Latest News

Komponen Indikator Soal Dan Soal Pilihan Ganda Serta Pemikiran Penyusunan



KOMPONEN INDIKATOR SOAL DAN SOAL PILIHAN GANDA

A. Konsep Indikator Soal

a.       Indikator soal sebagai mengambarkan atau indikasi pencapaian kompetensi
b.      Indikator memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur
c.       Indikator mengacu pada bahan pembelajaran sesuai kompetensi

B. Pedoman Pengembangan Indikator Soal
Indikator yang dipakai dalam penilaian, sebaiknya memakai stimulus (dasar pertanyaan) berupa gambar, grafik, tabel, data hasil percobaan, atau masalah yang sanggup merangsang/memotivasi penerima didik berpikir sebelum menentukan pilihan jawaban.

Kriteria perumusan indikator:

1. Memuat ciri-ciri kompetensi yang akan diuji.
2. Memuat kata kerja operasional yang sanggup diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih kata kerja operasional untuk soal uraian dan instrumen evaluasi keterampilan/praktik).
3. Berkaitan dengan materi/konsep yang dipilih.
4. Dapat dibentuk soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Rumusan indikator soal yang lengkap meliputi 4  komponen,  yaitu  A = audience,  B = behaviour, C = condition, dan D = degree
ABCD
AUDIENCE: Sasaran atau penerima tes/testi ( dalam hal ini siswa)
BEHAVIOUR: Tingkah laris yang harus ditampilkan /diharapkan. Perumusannya dalam kata kerja operasional.
CONDITION: Kondisi/hasil belajar, yaitu kondisi yang diberikan pada dikala tingkah laris siswa diukur, bukan pada dikala belajar.
DEGREE: Tingkat keberhasilan (indikator soal) merupakan standar tingkah laris tertentu yang sanggup diterima

C. Tipe indikator soal

Ada dua model penulisan indikator.

1. Model pertama ialah menempatkan kondisinya di awal kalimat. Model pertama ini dipakai untuk soal yang disertai dengan dasar pernyataan (stimulus), contohnya berupa sebuah kalimat, paragraf, gambar, denah, grafik, kasus, atau lainnya,

2. Model yang kedua ialah menempatkan penerima didik dan sikap yang harus ditampilkan di awal kalimat. Model yang kedua ini dipakai untuk soal yang tidak disertai dengan dasar pertanyaan (stimulus).

Contoh ABCD

Contoh  indikator soal
Disajikan kutipan puisi, siswa sanggup menentukan tema puisi dengan tepat
Keterangan komponen ABCD
Audience: Siswa
Behaviour: sanggup menentukan tema puisi
Condition: Disajikan kutipan puisi
Degree: dengan tepat

II. SOAL PILIHAN GANDA

A. Konsep

Soal pilihan ganda merupakan bentuk soal yang jawabannya sanggup dipilih dari beberapa kemungkinan tanggapan yang telah disediakan. Konstruksinya terdiri dari pokok soal dan pilihan jawaban. Pilihan tanggapan terdiri atas kunci dan pengecoh (distractor). Kunci tanggapan harus merupakan tanggapan benar atau paling benar sedangkan pengecoh merupakan tanggapan tidak benar, namun daya jebaknya harus berfungsi, artinya testi memungkinkan memilihnya jikalau tidak menguasai materinya.

B. Jenis Soal Pilihan Ganda










CONTOH SOAL PG






0 Response to "Komponen Indikator Soal Dan Soal Pilihan Ganda Serta Pemikiran Penyusunan"

Total Pageviews