Latest News

Soal Usbn Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban



SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013

1. Bacalah teks Berikut.

Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang mempunyai danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi ialah kesepakatan membentuk lembaga daerah peduli danau nusantara, menyususn acara strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.

Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf adalah….

A.      Apakah tujuan Deklarasi Limboto?

B.       Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?

C.       Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?

D.      Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?

E.       Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?


A.       percobaan

B.       pengaturan

C.       persetujuan

D.       pengabsahan

E.        pengamatan

3. Cermati teks berikut

Gafi        :    Selamat sore, Bu Nita.
Bu Nita  :    Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu?
Gafi        :    Maksud saya ke sini mau memperlihatkan tas rajutan karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna.
Bu Nita  :    Bagus sekali bahan, model, dan warnanya. Berapa harganya, Gafi?
Gafi        :    Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa.
Bu Nita  :    Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar nanti Ibu jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil semua warna yang ada jikalau harganya bisa kurang
Gafi        :    Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh.
Bu Nita  :    Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah terburu-buru.
Gafi        :    Ya, Bu Nita. Terima kasih.         

Hal yang disepakati dalam obrolan tersebut ialah ….

A.    banyak tas

B.     jenis tas

C.     warna tas

D.    harga tas

E.     model tas


Teks 1
Teks 2


Teks 1
Teks 2

5. Bacalah teks berikut.







E.         Penyajian pembelajaran  Bahasa Indonesia jenjang SMA.

6. Bacalah teks berikut.

Ada dua jenis tumbuhan mini. Pertama, tumbuhan mini yang bukan orisinil mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar dan normal menyerupai biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini contohnya tumbuhan palem mudang, pohon raphis, pohon asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tumbuhan mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jikalau ditanam di tanah tidak bisa besar menyerupai ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tumbuhan hias.

Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….

A.       Permasalahan tumbuhan mini yang sedang ekspresi dominan di Indonesia.

B.       Tanaman mini orisinil dan tumbuhan mini bukan asli.

C.       Tanaman mini  bagus ditanam di pot kecil lantaran akan tumbuh menjadi manis dan mungil.

D.       Tanaman mini biasa dipakai menjadi tumbuhan hias.

E.        Jenis-jenis tumbuhan mni dan deskripsinya.

7. Cermatilah teks Berikut.

Upacara budpekerti tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Idulfitri atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, semenjak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan 
dan kuliner tradisional yang ditata dan disusun menyerupai bentuk gunung, dikirab oleh para 
prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).

Teks di atas menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ....

A. macam-macam kegiatan

B. nama kegiatan

C. pelaku kegiatan

D. manfaat kegiatan

E. proses pelaksanaan kegiatan

8. Bacalah teks berikut.

Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibuat di ketiak-ketiak daun.

Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut ialah ….

A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk

B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut

C. pembahasan perihal tajuk ada dalam pelajaran biologi

D. perlu ada klarifikasi lain perihal tajuk, contohnya melalui buku

E. kurang ada klarifikasi embel-embel perihal struktur tajuk

9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!

Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun datanglah di hadapan Baginda itu. Setelah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu tiba dua laki istri dengan rupa kainnya menyerupai dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A.      Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B.      Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C.      Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D.      Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E.      Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.

10. Cermati puisi berikut!

             Sajak Rajawali

            Satu sangkar dari besi

            Tak bisa mengubah Rajawali

            Menjadi burung nuri

Satu luka perasaan

                  Maki puji dan hinaan

                  Tak merubah sang jagoan

                  Menjadi makhluk picisan

                  ….

                              W.S. Rendra

Makna lambang “rajawali” dalam puisi tersebut adalah….

A.  Yang mempunyai kemauan                            

B.   Makhluk yang sangat liar                                             

C.   Sejenis burung yang bermata tajam

D.  Binatang langka yang dilindungi

E. Sosok pembela yang tangguh

11. Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!

Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, lantaran terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu lantaran Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi sanggup menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka tetapkan untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)

Konflik dalam kutipan  di atas adalah….

A.  Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.

B.   Opzichter merasa murka lantaran istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.

C.   Rasa murka (gelap mata)  kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter

D.  Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.

E.   Opzichter merasa terhina lantaran istri-istri kuli kontrak menolaknya.

12. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa menimbulkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada insiden Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya lantaran soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)

Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…

A.  Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.

B.  Orang yang menebang pohon milik orang lain sanggup dimasukkan ke penjara.

C.  Kerukunan kampung sanggup terganggu lantaran penebangan pohon pepaya.

D.  Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.

E.   Dua kilo beras telah mengakibatkan dua orang bertikai.

13. Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju bahtera laju
laju hingga ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera

            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut ialah ….


Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat biar menuruti nasihat orang tua
nasihat biar rajin belajar
B.
menganjurkan mengasihi tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan nasihat orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan
                  
14. Cermati kutipan cerpen berikut!

Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak ketika itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak sanggup memerintah dengan baik. Pada ketika yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.

Keterkaitan insiden dalam kutipan kisah rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….

A.    Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.

B.     Kematian menciptakan seseorang membenci bahagia.

C.     Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.

D.    Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.

E.     Kematian orang yang disayang meninggalkan murung yang mendalam

15. Cermati kutipan novel berikut!

       Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, saya sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike alhasil meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan gres bisa tiba sehabis beliau meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana beliau dihentikan menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, saya dan Mas Irwan mengangkat anak berjulukan Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.)

         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut ialah …

A. Amanat dalam kisah disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.

B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.

C. Tokoh dalam kisah kurang terfokus sehingga alur kisah tidak begitu jelas.

D. Pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan kisah kurang tergambar.

E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.

16. Cermatilah teks berikut.

Pemerintah telah melaksanakan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan  pemerintah. .., mereka cenderung melanggar  kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah mempunyai banyak kendala.

Kata penghubung antarkalimat yang sempurna untuk melengkapi serpihan yang rumpang adalah….

A.       namun, serta, apabila

B.       namun, sebaliknya, akan tetapi

C.       meskipun, sebaliknya, akan tetapi

D.       namun, sebaliknya, apabila

E.        sebab, serta, akan tetapi

17. Cermatilah teks berikut.

Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan acara diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan ialah warna kulit kentang. .... jangan menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut ialah ...

A.  Pilihlah kentang yang berukuran besar.

B.   Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.

C.   Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.

D.  Warna kentang sangat menarik dan bervariasi

E.   Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

18. Cermatilah kalimat berikut!

Kalimat pendapat  : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil berguru siswa dalam ujian nasional tahun ini. 

Kalimat argumen:

(1) Meningkatkan prestasi siswa merupakan kiprah guru dan sekolah.

(2) Guru melatih siswa dengan mengerjakan soal-soal untuk menghadapi ujian.

(3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.

(4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba ujian nasional biar siswa terlatih menjawab soal.

(5) Peran orang bau tanah sangat penting dalan memotivasi siswa.

Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut ialah . . .                                  

A. (1) dan (2)                                                                                                                               

B. (1) dan (3)                                                                                                                             

C. (2) dan (4)                                                                                                                                 

D. (3) dan (5)                                                                                                                                

E. (4) dan (5)

19. Cermati urutan kalimat berikut

(1)  Hal itu diungkapkan biar tidak ada lagi tumbuhan padi yang terkena puso dan rusak lantaran kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3)  Oleh lantaran itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tumbuhan padi yang terkena puso.

     Urutan kalimat tersebut biar menjadi paragraf padu ialah ….

A. (1), (2), (4), (5), dan (3)

B. (2), (1), (4), (5), dan (3)

C. (3), (2), (1), (5), dan (4)

D. (3), (5), (2), (1), dan (4)

E. (5), (2), (3), (1), dan (4)

20. Bacalah teks berikut.

Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan acara diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan ialah warna kulit kentang. .... jangan menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut ialah ...

A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.

B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.

C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.

D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi

E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

21. Cermati deretan kalimat berikut!

(1)   Banyak sahabat saya yang tidak bisa menciptakan atau menyusun pantun.
(2)   Bagaimana cara menyusun pantun itu sebenarnya.
(3)   Menyusun pantun itu sangat praktis asal tau syarat-syarat penyusunannya.
(4)   Buatlah sampiran pada larik pertama dan larik kedua.
(5)   Kemudian, buat  isi pada larik ketiga dan larik keempat.
(6)   Isi pantun itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka.

         Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring sanggup divariasikan dengan konjungsi ….

A.    maka

B.    ketika  

C.    sebelum itu

D.    setelah itu

E.    ketika itu

22. Cermati kutipan puisi berikut!                         

                           BATU

Batu mawar

Batu langit

Batu duka

Batu rindu

Batu jarum

Batu bisu

kaukah itu

Teka

Teki

Yang tak menepati janji?

Dengan seribu gunung langit tak runtuh


Makna kata kerikil pada puisi di atas menggambarkan….

A.    ketegaran

B.     kesombongan

C.     kebebasan

D.    kecemasan

E.     keikhlasan

23. Cermati kalimat berikut.

Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….

Penggunaan ungkapan yang sempurna untuk mengisi kalimat di atas ialah ....

