha menyipit ketika menemukan asal bunyi cempreng tersebut, kemudian melihat ke arah kami berempat. (3) Dengan postur badan tegak, ia membuang seluruh isi bentonya ke dalam tong sampah, kemudian berjalan menjauh tanpa mengacuhkan kami.        (4) “Wah, sifatnya lebih jelek darimu, Tomo,” Tomoki berkata, tapi tak tampak tersinggung sama sekali. (5) “Kita tidak bisa menolong seseorang yang tidak mau ditolong,” sahut Ryuu sambil mengangkat bahu.

Teks 2

Aku memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.

Monggo, Den Yanto, silahkan duduk.”

Aku tertarik pada seorang bocah patah di sebelah Sumarni.

Entah mengapa saya ingin menegurnya. Apakah Karena matanya ibarat dengn Sri?

Sopo jenengmu, cah ayu?”tanyaku sambil menjawil pipinya.

“Yanti…,”jawabnya dengan cukup kenes.

            Bandingkan tema dan penggunaan bahasa dari kedua cerpen tersebut!

44. Cermati paragraf berikut!

Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa dihentikan menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jikalau ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan biar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

Perbaikilah kalimat-kalimat di atas sehingga menjadi kalimat yang benar dan efektif!

45.  Cermati kalimat berikut!

a.       Dia mempunyai banyak teman, lantaran baik hati.

b.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
Kunci Jawaban Soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

1.      B

2.      D

3.      E

4.      D

5.      D

6.      E

7.      A

8.      E

9.      C

10.  B

11.  E

12.  B

13.  E

14.  A

15.  E

16.  E

17.  C

18.  D

19.  A

20.  E

21.  E

22.  E

23.  B

24.  B

25.  B

26.  A

27.  A

28.  D

29.  B

30.  E

31.  D

32.  B

33.  B

34.  B

35.  A

36.  E

37.  B

38.  E

39.  E

40.  A

Uraian

41. Struktur teks eksplanasi
a. identifikasi fenomena
b. Proses kejadian
c. ulasan
42. Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat
a. Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau (salah).
 Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan di Riau (benar).
b. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak (salah).
 Hasil ini merupakan kerja keras semua pihak (benar).
 c. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau (salah)
 Semuanya sudah diproses di Polres Jajaran Polda Riau (benar)
43. Perbandingan dua teks
a. Teks 1 bertema sosial, yaitu wacana perilaku seseorang dalam pergaulan. Bahasa yang dipakai bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Tidak memakai bahasa daerah.
b. Teks 1 bertema budaya yaitu upacara pernikahan. Bahasa yang dipakai tercampuri bahasa Daerah/Jawa.
44. Perbaikan kalimat
Kalimat tidak efektif: Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa dihentikan menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jikalau ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan biar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri. 
Perbaikan (kalimat efektif) Bapak dan ibu guru selalu mengatakan bahwa semua siswa dihentikan mencontek. Para guru juga akan memberi sanksi jikalau ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan biar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri. 
45. Memperbaiki kalimat dan memberikan alasan yang tepat.
Kalimat awal

c.       Dia mempunyai banyak teman, lantaran baik hati.

d.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Perbaikan kalimat

a.       Dia mempunyai banyak sahabat lantaran baik hati.

Alasan: tanda koma (,) tidak dipakai jikalau induk kalimat mendahului anak kalimat.

b.      Presiden Jokowi menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai.

 Kunci Jawaban Soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

1.      B

2.      D

3.      E

4.      D

5.      D

6.      E

7.      A

8.      E

9.      C

10.  B

11.  E

12.  B

13.  E

14.  A

15.  E

16.  E

17.  C

18.  D

19.  A

20.  E

21.  E

22.  E

23.  B

24.  B

25.  B

26.  A

27.  A

28.  D

29.  B

30.  E

31.  D

32.  B

33.  B

34.  B

35.  A

36.  E

37.  B

38.  E

39.  E

40.  A

Uraian

41. Struktur teks eksplanasi

a. identifikasi fenomena

b. Proses kejadian

c. ulasan

42. Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat

a. Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau (salah).

 Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan di Riau (benar).

b. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak (salah).

 Hasil ini merupakan kerja keras semua pihak (benar).

 c. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau (salah)

 Semuanya sudah diproses di Polres Jajaran Polda Riau (benar)

43. Perbandingan dua teks

a. Teks 1 bertema sosial, yaitu wacana perilaku seseorang dalam pergaulan. Bahasa yang dipakai bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Tidak memakai bahasa daerah.

b. Teks 1 bertema budaya yaitu upacara pernikahan. Bahasa yang dipakai tercampuri bahasa Daerah/Jawa.

44. Perbaikan kalimat

Kalimat tidak efektif: Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa dihentikan menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jikalau ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan biar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

Perbaikan (kalimat efektif) Bapak dan ibu guru selalu mengatakan bahwa semua siswa dihentikan mencontek. Para guru juga akan memberi sanksi jikalau ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan biar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

45. Memperbaiki kalimat dan memberikan alasan yang tepat.

Kalimat awal

c.       Dia mempunyai banyak teman, lantaran baik hati.

d.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Perbaikan kalimat

a.       Dia mempunyai banyak sahabat lantaran baik hati.

Alasan: tanda koma (,) tidak dipakai jikalau induk kalimat mendahului anak kalimat.

b.      Presiden Jokowi menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai. 

UNDUH FILE SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK https://drive.google.com/open?id=1Grm6UVbR1LaIkScVAC5VFb39JElLmAm7

Baca juga
Soal dan kunci tanggapan USBN Bahasa Indonesia SMA/MA Kurikulum 2006 Klik /search?q=contoh-soal-usbn-bahasa-indonesia-sma

0 Response to "Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban"

Total Pageviews