KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
Jenjang Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 45
Program : IPA/IPS Bentuk Soal : 40 PG dan 5 Uraian
Kurikulum : 2006
No | Kemampuan yang Diuji | Lingkup Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal |
1 | Memaknai istilah/kata | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik bisa memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
2 | Mengidentifikasi informasi tersurat | Membaca Nonsastra | Disajikan kutipan berita, akseptor didik sanggup memilih kalimat pertanyaan sesuai isi informasi tersebut | Pilihan Ganda |
3 | Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih pokok-pokok paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
4 | Menemukan wangsit pokok | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih wangsit pokok dengan tepat | Pilihan Ganda |
5 | Menemukan inti kalimat | Membaca Nonsastra | Disajikan kalimat kompleks, akseptor didik bisa menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
6 | Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Membaca Nonsastra | Disajikan teks negosiasi, akseptor didik sanggup menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan sempurna (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
7 | Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
8 | Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
9 | Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Membaca Nonsastra | Disajikan dua buah kutipan teks berita, akseptor didik bisa menyimpulkan persamaan/ perbedaan isi kedua teks dengan tepat. | Pilihan Ganda |
10 | merangkum isi informasi dari beberapa paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan beberapa paragraf, akseptor didik bisa memilih rangkuman isi informasi dengan tepat. | Pilihan Ganda |
11 | mengomentari isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih jawaban yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
12 | mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan puisi/prosa , akseptor didik bisa mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
13 | mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer | Membaca Sastra | Disajikan puisi kontemporer, akseptor didik bisa memilih ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat | Pilihan Ganda |
14 | menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, akseptor didik bisa memilih cara pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
15 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan cerita, akseptor didik sanggup memilih konflik dengan tepat | Pilihan Ganda |
16 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan hikayat, akseptor didik sanggup memilih nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat | Pilihan Ganda |
17 | menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan karya sastra, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan sempurna (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
18 | membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel dan hikayat, akseptor didik sanggup membandingkan unsur intrinsik dengan tepat | Pilihan Ganda |
19 | Membandingkan isi, contoh penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Membaca Sastra | Disajikan dua buah teks kutipan pantun, akseptor didik bisa membandingkan kedua kutipan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
20 | mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, akseptor didik sanggup mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Pilihan Ganda |
21 | menentukan istilah/ kata yang sempurna dalam resensi, kritik, atau esai | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat. | Pilihan Ganda |
22 | Melengkapi proposal/notulen | Menulis Terbatas | Disajikan kutipan teks ajuan yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | Pilihan Ganda |
23 | melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
24 | melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
25 | menyusun paragraf padu | Menulis Terbatas | Disajikan lima atau enam kalimat acak, akseptor didik sanggup mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan sempurna (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
26 | memvariasikan kata | Menulis Terbatas | Disajikan teks mekanisme yang didalamnya terdapat konjungsi, akseptor didik sanggup memilih konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut. | Pilihan Ganda |
27 | menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Menulis Terbatas | Disajikan puisi yang rumpang, akseptor didik bisa melengkapi dengan baris yang sempurna dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Pilihan Ganda |
28 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
29 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
30 | Menggunakan istilah dalam kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat. | Pilihan Ganda |
31 | Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat. | Pilihan Ganda |
32 | Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat. | Pilihan Ganda |
33 | Memperbaiki kesalahan penggunaan kata | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, akseptor didik sanggup memperbaiki kata tidak baku dengan sempurna (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
34 | Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
35 | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan) | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan lima penulisan judul penelitian, akseptor didik sanggup memilih pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat | Pilihan Ganda |
36 | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, akseptor didik bisa memilih kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat | Pilihan Ganda |
37 | Menggunakan ejaan | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan aksara kapital, akseptor didik bisa memakai aksara kapital dengan tepat | Pilihan Ganda |
38 | Menggunakan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, akseptor didik bisa memakai tanda koma dengan tepat | Pilihan Ganda |
39 | Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan, peserta didik bisa memilih perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat | Pilihan Ganda |
40 | Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik bisa memilih perbaikan tanda baca dengan tepat | Pilihan Ganda |
41 | Membandingkan paragraf deduktif dan induktif | Membaca Nonsastra | Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, akseptor didik bisa memilih kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat | Uraian |
42 | menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel | Membaca Sastra | Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik bisa memilih tabiat tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat | Uraian |
43 | melengkapi proposal | Menulis terbatas | Disajikan belahan ajuan berupa tema proposal, akseptor didik bisa menyusun latar belakang ajuan dengan tepat | Uraian |
44 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata | Menyunting kata, kalimat, dan paragraf | Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, akseptor didik bisa mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat | Uraian |
45 | Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, akseptor didik sanggup memilih alasan kesalahan dengan klarifikasi dan memperbaiki kalimat dengan tepat. | Uraian |
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK /search?q=soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28
0 Response to "Kisi-Kisi Soal Usbn 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006"