Latest News

Soal Usbn Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006 Dan Kunci Jawaban


SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
Baca: Kisi-Kisi (indicator) Soal USBN Kur 2006 Klik  /search?q=kisi-kisi-soal-usbn-2019-bahasa

I.     PILIHAN GANDA

1.    Teknologi benih bibit unggul dan teknologi mulsa plastic hitam perak merupakan usaha untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi duduk kasus gres ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim
tanam. Masalah itu, seperti tidak teratasi. Padahal, berdasarkan produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan animo tanah di areal yang telah terdata

Makna kata kombinasi dalam paragraf tersebut yaitu ….
A. jumlah yang banyak
B. adonan bebarapa hal
C. tidak sanggup dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal

2.    Bacalah paragraf berikut !

__ (1) Sirene sebagai serpihan dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan   teknologi   komunikasi satelit dan GSM. (2)   Begitu ada gempa,sensor yang dipasang pada sirene akan memperlihatkan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene pribadi dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.

Kalimat yang berisi fakta yaitu nomor....

A.  1

B.  2

C.  3

D.  4

E.   5

3. Perhatikan penggalan teks  berikut!

Wabah penyakit demam berdarah yang sering terjadi di banyak sekali daerah di Indonesia di beberapa tahun yang kemudian perlu mendapat perhatian. Begitu pula vektor Aedes aegepty yang terdapat baik di daerah pedesaan maupun perkotaan memberi risiko timbulnya wabah penyakit di masa akan datang. Untuk mengatasi duduk kasus penyakit demam berdarah di Indonesia telah puluhan tahun dilakukan banyak sekali upaya pemberantasan vektor, tetapi hasilnya belum optimal. Kejadian luar biasa (KLB) masih sering terjadi secara teoritis ada empat cara untuk memutuskan rantai penularan DBD ialah melenyapkan virus, mengisolasi penderita, mencegah gigitan nyamuk (vektor), dan menggali vektor. Pengendalian vektor dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).


Isi penggalan teks di atas yang sempurna yaitu ....

A.   wabah penyakit demam berdarah perlu mendapat perhatian.

B.    demam berdarah penyakit nomor 1 yang mematikan setelah jantung 

C.    Penyebaran penyaakit demam berdarah mengalami penurunan

D.   nyamuk bukan satu-satunya penyebab demam berdarah 

E.    perlu adanya kerja sosial di lingkungan RT dan pinjaman vaksin 

4.    Bacalah paragraf berikut ini!

Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan banyak sekali duduk kasus di Indonesia. Masalah yang ditimbulkan oleh kemiskinan dan pengangguran diantaranya duduk kasus sosial, ekonomi, dan budaya. Kemiskinan dan pengangguran menjadi suatu focus perhatian bagi pemerintah Indonesia. Masalah kemiskinan ini sangatlah kompleks dan bersifat multidimensional. Kemiskinan terus menjadi duduk kasus fenomenal di banyak sekali belahan dunia, khususnya Indonesia, yang merupakan negara berkembang. Kemiskinan telah menciptakan jutaan anak tidak sanggup mengenyam pendidikan, kesulitan membiayai kesehatan, kurangnya tabungan dan investasi, serta duduk kasus lain yang menjurus ke arah tindakan kekerasan dan kejahatan.

Isi pokok paragraph tersebut yaitu ….

A.  Pengangguran menimbulkan duduk kasus gres di Indonesia

B.  Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan banyak sekali duduk kasus di Indonesia

C.  Masyarakat miskin tidak sanggup mengenyam pendidikan

D.  Kurangnya kesempatan kerja bagi masyarakat

E.   Penyebab timbulnya tindakan kejahatan dan kekerasan

5.  Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan insiden di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut yaitu ....

