Latest News

Kisi-Kisi Soal Usbn 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006





KISI-KISI SOAL

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019

Jenjang Pendidikan        :        SMA                            Alokasi Waktu  : 120 menit

Mata Pelajaran               :        Bahasa Indonesia        Jumlah Soal        : 45

Program                          :        IPA/IPS                      Bentuk Soal       : 40 PG dan 5 Uraian

Kurikulum                      :        2006


No
Kemampuan yang Diuji
Lingkup Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
1 
Memaknai istilah/kata
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, akseptor didik bisa memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
2 
Mengidentifikasi informasi tersurat
Membaca  Nonsastra
Disajikan kutipan berita, akseptor didik sanggup memilih kalimat pertanyaan sesuai isi informasi tersebut
Pilihan Ganda
3 
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih pokok-pokok paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
4 
Menemukan wangsit pokok
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih wangsit pokok dengan tepat
Pilihan Ganda
5
Menemukan inti kalimat

Membaca  Nonsastra
Disajikan kalimat kompleks, akseptor didik bisa menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
6 
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Membaca  Nonsastra
Disajikan teks negosiasi, akseptor didik sanggup menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan sempurna (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
7 
Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
8 
Membandingkan penggunan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua paragraf, akseptor didik bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
9 
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua buah kutipan teks berita, akseptor didik bisa menyimpulkan persamaan/ perbedaan  isi kedua teks dengan tepat.
Pilihan Ganda
10 
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan beberapa paragraf, akseptor didik bisa memilih rangkuman isi informasi dengan tepat.
Pilihan Ganda
11
mengomentari isi paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih jawaban yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
 12
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Membaca Sastra
Disajikan kutipan puisi/prosa , akseptor didik bisa mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
13
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Membaca Sastra
Disajikan puisi kontemporer, akseptor didik bisa memilih ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat
Pilihan Ganda
14 
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel, akseptor didik bisa memilih cara pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
15 
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Membaca Sastra
Disajikan kutipan cerita, akseptor didik sanggup memilih konflik dengan tepat
Pilihan Ganda
16 
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Membaca Sastra
Disajikan kutipan hikayat, akseptor didik sanggup memilih nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat
Pilihan Ganda
17
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Membaca Sastra
Disajikan kutipan karya sastra, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan sempurna (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
18
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel dan hikayat, akseptor didik sanggup membandingkan unsur intrinsik dengan tepat
Pilihan Ganda
19 
Membandingkan isi, contoh penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Membaca Sastra
Disajikan dua buah teks kutipan pantun, akseptor didik bisa membandingkan kedua kutipan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat
(soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
20
mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel, akseptor didik sanggup mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Pilihan Ganda
21
menentukan istilah/ kata yang sempurna dalam resensi, kritik, atau esai
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
22
Melengkapi proposal/notulen
Menulis Terbatas
Disajikan kutipan teks ajuan yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
Pilihan Ganda
23
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
24
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
25
menyusun paragraf padu
Menulis Terbatas
Disajikan lima atau enam kalimat acak, akseptor didik sanggup mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan sempurna (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
26
memvariasikan kata
Menulis Terbatas
Disajikan teks mekanisme yang didalamnya terdapat konjungsi, akseptor didik sanggup memilih konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut.
Pilihan Ganda
27 
menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menulis Terbatas
Disajikan puisi yang rumpang, akseptor didik bisa melengkapi dengan baris yang sempurna dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Pilihan Ganda
28
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
29
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, akseptor didik sanggup memilih kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
 30
Menggunakan istilah dalam kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi belahan rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
31
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
32
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, akseptor didik bisa melengkapi belahan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
33 
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, akseptor didik sanggup memperbaiki kata tidak baku dengan sempurna (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
34
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
35
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan lima penulisan judul penelitian, akseptor didik sanggup memilih pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
 36
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, akseptor didik bisa memilih kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
Pilihan Ganda
37
Menggunakan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan aksara kapital, akseptor didik bisa memakai aksara kapital dengan tepat
Pilihan Ganda
38
Menggunakan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, akseptor didik bisa memakai tanda koma dengan tepat
Pilihan Ganda
39
Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan,  peserta didik bisa memilih perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
40 
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca,  peserta didik bisa memilih perbaikan tanda baca dengan tepat
Pilihan Ganda
41
Membandingkan paragraf deduktif dan induktif
Membaca Nonsastra
Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, akseptor didik bisa memilih kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat
Uraian
42
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel
Membaca Sastra
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik bisa memilih tabiat tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat
Uraian
43
melengkapi proposal
Menulis terbatas
Disajikan belahan ajuan berupa tema proposal, akseptor didik bisa menyusun latar belakang ajuan dengan tepat
Uraian
44 
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, akseptor didik bisa mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat
Uraian
45
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, akseptor didik sanggup memilih alasan kesalahan dengan klarifikasi dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
Uraian





  






                                                                                                                                                                    UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX                           
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK  /search?q=soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Usbn 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006"

Total Pageviews