KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
Jenjang Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 45
Program : IPA/IPS Bentuk Soal : 40 PG dan 5 Uraian
Kurikulum : 2006
No | Kemampuan yang Diuji | Lingkup Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal |
1 | Memaknai istilah/kata | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik bisa memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
2 | Mengidentifikasi informasi tersurat | Membaca Nonsastra | Disajikan kutipan berita, akseptor didik sanggup memilih kalimat pertanyaan sesuai isi informasi tersebut | Pilihan Ganda |
3 | Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih pokok-pokok paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
4 | Menemukan wangsit pokok | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih wangsit pokok dengan tepat | Pilihan Ganda |
5 | Menemukan inti kalimat | Membaca Nonsastra | Disajikan kalimat kompleks, akseptor didik bisa menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
6 | Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Membaca Nonsastra | Disajikan teks negosiasi, akseptor didik sanggup menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan sempurna (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
7 | Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
8 | Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
9 | Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Membaca Nonsastra | Disajikan dua buah kutipan teks berita, akseptor didik bisa menyimpulkan persamaan/ perbedaan isi kedua teks dengan tepat. | Pilihan Ganda |
10 | merangkum isi informasi dari beberapa paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan beberapa paragraf, akseptor didik bisa memilih rangkuman isi informasi dengan tepat. | Pilihan Ganda |
11 | mengomentari isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih jawaban yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
12 | mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan puisi/prosa , akseptor didik bisa mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
13 | mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer | Membaca Sastra | Disajikan puisi kontemporer, akseptor didik bisa memilih ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat | Pilihan Ganda |
14 | menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, akseptor didik bisa memilih cara pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
15 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan cerita, akseptor didik sanggup memilih konflik dengan tepat | Pilihan Ganda |
16 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan hikayat, akseptor didik sanggup memilih nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat | Pilihan Ganda |
17 | menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan karya sastra, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan sempurna (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
18 | membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel dan hikayat, akseptor didik sanggup membandingkan unsur intrinsik dengan tepat | Pilihan Ganda |
19 | Membandingkan isi, contoh penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Membaca Sastra | Disajikan dua buah teks kutipan pantun, akseptor didik bisa membandingkan kedua kutipan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat (soal dibentuk pusat) | Pilihan Ganda |
20 | mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, akseptor didik sanggup mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Pilihan Ganda |
21 | menentukan istilah/ kata yang sempurna dalam resensi, kritik, atau esai | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat. | Pilihan Ganda |
22 | Melengkapi proposal/notulen | Menulis Terbatas | Disajikan kutipan teks ajuan yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | Pilihan Ganda |
23 |
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
24 melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
25 menyusun paragraf padu
Menulis Terbatas
Disajikan lima atau enam kalimat acak, akseptor didik sanggup mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan sempurna (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
26 memvariasikan kata
Menulis Terbatas
Disajikan teks mekanisme yang didalamnya terdapat konjungsi, akseptor didik sanggup memilih konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut.
Pilihan Ganda
27 menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menulis Terbatas
Disajikan puisi yang rumpang, akseptor didik bisa melengkapi dengan baris yang sempurna dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Pilihan Ganda
28 mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
29 mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
30 Menggunakan istilah dalam kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
31 Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
32 Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
33 Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, akseptor didik sanggup memperbaiki kata tidak baku dengan sempurna (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
34 Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
35 Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan lima penulisan judul penelitian, akseptor didik sanggup memilih pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
36 Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, akseptor didik bisa memilih kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
Pilihan Ganda
37 Menggunakan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan aksara kapital, akseptor didik bisa memakai aksara kapital dengan tepat
Pilihan Ganda
38 Menggunakan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, akseptor didik bisa memakai tanda koma dengan tepat
Pilihan Ganda
39 Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan, peserta didik bisa memilih perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
40 Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik bisa memilih perbaikan tanda baca dengan tepat
Pilihan Ganda
41 Membandingkan paragraf deduktif dan induktif
Membaca Nonsastra
Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, akseptor didik bisa memilih kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat
Uraian
42 menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel
Membaca Sastra
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik bisa memilih tabiat tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat
Uraian
43 melengkapi proposal
Menulis terbatas
Disajikan belahan ajuan berupa tema proposal, akseptor didik bisa menyusun latar belakang ajuan dengan tepat
Uraian
44 mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, akseptor didik bisa mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat
Uraian
45 Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, akseptor didik sanggup memilih alasan kesalahan dengan klarifikasi dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
Uraian
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK /search?q=soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28
0 Response to "Kisi-Kisi Soal Usbn 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006"