A. siswa tercengang

B. menonton adegan

C. adegan peristiwa

D. siswa menonton

E. salah satu adegan

6. Cermati teks berikut!

Kirito      :   Ada yang bisa saya bantu?
Firman    :   Eh, Kirito. Ini toko kamu?
Kirito      :   Iya, Man. Mau beli apa?
Firman    :   Ini To, saya mau beli kaos, ada yang bagus tidak?
Kirito      :   Banyak, Man. Pilih saja…
Firman    :   Coba yang itu, To. Berapa harganya?
Kirito      :   Wah, yang ini 190 ribu, Man.
Firman    :   Ah, To harga kita-kita lah!
Kirito      :   Yaah, karena sahabat makanya tidak ada tawaran lagi.
Firman    :   Sembilan puluh  ribu lah, To?
Kirito      :   Seratus lima ribu lah, nanti untungnya tidak ada.
Firman    :   Aku tambahi lima ribu lagi, sembilan puluh lima ribu, ya.
Kirito      :   Sudahlah, seratus ribu, ya.
Firman    :   Ya baiklah, seratus ribu, ya.        


Hal yang disepakati dalam kutipan teks perundingan tersebut yaitu ....

A. penawaran baju

B. banyak kaos

C. harga kaos

D. model baju

E.  pemilihan baju

7. Bacalah teks beikut

Teks 1

Tenaga kerja yang diharapkan dalam persaingan bebas yaitu tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang arif yaitu tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya bisa menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan biar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian yaitu tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.

Teks 2

Salju yang turun dari langit memperlihatkan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan anggun dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim subtropis dan sedang ini. Inilah animo cuek yang terjadi di negeri matahari terbit.

Perbedaan teks 1 dan 2 tersebut adalah


Teks 1
Teks 2
A
Kalimat utama di awal paragraf
Kalimat utama di final paragraf
B
Kalimat utama di final paragraf
Kalimat utama di awal paragraf
C
Kalimat utama di awal paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf
D
Kalimat utama di tengah paragraf
Kalimat utama di awal paragraf
E
Kalimat utama final paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf

8. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut yaitu .


Teks 1
Teks 2
A
Diawali unsur kapan
Diawali unsur siapa
B
Diawali unsur apa
Diawali unsur di mana
C
Diawali unsur bagaimana
Diawali unsur mengapa
D
Diakhiri unsur bagaimana
Diakhiri unsur apa
E
Diakhiri unsur di mana
Diakhiri unsur siapa

9.  Kedua kutipan paragraf berikut untuk soal nomor 11 dan 12.

Teks 1

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja. Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah bahari Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di sentra segitiga karang dunia.

Teks ll

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat mempunyai potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat populer dengan wisata

bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman tanaman dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Persamaan kedua teks tersebut adalah

A.   membahas film Edis Paradise 3

B.    membahas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat

C.    membahas keragaman tanaman dan fauna Raja Ampat

D.   membahas objek wisata Raja Ampat

E.    membahas sentra segitiga karang dunia

10. Cermati kutipan novel berikut!

Di sini Djepris tidak bisa berbicara sepatah kata pun. Dan Controlaur membisu sebentar kemudian berkata lagi. “Tuan berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?”
“Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa Regeering tidak menciptakan sekolahan yang  secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang semua orang tahu, bila tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.”

    
Rangkuman yang sempurna berdasarkan kutipan tersebut yaitu …

A.    Penjajah Belanda telah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah Jepang yaitu menciptakan orang Jawa menjadi bodoh.

C. Belanda dan Jepang sengaja menciptakan orang Jawa bodoh.

D. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

E. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang menciptakan Belanda kaya

11.  Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi yaitu sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia ketika ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…

A.    Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.

B.     Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.

C.     Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.

D.    Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.

E.     Cadangan minyak mentah selalu tersedia. 

12. Cermati puisi berikut ini!

Sepuluh November

Saat itu

Api yang memperabukan dadamu

Mengukuhkan semangat juangmu

Saat ini

Meskipun jasmanimu cacat

Jiwamu, pahlawan

Memihak yang benar
…..

