Latest News

Soal Dan Pembahasan Mengurutkan Kalimat Acak Teks Laporan


29. Bacalah teks berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan acara rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai perhiasan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. 
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus. 
Susunan kalimat laporan tersebut yang sempurna yaitu ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
Kunci jawaban: D
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi yaitu teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap belahan atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Penyusunan kalimat dalam teks diurutkan secara logis dan berafiliasi satu dengan yang lain. 
Menyusun kalimat-kalimat dalam teks sanggup dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya yaitu kalimat (4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. Dengan demikian urutan kalimat-kalimat yang logis yaitu (4)-(2)-(5)-(3)-(1) atau opsi D.

MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

A.  Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.

B.  Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi

laporan hasil observasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menyajikan fakta-fakta perihal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan insiden dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.

C.  Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi

Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarik dan dikuasai. Topik observasi, contohnya perihal acara karnaval.

2. Mendaftar topik-topik kecil yang sanggup dikembangkan menjadi laporan.

Contoh:

a. Karnaval sebagai acara rutin tahunan

b. Deretan akseptor karnaval

c. Kegiatan akseptor karnaval

d. Keadaan para penonton

e. Kegiatan lain di dalam karnaval

f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.

Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan

a. Defnisi umum • Karnaval sebagai acara rutin tahunan

b. Deskripsi per belahan • Deretan akseptor karnaval

• Kegiatan akseptor karnaval

• Keadaan para penonton

• Kegiatan lain di dalam karnaval

c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval

4. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. Dengan demikian, jadinya benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.

Contoh pengembangan teks:

Karnaval merupakan acara rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di final tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya yaitu utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan banyak sekali atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, formasi siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan koreograf memakai benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli badan mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang program itu. Hampir semua akseptor merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka semua terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan acara menyerupai itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari banyak sekali tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan sampaumur di kota-kota lainnya. (Kosasih, 2014:43-59)

5. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu.

Kalimat acak yaitu kalimat lepas yang sanggup dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih dahulu kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berafiliasi satu dengan yang lain.

Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu yaitu sebagai berikut.

1.      Bacalah dengan cermat.

2.      Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas. Dapat pula dengan memakai urutan waktu atau kronologis.

3.      Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu menurut urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum kemudian diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas. Dapat pula dengan urutan waktu atau kronologis. 

BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
6. Kalimat Utama Paragraf Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
10. Pola Pengembangan Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
19. Menentukan Amanat Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Laporan Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
30. Melengkapi Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
31. Sudut Pandang Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
32. Mengubah Bentuk Teks Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
33. Menyusun Teks Laporan Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
34. Penggunaan Kata/Istilah dalam Kalimat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
35. Memvariasikan Kalimat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 

36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

37. Kata Sandang Si dan Sang Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa


39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

40. Penulisan Gabungan Kata Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

42. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

43. Prinsip Kehematan dalam Kalimat Efektif Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

44. Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

45. Perbaikan Kata Tidak Baku dalam Kalimat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

46. Penggunaan Huruf Kapital Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

47. Penggunaan Tanda Titik Koma Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama Geografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

49. Penggunaan Tanda Seru Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa

50. Alasan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa 
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
  1. Makna kata dalam teks
  1. Ide pokok paragraf
  1. Kalimat utama paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks
  1. Kalimat korelasi lantaran akibat
  1. Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita
  1. Konflik dalam cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks
  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh utama cerita
  1. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro dan kontra
  1. Jenis-jenis teks prosedur 
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi 
  1. Fakta dan opini dalam teks biografi
  1. Membandingkan nilai susila dua teks fabel
  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

  1. Cara memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,) 
  1. Makna simbol dalam cerpen
  1. Menentukan belahan alur cerpen
  1. Syarat-syarat paragraf yang baik 
  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat

  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung 
  1. Kalimat tidak efektif
  1. Alasan penggunaan kata yang salah
  1. Penulisan aksara kapital
  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
  1. Kesalahan penggunaan tanda baca
  1. Penggunaan ejaan yang tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

0 Response to "Soal Dan Pembahasan Mengurutkan Kalimat Acak Teks Laporan"

Total Pageviews