A. banting tulang

B. gulung tikar

C. panjang tangan

D. tebal muka

E. angkat tangan

24. Cermati paragraf rumpang berikut ini!

Kesuksesan di dunia bersifat semu (…) sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan membantu (…) ajal menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita ketika menjalani kehidupan yang kekal di darul abadi nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam nirwana (…) ia telah mendapatkan kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.

Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….

A.       tetapi, meskipun, maka, atau

B.       dan, meskipun, maka, maupun

C.       atau, ketika, maka, dan

D.       tetapi, ketika, meskipun, dan

E.     dan, ketika, meskipun, atau

25. Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju bahtera laju
laju hingga ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera

            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut ialah ….


Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat biar menuruti nasihat orang tua
nasihat biar rajin belajar
B.
menganjurkan mengasihi tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan nasihat orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan
              

26. Bacalah kutipan drama berikut!

Di ruang depan ada dingklik goyang dan dingklik tamu. Gusti Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si bau tanah itu tak pernah kelihatan kalau sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang menyerupai orang kasmaran akal-akalan tidak mendengar, padahal saya sudah berteriak, hingga leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan      :           nuna sugere Gusti Biang, kedengarannya menyerupai ada yang berteriak.” Gusti Biang : …
Wayan            : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang datang.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah bau tanah dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli, malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu kuping tuli?”
Wayan           : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam Bertambah Malam, Putu Wijaya

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi serpihan yang rumpang dalam penggalan drama di atas adalah ...

A.  ”Apa saja yang kau kerjakan hingga tak dengar saya memanggilmu?”

B.  ”Leherku hingga putus memanggilmu. Telingamu masih kau pakai tidak?"

C.  ”Sudahlah tak perlu kau datang, bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”

D.  ”Wayaan...Wayan...selalu saja kau tak mendengar bila saya memanggilmu!”

E.   ”Kemana saja Kau Wayan, setiap kali kupanggil selalu tidak dengar!”

27. Cermati kutipan cerpen berikut!

Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia mudik enam bulan lalu.

”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”

”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.

Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan kisah tersebut ialah ...

A.       Makaji          :           ”Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda?”

Azrial                      : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu”

B.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”

               Ayah        :            ”Belum! Akan ayah pikul beban ini selama ayah besar lengan berkuasa meracik bumbu.”

C.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”

Ayah                       : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”

D.       Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”

Makaji                     : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”

E.        Azrial : (enam bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti membantu kenduri di kampung ini.”

Makaji                    :  ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.

28. Bacalah penggalan karya ilmiah berikut ini!

Pengobatan tradisional memakai tumbuhan obat keluarga (toga) telah menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih menentukan memakai toga daripada obat-obatan modern. Tidak hanya untuk pengobatan, beberapa toga menyerupai daun katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Cara pengobatan dan pola kuliner yang banyak memakai toga ini mengakibatkan badan lebih tahan terhadap penyakit.

Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas termasuk ke dalam bagian ...

A.      latar belakang

B.       tujuan pembahasan

C.       metode penelitian

D.      pembahasan

E.       kesimpulan

29. Bacalah kalimat-kalimat berikut

(1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.

(2) Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga

(3) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga di Kalimantan Barat.

(4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan populer sebagai kayu jati Singapura.

Susunan kalimat sempurna ialah ....

A. (2) – (3) – (1) – (4)

B. (1) – (2) – (4) – (3)

C. (3) – (2) – (1) – (4)

D. (1) – (2) – (3) – (4)

E. (1) – (3) – (4) – (2)

(Kedua cuplikan kisah berikut dipakai untuk menjawab soal nomor 30‑31)

Cuplikan I

Sekarang ini yang jadi buah bibir ialah Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa

Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris ngomongin cewek berjulukan Diandra melulu.

“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan

kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”

“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.

Cuplikan II

Somad tipe perjaka murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, perjaka itu

kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama belum dewasa cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.

“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”

“?”

“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”

30. Persamaan kedua cuplikan kisah di atas ialah ....

A. tokoh berwatak humoris

B. berlatar sekolah

C. bertema percintaan

D. sudut pandang orang pertama

E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar

31. Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....

A. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan II

menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan

B. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II

menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu

C. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II

menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat

D. cuplikan I memakai sudut pandang orang ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan

sudut pandang orang pertama pelaku utama

E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II

menggunakan sudut pandang orang pertama pelakau utama

32. Perhatikan kutipan teks berikut.

 Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa

di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa doktrin perihal “berbahasa Indonesialah

yang baik dan benar” telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, semenjak SLTP atau bahkan

sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.

Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis eksposisi lantaran ....

A. menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa

B. menjelaskan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa

C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa siswa

D. meyakinkan pembaca perihal perlunya berbahasa baik dan benar

E. mendorong pembaca untuk selalu mengasihi bahasa Indonesia

33. Perhatikan kutipan teks berikut.

Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan makanan, mereka

bingung dengan menu-menu kuliner yang disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa

Inggris dengan baik.

Bagian itu disebut sebagai orientasi anekdot lantaran ....

A. mengarahkan pada terjadinya krisis

B. bertokohkan antagonis

C. menjadi unsur konflik utama

D. mengandung kelucuan

E. tidak beralur maju

34. Perhatikan kutipan teks berikut.

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di kemudahan iradiator untuk menciptakan materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum berjulukan Pahat.

Kalimat yang memakai kata tidak baku terdapat pada nomor….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

35. Perhatikan kutipan teks berikut.

Teks 1

Kita tidak pernah berpikir perihal berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara terkontaminasi dan kuliner yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi badan mereka setiap hari. Kita tidak sanggup melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang badan kita.

Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi badan kita (tanpa memakai mikroskop)? Cara terbaik ialah melaksanakan tes urin memakai ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah sehabis minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir lantaran itu berarti bahwa Anda mungkin mempunyai kebocoran jalan masuk pencernaan.

Teks 2

Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya.

Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang laki-laki berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menjiplak uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!

Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa laki-laki dan seorang perempuan dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.

Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini positif dan bukan rekayasa.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut ialah ....


Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata orisinil bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
E
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai

36. Cermati paragraf berikut!

Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam banyak sekali lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.

Perbaikan kalimat yang bercetak miring biar menjadi kalimat yang efektif ialah …

A.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.

B.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.

C.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.

D.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam banyak sekali lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.

E.   Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.

37. Cermati kalimat berikut!

Untuk sukses dalam perjuangan perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku ialah ....

A.  Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.   Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.   Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.  Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.   Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau

38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!

Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi hukum daerah wisata. Jika pengunjung melanggar hukum akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang disediakan.       

Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....

A.  Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.

B.   Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri.

C.   Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.

D.  Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.

E.   Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang telah disediakan.

39. Cermati paragraf berikut!


         Dulu waktu di Sekolah Menengan Atas beliau dikenal pendiam. Akan tetapi, kini beliau malah menjadi aktif kampus di perguruan tinggi tempat beliau berkuliah. Karena itu, beliau dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen.

         Perbaikan yang sempurna untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut ialah ….

A.    aktivitas

B.    aktivis

C.    aktivisme

D.    aktifitas

E.    aktifis

40. Cermati paragraf berikut!

         (1) Sekolah menyenangkan ialah sekolah yang mengatakan pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut berguru dan membuatkan wawasannya. (4) Banyak cara menciptakan orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa.

         Kalimat yang sempurna untuk memperbaiki kalimat nomor (4) biar paragraf tersebut padu
ialah …

A. Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka mempunyai keberhasilan.

B. Tidak sia-sia mereka menghasilkan banyak sekali aktivitas.

C. Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.

D. Siswa dibutuhkan sanggup menghasilkan banyak sekali karya penemuan pendidikan.

E. Siswa dan guru sama-sama mempunyai kreativitas.

Uraian

41. Perhatikan teks eksplanasi berikut

Kebakaran Hutan

               Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi lantaran faktor alam sering disebabkan oleh musim kemarau berkepanjangan, sambaran petir. dan aktifitas vulkanik yang biasanya mengeluarkan lahar dan awan panas yang sanggup mengakibatkan terjadinya kebakaran. Kebakaran di bawah tanah (Ground Fire) juga termasuk faktor alam lantaran pada daerah tanah gambut yang sanggup menyulut kebakaran diatas tanah pada ketika musim kemarau ketika cuaca sedang panas-panasnya.

       Kebakaran hutan di Indonesia, hampir 95 persen kebakaran hutan di sebabkan oleh ulah manusia. Faktor insan  sering kali dilakukan dengan unsur kesengajaan oleh insan menyerupai kelalaian membuang putung rokok, memperabukan hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan atau tidak benar-benar mati ketika ditinggalkan, pembakaran sampah, dan banyak sekali kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan-hutan di gunung-gunung yang sering dikunjungi pecinta alam (pendaki gunung) di pulau Jawa menyerupai kebakaran hutan digunung sindoro pada september 2015.

Berdasarkan kutipan teks tersebut, berikan evaluasi Anda terhadap kelengkapan struktur teks.

