Contoh Soal Latihan Tafsir Ilmu Tafsir Materi Nasikh dan Mansukh Kelas 10 Aliyah K13
I. Pilihlah balasan yang paling benar!
1. Berikut ini ialah persamaan pengertian naskh secara etimologi yaitu:
A. Al-Tabdil
B. At-Tafsir
C. At-Taṣrif
D. Al-Taqrib
E. At-Targib
2. Pengertian naskh secara terminologi ialah ....
A. Memperbaiki aturan syar’i dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
B. Menambah aturan syar’i yang telah ada dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
C. Mengangkat aturan syar‘i dengan dalil aturan syar‘i yang lain
D. Mencontoh aturan syar’i yang tidak sesuai dengan masanya dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
E. Memberikan aturan syar’i yang ada dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
3. Sumber dalil syar’i yang masuk aspek pembahasan naskh dan mansūkh ialah ....
A. al-Qur`an dan Ijtihad
B. Sunnah dan Qaul Sahabat
C. Ijma’ dan Ijtihad
D. al-Qur`an dan Sunnah
E. Ijma’ dan Sunnah
4. Berikut ialah yang tidak termasuk diantara macam-macam naskh, yaitu ....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
C. Naskh al-Qur`an dengan al-Qur`an
D. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
E. Naskh sunnah dengan ijma'
5. Suatu aturan yang dasarnya sunnah kemudian di-Naskh dengan dalil syara’ dari sunnah juga disebut.....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
C. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
D. Naskh sunnah dengan ijma’
E. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
6. QS. al-Baqarah [2]:144:
adalah pola dari ....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
C. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
D. Naskh sunnah dengan ijma’
E. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
7. Berikut ini ialah bentuk-bentuk naskh dalam al-Qur`an ....
A. Penghapusan terhadap aturan (ḥukm) dan bacaan (tilawah) secara bersamaan
B. Penetapan terhadap hukumnya saja sedangkan bacaanya tetap ada
C. Perbaikan terhadap bacaan saja, sedangkan hukumnya tetap berlaku
D. Perubahan terhadap aturan (ḥukm) dan bacaan (tilawah) secara bersamaan
E. Perubahan terhadap bacaan saja, sedangkan hukumnya tetap berlaku
8. Berikut ialah ciri-ciri dari nas yang tidak sanggup di naskh....
A. Nash yang berisi hukum-hukum yang tidak berubah oleh perubahan keadaan manusia, baik atau buruk, atau dalam situasi apapun
B. Nash yang meliputi hukum-hukum kehidupan manusia
C. Nash yang meliputi hukum-hukum acara sehari
D. Nash yang meliputi hukum-hukum masa yang sedang terjadi
E. Nash yang meliputi hukum-hukum umat beragama
9. Bukan termasuk syarat nash-nash yang sanggup di-naskh....
A. Hukum yang mānsukh tidak mengatakan berlaku abadi
B. Hukum yang mānsukh bukan suatu aturan yang disepakati oleh nalar sehat wacana baik dan buruknya
C. Haruslah ayat nasikh yang tiba kemudian dari mansūkh
D. Keadaan kedua nash tersebut sangat bertentangan dan tidak sanggup dikompromikan
E. Naṣh yang mengatakan bencana atau isu yang telah terjadi pada masa lampau.
10. Di antara ciri ayat yang tidak sanggup di-naskh ....
A. Hukum yang maansukh tidak mengatakan berlaku abadi.
B. Hukum yang maansukh bukan suatu aturan yang disepakati oleh nalar sehat wacana baik dan buruknya.
C. Haruslah ayat nasikh yang tiba kemudian dari mansukh keadaan kedua naṣh tersebut sangat bertentangan dan tidak sanggup dikompromikan.
D. Ayat-ayat yang menjelaskan wacana kepercayaan kepada Allah, Rasul, kitab suci, hari akhirat, dan yang menyangkut pada pokok pokok doktrin dan ibadah lainnya.
E. Ayat-ayat wacana kemaslahatan masyarakat secara umum.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah pengertian nasikh secara bahasa dan secara istilah? Jelaskan!
