PERBAIKAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF MENJADI KALIMAT EFEKTIF
41. Perhatikan kalimat berikut!
Pendidikan karakter amat sangat diperlukan sekali dalam pembentukan perilaku siswa. Perbaikan kalimat tersebut semoga menjadi kalimat efektif yaitu ….
A. Pendidikan karakter amat diperlukan sekali dalam pembentukan perilaku siswa.
B. Pendidikan karakter amat sangat diperlukan dalam pembentukan perilaku siswa.
C. Pendidikan karakter sangat diperlukan sekali dalam pembentukan perilaku siswa.
D. Pendidikan karakter sangat diperlukan dalam pembentukan perilaku siswa.
Kunci jawab: D
Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat, ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut, kalimat Pendidikan karakter amat sangat diperlukan sekali dalam pembentukan perilaku siswa adalah kalimat yang tidak efektif lantaran tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (1) sebagai Berikut.
a. Pendidikan karakter amat sangat diperlukan sekali dalam pembentukan perilaku siswa. (tidak hemat)
b. Pendidikan karakter sangat diperlukan dalam pembentukan perilaku siswa. (hemat)
RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF
A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif yaitu kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B. Syarat Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya semoga tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak yang cerdik berbicara, cerdik bergaul, dan cerdik mencar ilmu niscaya disukai banyak temannya.
b. Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan Subjek
a. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa itu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu eksklusif membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan Bentuk Sinonim
a. Menjaga kebersihan sekolah yaitu merupakan tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
38. Kata Penghubung Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
40. Penulisan Gabungan Kata Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat relasi alasannya yaitu akibat
- Kalimat yang mengatakan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai sopan santun dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan penggalan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan abjad kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 Response to "Perbaikan Kalimat Tidak Efektif Menjadi Kalimat Efektif: Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Smp/Mts. Tahun 2018"