CATATAN KEGIATAN DAN MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR
Hari ketiga: Rabu, 6 Maret 2019
A. Sesi 1
Narasumber: Prof. Dato Isahaq Haron
Kegiatan dan Materi: Refleksi dan Pembahasan Materi Kreativiti
Kegiatan dimulai dengan refleksi penerima atas materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
1. Model Pengajaran dan Pembelajaran
2. The Cone of Learning
3. The NLP (Neuro Linguistic Program) Communiation Models
4. Delapan Komponen Utama Mendesain Pengajaran
5. Bloom,s Taxonomy of Learning Domains
6. Cognitif Domain
7. Bloom,s Resived Taxonomy
8. Table of Resived Cognitiv Domain
9. Types and Levels of Konowledge
Menurut Prof Isahak Haron kreativiti (kreativitas) yaitu kemampuan untuk mencipta, melihat alternative, menciptakan kombinasi dengan perilaku terbuka, dan bersedia mendapatkan perubahan/proses untuk menuntaskan duduk kasus dengan cara yang baru, yang lebih berkesan.
Teknik yang diterapkan untuk mencipta wangsit antara lain sebagai berikut.
1. percambahan pemikiran (brainstorming)
2. peta minda (peta konsep)
3. memakai analogi dan metafora
4. guna soalan 4 W 1H (what, who, where, why, and how)
5. soalan konvergen /convergent thinking dan divergen thinking
B. Sesi 2
Narasumber: Prof. Zahari Othman
Materi: 'Open Compare and Contrast' (lanjutan)
Kegiatan pada sesi ini yaitu penegasan terhadap esensi berpikir kritis dan presentasi penerima pelatihan
Esensi berpikir kritis berdasarkan Prof. Zahari yaitu berpikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek situasi atau masalah, merupakan acara mencurahkan daya pikir untuk maksud tertentu. Berpikir yaitu identitas yang memisahkan status kemanusiaan insan dengan lainnya. Manusia pantas disebut insan jikalau ia bisa memakai pikirannya dengan baik. Menurut Prof. Zahari Othman, HOTS itu butuh intellectual humility (kerendahan hati) dan menjauhi intellectual arrogance (kesombongan hati). Kerendahan hati inilah yang harusnya dimiliki seorang pembelajar. 'Humility Is a Strength'.
KBAT ditutup dengan presentasi Open Compare and Contrast oleh penerima (lanjutan hari kedua)
0 Response to "Catatan Acara Dan Bahan Pembinaan Hots Dan Literasi Di University Of Malaya, Kuala Lumpur"