42. Perhatikan ide-ide teks anekdot berikut.

a. Kakek bau tanah yang tinggal bersama anak, menantu dan cucu 6 tahun.

b. Kebiasaan makan malam di rumah si anak. Kakek bau tanah makannya sering berantakan.

c. Kakek bau tanah diberi meja kecil terpisah di pojok, dengan alat makan anti pecah.

d. Cucu 6 tahun menciptakan replica meja terpisah.

e. Cucu 6 tahun mengungkapkan kelak akan menciptakan meja terpisah juga untuk ayah dan ibunya.

Berdasarkan ide-ide tersebut, susunlah sebuah teks anekdot.

43. Perhatikan ilustrasi berikut

Sore hari, Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba bunyi pintu diketuk.Ketika dibuka ternyata seorang gadis manis ada di depannya. Dengan heran, Toni bertanya perihal siapa dan ada apa gadis itu tiba ke kamarnya. Dengan nada murka gadis itu meminta pertanggungjawaban kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang sakit, akhir kesedihan lantaran sikap Toni yang telah mengkhianati cinta adiknya.

44. Perhatikan kutipan teks mekanisme berikut.

Tips Agar Tidak Iri pada orang Lain

1. Kenali diri sendiri

Hal pertama yang perlu dilakukan biar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain ialah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain menciptakan Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, menyerupai pintar, kuat, baik, keibuan, mempunyai tujuan, dan sebagainya. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri menciptakan Anda tidak akan ingin menjadi menyerupai orang lain.

…………….

Berikanlah tanggapanmu berdasarkan kelengkapan struktur teks

45. Cermati kalimat berikut!

a.       Dia mempunyai banyak teman, lantaran baik hati.

b.      Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
KUNCI JAWABAN SOAL USBN 2019 KURIKULUM 2013

1. D

2. B

3. D

4. C

5. E

6. E

7. D

8. A

9. C

10. E

11. C

12. D

13. A

14. E

15. E

16. B

17. E

18. C

19. B

20. E

21. D

22. A

23. B

24. C

25. A

26. B

27. D

28. A

29. B

30. B

31. C

32. B

33. A

34. E

35. A

36. B

37. E

38. A

39. B

40. E



Uraian

41. Teks eksplanasi tidak tersebut hanya menguaraikan rangkaian kejadian. Seharusnya diawali dengan identifikasi fenomena, dilanjutkan rangkaian sebab, dan diakhiri ulasan

42. Teks Anekdot

Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya menciptakan kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.

Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami istri itu kemudian menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka mengatakan mangkuk melamin yang tidak praktis pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu justru mengomel biar kakek tak menghamburkan kuliner lagi.

Sang cucu yang gres berusia 6 tahun mengamati semua kejadian itu dalam diam.

Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang menciptakan replika mainan kayu.

“Sedang apa, sayang?” tanya ayah pada anaknya.

“Aku sedang menciptakan meja buat ayah dan ibu.

Persiapan buat ayah dan ibu bila saya besar nanti.”

Ayah anak kecil itu pribadi terdiam.

Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak akan ada lagi omelan ketika piring jatuh, kuliner tumpah, atau taplak ternoda kuah.

43. Teks drama berdasarkan narasi tersebut.

  Toni   :         (Terkejut) Oh Anda siapa ya mbak?

  Gadis :         Kenalkan. Aku kakaknya Dea! (dengan nada ketus)

  Toni   :         Ooh..oh.. ya Mbak, emang ada apa mbak?

  Gadis :         Dea sakit!

  Toni   :         Sakit? (kaget, dan mulai gelisah)

  Gadis :         Ya! (Berhenti sejenak dan memandangan dengan nanar ke Toni)

                       Dan itu lantaran ulah kamu.

              Toni   :         Maaf Mbak, itu semua hanya salah paham!

              Gadis :         Nggak! Itu bukan salah paham tapi dasar kamunya yang telah tega    menyakiti perasaan adikku!

44. Tanggapan terhadap teks prosedur.

Teks prosdur tersebut tidak lengkap lantaran tidak ada serpihan tujuan dan penegasan.

45. Perbaikan kalimat dan alasan

a.       Dia mempunyai banyak sahabat lantaran baik hati.

Alasan: tanda koma (,) tidak dipakai jikalau induk kalimat mendahului anak kalimat.

b.      Presiden Indonesia menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai.


Baca juga:
1. Indikator soal (kisi-kisi) USBN 2019 Klik  /search?q=contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019

2. Soal USBN 2019 Kur 2006 Klik  /search?q=contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019






0 Response to "Soal Usbn Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban"

Total Pageviews