Makna kata yang dicetak tebal dalam puisi di atas yaitu . . . .
A. semangat

A.  Kemarahan

B.   Cita-cita

C.   perjuangan

D.  Emosi

13. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!

Shang Hai

ping di atas pong

pong di atas ping

ping ping bilang pong

pong pong bilang ping

mau pong? bilang ping

mau mau bilang pong

mau ping? bilang pong

mau mau bilang ping

ya pong ya ping

ya ping ya pong

tak ya pong tak ya ping

ya tak ping ya tak pong

sembilu jarakMu merancap nyaring

     karya dari  Sutardji Calzoum Bachri. 

Ciri yang menonjol puisi di atas adalah....

A.      Seringkali menyatukan beberapa kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa absurd ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.

B.       Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok kata sehingga menciptakan puisi ini tidak wajar

C.       Kekerasan/kemerduan suara sangat diperhatikan

D.      Seringkali memamaki idiom-idiom yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim

E.       Banyak terjadi kemacetan bunyinya, dan nyaris tidak sanggup dibaca dikarenakan kadang hanya tampak tanda tanya yang disejajarkan
14. Cermati teks berikut!

       Tiap-tiap kata yang diucapkan dengan penuh kegembiraan, penuh semangat itu, meresap kepada segala yang hadir. Tuti telah populer seorang pendekar yang arif menentukan kata, yang sanggup mengucapkan katanya dengan kegembiraan seluruh hatinya, sehingga tertarik dan terhanyut  segala orang yang mendengarkan. Kegembiraannya meluap-luap, perasaan itulah bedanya yang terbesar dengan Sukamti, ketua rapat,yang mengucapkan perkataannya satu persatu, secara perlahan-lahan. Apa yang ada pada seorang berupa ketenangan, orang yang  percaya akan tenaga dirinya dan berhasilnya gemuruh besar hati menuju lautan. 

(Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisyahbana)

Pendeskripsian tabiat Tuti pada kutipan tersebut yaitu ….

A.   Pikiran tokoh

B.    Uraian secara langsung

C.    Dialog antar tokoh

D.   Tanggapan tokoh lain

E.    Keadaan sekitar tokoh

15. Muharam tak rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium dandang bocor dan banyak sekali peralatan dapur sehingga ia yaitu kesayangan ibu-ibu terusik gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek teman-temannya   di sekolah. Muharam sendiri jengkel karena nama itu selalu mengingatkannya pada insiden tragis panjat pinang dulu, dan ia malu seisi kampung kini tahu ia buta huruf. Julukan Muharam Buku Gambar telah membunuh karakter.Maka ketika ada jadwal Paket A untuk membasmi buta aksara warga republik usia berapa pun, Muharam kontan mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.

Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut yaitu . . . .

  1. Mengikuti jadwal Paket A untuk membasmi buta huruf
  2. Teringat insiden tragis panjat pinang di kampungnya dulu
  3. Rasa malu Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena beliau buta huruf
  4. Menegur orang-orang yang telah menghina harga dirinya
  5. Anaknya malu terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las
16.   Bacalah penggalan hikayat berikut.

Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai  Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Setelah Begawan Batara Narada dan Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja tiba mendapatkan jenazah Raden Samba Perwira, maka ia pun memberi  hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “ apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini tiba kepada hamba?”

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut yaitu ….