2. Ada berapakah macam-macam naskh? Sebutkan dan Jelaskan!
3. Bagaimanakah bentuk-bentuk naskh dalam al-Qur`an?
4. Apa sajakah syarat-syarat sebuah nas ̣dapat di-naskh?
5. Apakah nasihat dari adanya nasikh mansukh dalam al-Qur`an bagi umat Islam?
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
I. Pilihlah balasan yang paling benar!
1. Berikut ini ialah persamaan pengertian naskh secara etimologi yaitu:
A. Al-Tabdil
B. At-Tafsir
C. At-Taṣrif
D. Al-Taqrib
E. At-Targib
2. Pengertian naskh secara terminologi ialah ....
A. Memperbaiki aturan syar’i dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
B. Menambah aturan syar’i yang telah ada dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
C. Mengangkat aturan syar‘i dengan dalil aturan syar‘i yang lain
D. Mencontoh aturan syar’i yang tidak sesuai dengan masanya dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
E. Memberikan aturan syar’i yang ada dengan dalil aturan syar’i yang lebih baik
3. Sumber dalil syar’i yang masuk aspek pembahasan naskh dan mansūkh ialah ....
A. al-Qur`an dan Ijtihad
B. Sunnah dan Qaul Sahabat
C. Ijma’ dan Ijtihad
D. al-Qur`an dan Sunnah
E. Ijma’ dan Sunnah
4. Berikut ialah yang tidak termasuk diantara macam-macam naskh, yaitu ....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
C. Naskh al-Qur`an dengan al-Qur`an
D. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
E. Naskh sunnah dengan ijma'
5. Suatu aturan yang dasarnya sunnah kemudian di-Naskh dengan dalil syara’ dari sunnah juga disebut.....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
C. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
D. Naskh sunnah dengan ijma’
E. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
6. QS. al-Baqarah [2]:144:
قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ
adalah pola dari ....
A. Naskh sunnah dengan sunnah
B. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
C. Naskh sunnah dengan al-Qur`an
D. Naskh sunnah dengan ijma’
E. Naskh al-Qur`an dengan sunnah
7. Berikut ini ialah bentuk-bentuk naskh dalam al-Qur`an ....
A. Penghapusan terhadap aturan (ḥukm) dan bacaan (tilawah) secara bersamaan
B. Penetapan terhadap hukumnya saja sedangkan bacaanya tetap ada
C. Perbaikan terhadap bacaan saja, sedangkan hukumnya tetap berlaku
D. Perubahan terhadap aturan (ḥukm) dan bacaan (tilawah) secara bersamaan
E. Perubahan terhadap bacaan saja, sedangkan hukumnya tetap berlaku
8. Berikut ialah ciri-ciri dari nas yang tidak sanggup di naskh....
A. Nash yang berisi hukum-hukum yang tidak berubah oleh perubahan keadaan manusia, baik atau buruk, atau dalam situasi apapun
B. Nash yang meliputi hukum-hukum kehidupan manusia
C. Nash yang meliputi hukum-hukum acara sehari
D. Nash yang meliputi hukum-hukum masa yang sedang terjadi
E. Nash yang meliputi hukum-hukum umat beragama
9. Bukan termasuk syarat nash-nash yang sanggup di-naskh....
A. Hukum yang mānsukh tidak mengatakan berlaku abadi
B. Hukum yang mānsukh bukan suatu aturan yang disepakati oleh nalar sehat wacana baik dan buruknya
C. Haruslah ayat nasikh yang tiba kemudian dari mansūkh
D. Keadaan kedua nash tersebut sangat bertentangan dan tidak sanggup dikompromikan
E. Naṣh yang mengatakan bencana atau isu yang telah terjadi pada masa lampau.
10. Di antara ciri ayat yang tidak sanggup di-naskh ....
A. Hukum yang maansukh tidak mengatakan berlaku abadi.
B. Hukum yang maansukh bukan suatu aturan yang disepakati oleh nalar sehat wacana baik dan buruknya.
C. Haruslah ayat nasikh yang tiba kemudian dari mansukh keadaan kedua naṣh tersebut sangat bertentangan dan tidak sanggup dikompromikan.
D. Ayat-ayat yang menjelaskan wacana kepercayaan kepada Allah, Rasul, kitab suci, hari akhirat, dan yang menyangkut pada pokok pokok doktrin dan ibadah lainnya.
E. Ayat-ayat wacana kemaslahatan masyarakat secara umum.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah pengertian nasikh secara bahasa dan secara istilah? Jelaskan!
2. Ada berapakah macam-macam naskh? Sebutkan dan Jelaskan!
3. Bagaimanakah bentuk-bentuk naskh dalam al-Qur`an?
4. Apa sajakah syarat-syarat sebuah nas ̣dapat di-naskh?
5. Apakah nasihat dari adanya nasikh mansukh dalam al-Qur`an bagi umat Islam?
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
0 Response to "Soal Latihan Tafsir Ilmu Tafsir Bahan Nasikh Dan Mansukh Kelas X Ma K 13"