A.    Orang renta yang sangat mengasihi anaknya

B.     Cinta anak kepada orang tua

C.     Ketaatan kepada kedua orang renta

D.    Ketaatan kepada pemimpin

E.     Kepatuhan harus dijunjung tinggi

17. Cermati kutipan dongeng berikut!

Kujumpai wajahnya yang senantiasa memancarkan cahaya yang bersumber dari surga. Sebuah wajah yang berhasil melewati usia paruh baya dengan masih bersetia menyimpan kecantikan masa lalu. Sebuah kecantikan yang tidak diciptakan dari banyak sekali brand ternama produk kecantikan atau bibir yang senantiasa bergincu merah. Sama sekali tidak. Sebuah kecantikan yang sulit sekali ditafsirkan oleh banyak sekali pancaindra dari mana ia terbentuk. Ketika kau memandangnya, kau tak akan menjumpai wajah seseorang nenek, tetapi sebuah kecantikan cahaya yang serasa dipantulkan dengan suksesnya jauh ke dalam lubuk hatimu.
”Dari mana cahaya itu terbentuk?” tanya seorang karibku yang padanyalah sering kuceritakan wacana nenek berwajah cahaya itu.
Tak ada tanggapan yang keluar dari mulutku, hanya gelengan kepala yang bisa menciptakan karibku mendesah kecewa.
Oleh: Rialita


         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan kutipan tersebut yaitu …

A.    Cerpen tersebut memakai diksi yang indah dan dibuka dengan paragraf pembuka yang sangat memesona pembaca dalam angan saja.

B.    Dalam cerpen ini disajikan dengan simbol-simbol yang indah dan memikat hati si pembaca, dan mengasyikkan hanya bagi orang tertentu.

C.    Rialita menyajikan dongeng dengan sedikit obrolan sehingga menciptakan cerpen tersebut terasa gampang sekali dicerna oleh siapa pun pembacanya.

D.    Penggunaan diksi dalam pembuka cerpen terlalu berlebihan untuk menggambarkan tokoh dan tidak menggiring rasa ingin tau pembaca.

E.    Melalui tokoh saya dan nenek, Rialita hanya menceritakan kehidupan yang serasi antara nenek dengan cucunya.

18. Bacalah teks berikut.

Teks 1

Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung sungai yang tak sanggup dilalui dengan bahtera karena penuh dengan kerikil besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi ....

Teks 2

Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka  pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, kemudian bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya  dan yang betina itu elok rupanya.”  maka dihunusnya pedangnya, kemudian diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit.

Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut yaitu …


Teks 1
Teks 2
A
Bertema kemasyarakatan
Bertema istana sentris
B
Bahasa melayu lama
Bahasa Indonesia baku
C
Menceritakan duduk kasus kemustahilan
Menceritakan keseharian
D
Sudut pandang orang pertama
Sudut pandang orang ketiga
E
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur mundur


19. Cermati kedua pantun berikut!

I.  Tumbuh merata pohon tebu
    Ditanam oleh Abang Diding
    Banyak harta miskin ilmu
    Bagai rumah tidak berdinding       
II. Pinang muda dibelah dua
     Bersama sirih nikmat dikunyah
     Dari muda hingga usia tua
     Ajaran baik jangan disanggah


         Perbedaan maksud isi pantun yang terdapat pada kedua pantun tersebut yaitu ....

           
Pantun I
Pantun II
A.
Harta tidak ada gunanya dalam kehidupan.
Dari usia muda hingga renta jangan berubah.
B.
Orang yang miskin ilmu akan susah hidupnya.
Ajaran yang baik harus ada semenjak usia muda.
C.
Harta dan ilmu dua hal yang berbeda.
Tua dan muda mempelajari ilmu pada waktu yang berbeda.
D.
Memiliki ilmu itu sangat penting dalam kehidupan.
Siapa pun yang memperlihatkan pelajaran yang baik harus diterima.
E.
Ilmu sangat penting dibanding dengan harta dalam kehidupan.
Ajaran baik jangan diubah oleh yang muda karena sudah diajarkan yang tua.

 20. Bacalah kutipan dongeng rakyat berikut!

Pada zaman dahulu di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah pria yang gagah perkasa. Laki-laki itu berjulukan Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga mempunyai kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh insan biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan cara memperlihatkan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.

Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturunan Batara, ia mempunyai tingkah laris yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya yaitu sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan berubah menjadi menjadi pria gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.

Keterkaitan isi dongeng rakyat dengan kehidupan ketika ini dalam kutipan tersebut yaitu . ,.

A.    Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.

B.    Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri.

C.    Seseorang yang mempunyai sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.

D.    Seseorang yang diusir dari keluarganya karena mempunyai kesaktian menyesatkan.

E.    Seseorang yang memperlihatkan sesajen kepada orang yang mempunyai tubuh gagah perkasa.

21. Bacalah teks berikut dengan tepat!

Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki ibarat yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.

Istilah yang sempurna untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas yaitu ….

A.      glosarium, tehnologi, filsafat

B.       glosarium, teknologi, pilsafat

C.       glosarium, teknologi, filsafat

D.      glosarium, tehnologi, pilsapat

E.       glosarium, teknologi, filsapat

22. Cermati kutipan teks ulasan berikut!

                 Buku Remaja Membangun Kepribadian menarik untuk dibaca semua kalangan. Buku Remaja Membangun Kepribadian mempunyai ciri khas dibandingkan buku psikologi sampaumur lain. Gaya bahasa penulis gampang dipahami oleh pembaca. (….). Semboyan besar buku psikologi sampaumur memberikan gagasan secara berbelit-belit.

Kalimat yang sempurna melengkapi resensi rumpang tersebut yaitu ….

A.       Berbagai jenis kecerdasan dan kemampuan dalam diri insan sanggup dipakai untuk menyebarkan diri.

B.       Tidak hanya itu, pembahasan dalam buku Remaja Membangun Kepribadian singkat sehingga pembaca gampang memahami maksudnya.

C.       Dalam buku ini dibahas visi dan misi yang harus ada dalam setiap diri insan biar sanggup menyebarkan potensinya.

D.       Gambar ilustrasi yang dipakai masih kurang sehingga memungkinkan terjadi kepenatan ketika membaca.

E.        Buku Remaja Membangun Kepribadian sebaiknya mengangkat banyak sekali insiden yang bersahabat dengan sampaumur ketika ini.

23. Cermati isi paragraf narasi berikut!

”Dari tadi Ibu perhatikan, kau tidak banyak bicara, kenapa Nak?”
”Aduh, Bu hati saya pedih bercampur kesal, Bu. Saya sudah berguru mati-matian, tetapi saya mendapat nilai buruk juga ulangan Bahasa Indonesia.”
”Mengapa sanggup nilai jelek? Apa soalnya sulit?
”…”
”Itu karena kau ceroboh. Tidak perlu disesalkan.”
”Ya, Bu. Memang tadi saya tidak menyangka bahwa masih ada soal pada halaman berikutnya.”
”Jadikan pembelajaran biar tidak terulang lagi ya, Reni!”


         Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu …

A. Belajar bahasa Indonesia harus banyak membaca.

B. Sudahlah, saya tidak mau memikirkan, nanti pusing.

C. Tidak sulit, Bu, tetapi saya tidak menjawab soal nomor 5 dan 6.

D. Yang penting saya semalam sudah berguru dan kini tidak menyesal.

E.  Makanya, saya menyesal dan kesal, Bu. Padahal sudah belajar.

24. Bacalah kutipan paragraf berikut!  

  Para sampaumur sanggup mengajak tugas serta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di sekitar pekarangan rumah, dan melaksanakan gerakan tidak menciptakan bangunan di atas alas sungai. Mereka juga sanggup menyuarakan pentingnya pelestarian lingkungan hidup dengan melaksanakan penelitian, menulis artikel wacana pelestarian lingkungan hidup ke media massa, dan sebaginya. ….

Kesimpulan yang sempurna untuk  melengkapi paragraf di atas yaitu ….

A. Bentuk partisipasi sampaumur dalam pelestarian lingkungan hidup sanggup dilakukan dengan banyak cara.

B. Demikianlah seharusnya sampaumur berperan serta dalam pembangunan lingkungan hidup di negaranya. 

C. Maka, masyarakat pun perlu mendukung kegiatan sampaumur dalam menangani duduk kasus lingkungan  hidup ini.   

D. Dengan demikian duduk kasus lingkungan di Indonesia sanggup diatasi oleh tugas remaja.

E. Maka, Pemerintah Indonesia perlu melibatkan temaja dalam menuntaskan masalah    lingkungan

25. Cermati urutan kalimat berikut!

(1)   Namun, ternyata pengetahuan budi daya anggrek masih sedikit sekali dimiliki oleh para petani bunga di Indonesia.
(2)   Di samping itu, ulasan wacana teknik dan cara budidaya anggrek masih terlampau sedikit termasuk dari negara asal bunga anggrek itu sendiri.
(3)   Indonesia mempunyai banyak sekali macam jenis anggrek, mulai anggrek yang sering dibudidayakan   hingga anggrek hutan yang masih banyak terdapat di hutan-hutan tropis Indonesia.
(4)   Bahkan teknik dan cara budidaya anggrek hanya merupakan sesuatu yang bebuyutan tanpa disertai pembaruan ilmu pengetahuan.


         Urutan kalimat-kalimat tersebut biar menjadi paragraf  proses yang  padu yaitu ....

A.    (1),(3),(2), dan (4)

B.    (2),(4),(1), dan (3)

C.    (3),(1),(4), dan (2)

D.    (4),(1),(3), dan (2)

E.    (4),(2),(1), dan (3)

26. Cermati kalimat berikut!

(1)       Tuang 2 gelas air ke dalam panci.
(2)       Kemudian, masukkan gula dan agar-agar.
(3)       Aduk hingga gula mencair.
(4)       Jerang di atas kompor sambil diaduk terus.
(5)       Bila sudah mendidih tuang pada cetakan.
        

         Konjungsi pada kalimat tercetak miring sanggup divariasikan dengan konjungsi ….

A. sebelum

B. seraya

C. lalu

D. kemudian

E. sesudah

27. Rindu ini membeku

[…]

Rindu yang tak pernah usai

Meski laju putaran waktu

Bergulir tak kenal henti

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut yaitu ....

A. Hentikan asa kehidupan

B. Pemandangan alam indah

C. Rembulan tampak penuh

D. Mentari di balik bukit pohon teh

E. Bagai salju di kutub utara

28. Bacalah teks berikut.

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di akomodasi iradiator untuk menciptakan bahan genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum berjulukan Pahat.

Kalimat yang memakai kata tidak baku terdapat pada nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E.  (5)

29. Cermatilah paragraf berikut ini !

Kebiasaan membaca bermanfaat bagi kecerdasan otak. Membaca tidak selalu dari Buku atau media cetak. Perkembangan teknologi memungkinkan kegiatan membaca dilakukan melalui dunia maya. Perangkat teknologi tersebut memperlihatkan andil besar bagi sebagian besar orang-orang yang gemar membaca.


Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak efektif karena....

A.      Penggunaan unsur kalimat secara berlebihan.

B.       Kesalahan penempatan unsur predikat kalimat.

C.       Ketidaklengkapan Unsur subyek kalimat.

D.      Ketidaktepatan penempatan unsur subyek kalimat.

E.       Ketidaktepatan penempatan unsur keterangan kalimat.

30.  Setiap hari Minggu sudah menjadi…ibu untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko. Untuk setiap barang yang dibelinya, tidak lupa Ibu meminta… sebagai bukti pembayaran. Ada juga yang berupa… .

Kata serapan yang sempurna untuk melengkapi paragraph tersebut adalah….

A.    Schedule,kwitansi, strook

B.     Jadwal, seteruk, kwitansi

C.     Jadual, bon, strok

D.    Jadwal, kuitansi, setruk

E.     Skedul, bon,kwitansi

31. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW mempunyai sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.

Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi serpihan yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....

A.       dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

B.       melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan

C.       melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan

D.       melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

E.        melakukan, dijadikan, memantau, digunakan

32. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Sebagai keluarga, kita harus menumbuhkan rasa kebersamaan. Kita mulai dari … yang sederhana, contohnya bersama menjaga kebersihan kelas. … sampah dan membuangnya di tempat penampungan sampah. Semua bekerja. Di samping itu, bersapa setiap kali bertemu, mengucapkan salam dan saling berjabat tangan. Jangan lupa tunjukkan raut muka yang menyenangkan dengan senyum selalu menghias.  

Kata ulang yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

  1. hal-hal, mengumpul-ngumpulkan, syukur-syukur
  2. hal-hal, mengumpul-kumpulkan, bersyukur-syukur
  3. hal-hal, mengumpulkan, bersyukur-syukur
  4. hal-hal, mengumpul-ngumpulkan, bersyukur-syukur
  5. hal-hal, mengumpul-kumpulkan, syukur-syukur  

33. Cermati paragraf berikut!

Indonesia sudah bisa bersaing dalam perindustrian. Banyak produktivitas Indonesia yang sudah berkualitas. Hal ini sanggup kita lihat di pasar Indonesia, antara lain sepatu, tas, dan pakaian.


         Kata istilah yang sempurna untuk memperbaiki yang bercetak miring dalam paragraf tersebut yaitu ….

A.    produksi

B.    produk

C.    produsen

D.    produser

E.    produktif

34. Cermati paragraf berikut!

Sehebat apa pun kita, niscaya membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini. Suatu ketika niscaya kita akan membutuhkan orang lain untuk memperbaiki sikap kita yang salah. Kita membutuhkan pesan yang tersirat orang tua, teguran sahabat, kritikan dari atasan, atau saran-saran dari mana saja. Memang sewaktu kita dikritik atau ditegur, rasanya tidak nyaman atau rasa ingin marah. Orang lebih suka membicarakan keburukan orang lain. Tentu ada  yang sanggup mendapatkan teguran dan pesan yang tersirat dari orang lain dan ada pula yang tidak mau mendapatkan teguran. Padahal bila beliau mau menerima, bahu-membahu beliau sedang menolong dirinya sendiri dari hal-hal yang tidak baik, mungkin dari musibah.


         Perbaikan kalimat tidak padu (yang bercetak miring) pada paragraf tersebut yaitu ...

A.    Jadi, kita memuji orang lain, niscaya itu perbuatan terpuji.

B.    Seandainya kita memuji orang lain, belum tentu beliau senang.

C.    Boleh mengkritik seseorang bila sudah mengenal orang tersebut.

D.    Oleh alasannya yaitu itu, berpikirlah sebelum memuji atau mencela orang!

E.    Lebih banyak orang yang suka dipuji atau disanjung daripada dikritik.

35. Cermati kalimat berikut!

Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku yaitu ....

A.    Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.     Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.     Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.    Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.     Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau 

36. Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….

            A.      Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.

             B.      Narasumber   :  Prof. Dr. Rahmat Effendi

Pemandu        :  Abdul Gani, M.Hum.

                        Pencatat         :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.

             C.      Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.

            D.      Ibu                 : "Bawa koper ini, Nak!"

Amir   : "Baik, Bu."

                        Ibu      : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"

             E.      Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.

37. Perhatikan penggunaan aksara kapital berikut!

1)      Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.

2)      Kita mengenal banyak sekali macam gula, ibarat Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.

3)      Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"

4)      Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.

5)      Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

       Penggunaan aksara kapital yang salah terdapat pada kalimat ….

A.  1

B.   2

C.   3

D.  4

E.   5

38. Besok pagi kata beliau mereka akan berangkat.

Penggunaan tanda baca yang sempurna kalimat di atas yaitu …

A. “Besok pagi kata beliau mereka akan berangkat.”

B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”

C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”

D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”

E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan berangkat.

39.  Bacalah teks berikut dengan saksama!

Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada November seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan mengakibatkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada ketika hujan, air akan menyusup ke serpihan yang retak karena tanah cepat mengembang. Setelah itu, terjadilah longsor.


         Konjungsi yang sempurna untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ....

A.    sesaat, sehingga

B.    maka, ketika

C.    lalu, namun

D.    sehingga, akibatnya

E.    maka, seketika

40. Cermati kalimat berikut!

Kami berharap bahwa: kelak para wisatawan akan kembali lagi mengunjungi Bali, Lombok, dan Sumbawa.
Tanda baca yang salah beserta alasannya dalam paragraf tersebut yaitu ...
A.  Tanda koma (,) setelah Bali karena bukan perincian.
B.   Tanda koma (,) setelah Lombok karena diikuti konjungsi.
C.   Tanda titik (.) karena merupakan sebuah klausa.
D.  Tanda titik dua (:) karena menyatakan dialog.
E.   Tanda titik dua (:) karena bukan menyatakan perincian.

SOAL URAIAN

Jawablah soal-soal berikut.

41. Cermatilah kedua paragraf berikut.

            Paragraf I

       Jamur memang bisa menjadi hidangan yang yummy dan menyehatkan. Namun, tidak semua jamur yang ada di dunia bisa dijadikan hidangan layak dikonsumsi. Beberapa jamur mengandung zat racun yang bisa membahayakan tubuh. Senyawa berbahaya yang terdapat dalam beberapa jenis jamur, di antaranya amatoksin, muskarin, kholin, giromitrin, falin, atropin, dan asam halvevat. Senyawa-senyawa tersebut bisa mengakibatkan kematian.

Paragraf II

Masalah tenaga kerja  menyangkut jutaan jiwa  dan  masalahnya selalu saling memengaruhi. Faktor demografis memengaruhi jumlah dan komposisi angkatan kerja. Hal ini justru berdampak pada pertumbuhan penduduk usia kerja yang jauh lebih cepat daripada pertumbuhan penduduk secara keseluruhan. Di sisi lain, rata-rata pertumbuhan perusahaan yang sahamnya dicatatkan di bursa imbas Indonesia rata-rata lebih dari 15%, bahkan sejumlah perusahaan milik negara bisa tumbuh di atas 20%. Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.

a. Tentukan kalimat utama kedua teks tersebut.

b. Tentukan jenis paragraf tersebut berdasarkan letak kalimat utamanya.

42.  Cermatilah penggalan teks berikut.

Dalam rumahnya, Suni menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim  di emper toko. Lindungilah dari hati insan yang dingin. Hangatkan yang tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah  orang tak punya macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”

Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung dalam penggalan dongeng tersebut !

43. Cermati tema usulan berikut
      Tema usulan penelitian: Pengaruh Belajar Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa
       Susunlah latar belakang duduk kasus berdasarkan tema usulan penelitian tersebut.

44. Cermatilah teks berikut

Pemanasan global ini sudah usang dianalisis oleh para klimathologi (ilmuwan yang mempelajari iklim) semenjak tahun 1800-an yang menyimpulkan bahwa pemanasan global terjadi karena ulah manusia. Activitas  manusia ketika ini mendukung terjadinya pemanasan global dan menjadikan meningkatnya imbas rumah kaca. Efek rumah beling meningkatkan panas di permukaan bumi melalui proses complex yang melibatkan sinar matahari, gas, dan partikel di atmospher.

Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak sempurna pada paragraf tersebut

45. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.

  a. Budi akan datang, kalau tidak hujan.

  b. Mulyono membeli kunci Inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.

  Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia.


KUNCI JAWABAN SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006

1. B

2. A

3. A

4. B

5. A

6. C

7. A

8. B

9. D

10. D

11. B

12. A

13. B

14. B

15. C

16. A

17. D

18. A

19. E

20. C

21. C

22. B

23. C

24. B

25. C

26. D

27. A

28. E

29. A

30. D

31. D

32. A

33. B

34. D

35. E

36. E

37. B

38. B

39. D

40. E


41.
Paragraf 1
Kalimat Utama: Jamur memang bisa menjadi hidangan yang yummy dan menyehatkan.
Paragraf deduktif
Paragraf 2
Kalimat Utama: Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.
Paragraf induktif


0 Response to "Soal Usbn Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006 Dan Kunci Jawaban"

Total Pageviews