Latest News

Rpp Kelas X Semester 2 Bahasa Indonesia Sma Teks Puisi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 
Sekolah                                     : SMA Negeri …………..
Mata Pelajaran                          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                          : X / Genap

Materi Pokok                            :  Puisi

Alokasi Waktu                          :  2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit 

A.    Kompetensi Inti

·         KI-1:  Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.

·         KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.

·         KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.16.  Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
3.16.1.  Mendefinisikan wacana Puisi:(semua jenis puisi) : isi;tema;makna;amanat; dan suasana.
3.16.2.  Mengidentifikasikan wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.3.  Mendeskripsikan wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.4.  Mengklasifikasikan wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.5.  Menemukan data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.6.  Mengeksprolasi temuan data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.7.  Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca
3.16.8.  Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.9.  Menganalisis tabulasi data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.10.           Menguraikan hasil analisa data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.11.           Mengasosiasikan uraian data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.12.           Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
4.16.  Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.16.1.  Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
4.16.2.  Memverifikasi kesimpulan data dan informasi wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
4.16.3.  Mempresentasikan hasil verifikasi data wacana Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.

C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL akseptor didik sanggup mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca dan mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin  dan kreatif  (integritas) selama proses pembelajaran dan bersikap jujur,  percaya diri serta pantang menyerah

D.    Materi pembelajaran

Puisi:

(semua jenis puisi)

·       isi;

·       tema;

·       makna;

·       amanat; dan

·       suasana.

Fakta       : Puisi

Konsep    : Puisi

Prinsip     : isi puisi

Prosedur   :         tema, makna, amanat, dan suasana


E.     Metode Pembelajaran

Pendekatan                 : Scientific Learning @aminyusuf

Model Pembelajaran   : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem 

                                      Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.     Media/alat, Bahan

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø lembar penilaian

Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

Ø Audio: kaset dan CD.

Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.

Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.

Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.

Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.

Ø Visual gerak: film bisu.

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Ø Komputer.


G.    Sumber Belajar

1.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

2.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

3.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1  ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : Unsur-unsur dan Kebahasaan Biografi
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan tentang materipuisi : isi, tema, dan makna
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
  • Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi  puisi : isi, tema, dan makna dengan cara :
·         Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video wacana materi puisi : isi, tema, dan makna
“Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ø  lembar kerja materi puisi : isi, tema, dan makna
Ø  pemberian contoh-contoh materi puisi : isi, tema, dan makna untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi puisi : isi, tema, dan makna dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi puisi : isi, tema, dan makna oleh guru
·         Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai materi  puisi : isi, tema, dan makna, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
·         Mengajukan pertanyaan wacana materi puisi : isi, tema, dan makna yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya :
Ø  Apa yang dimaksud dengan puisi : isi, tema, dan makna?
Ø  Terdiri dari apakah puisi : isi, tema, dan makna  tersebut?
Ø  Seperti apakah puisi : isi, tema, dan makna tersebut?
Ø  Bagaimana puisi : isi, tema, dan makna itu bekerja?
Ø  Apa fungsi puisi : isi, tema, dan makna?
Ø  Bagaimanakah materi puisi : isi, tema, dan makna itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi puisi : isi, tema, dan makna yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi puisi : isi, tema, dan makna yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi puisi : isi, tema, dan makna yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi puisi : isi, tema, dan makna yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi puisi : isi, tema, dan makna
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi wacana materi puisi : isi, tema, dan makna yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi  puisi : isi, tema, dan makna sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar informasi tentang  materi  puisi : isi, tema, dan makna dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi wacana data  dari materi puisi : isi, tema, dan makna yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi dari materi puisi : isi, tema, dan makna yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi puisi : isi, tema, dan makna

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : puisi : isi, tema, dan makna, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi puisi : isi, tema, dan makna berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : puisi : isi, tema, dan makna
·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi puisi : isi, tema, dan makna dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·         Bertanya atas presentasi wacana materi puisi : isi, tema, dan makna yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.  
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  puisi : isi, tema, dan makna
·         Menjawab pertanyaan wacana puisi : isi, tema, dan makna yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·         Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi puisi : isi, tema, dan makna yang akan selesai dipelajari
·         Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  puisi : isi, tema, dan makna yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran puisi : isi, tema, dan makna berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran puisi : isi, tema, dan makna yang gres dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran puisi : isi, tema, dan makna yang gres diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran puisi : isi, tema, dan makna.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran puisi : isi, tema, dan makna
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran puisi : isi, tema, dan makna kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit


Pertemuan Ke-2  ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : puisi : isi, tema, dan makna
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan tentang materipuisi : amanat dan suasana
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
  • Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi  puisi : amanat dan suasana dengan cara :
·         Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video wacana materi puisi : amanat dan suasana
“Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ø  lembar kerja materi puisi : amanat dan suasana
Ø  pemberian contoh-contoh materi puisi : amanat dan suasana untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi puisi : amanat dan suasana dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi puisi : amanat dan suasana oleh guru
·         Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai materi  puisi : amanat dan suasana, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
·         Mengajukan pertanyaan wacana materi puisi : amanat dan suasana yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya :
Ø  Apa yang dimaksud dengan puisi : amanat dan suasana?
Ø  Terdiri dari apakah puisi : amanat dan suasana  tersebut?
Ø  Seperti apakah puisi : amanat dan suasana tersebut?
Ø  Bagaimana puisi : amanat dan suasana itu bekerja?
Ø  Apa fungsi puisi : amanat dan suasana?
Ø  Bagaimanakah materi puisi : amanat dan suasana itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi puisi : amanat dan suasana yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi puisi : amanat dan suasana yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi puisi : amanat dan suasana yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi puisi : amanat dan suasana yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi puisi : amanat dan suasana
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi wacana materi puisi : amanat dan suasana yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi  puisi : amanat dan suasana sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar informasi tentang  materi  puisi : amanat dan suasana dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi wacana data  dari materi puisi : amanat dan suasana yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi dari materi puisi : amanat dan suasana yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi puisi : amanat dan suasana

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : puisi : amanat dan suasana, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi puisi : amanat dan suasana berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : puisi : amanat dan suasana
·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi puisi : amanat dan suasana dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·         Bertanya atas presentasi wacana materi puisi : amanat dan suasana yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  puisi : amanat dan suasana
·         Menjawab pertanyaan wacana puisi : amanat dan suasana yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·         Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi puisi : amanat dan suasana yang akan selesai dipelajari
·         Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  puisi : amanat dan suasana yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran puisi : amanat dan suasana berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran puisi : amanat dan suasana yang gres dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran puisi : amanat dan suasana yang gres diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran puisi : amanat dan suasana.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran puisi : amanat dan suasana
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran puisi : amanat dan suasana kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit


I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.    Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap akseptor didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Sochib
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

Catatan :

1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75    = Baik

50    = Cukup

25    = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75 

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada akseptor didik, maka akseptor didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan :

1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta akseptor didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                : ...


No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapatkan pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50
  

Catatan :

1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K) 

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

b.   Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku akseptor didik

b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik

c.  Peserta didik mengumpulkan tanggapan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.    Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan






Kriteria evaluasi (skor)

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100) 

Instrumen Penilaian Diskusi

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan :

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik


-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan akseptor didik, menyerupai catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.      Instrumen Penilaian (terlampir)

a.    Pertemuan Pertama

b.    Pertemuan Kedua

c.    Pertemuan Ketiga

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

Bagi akseptor didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menawarkan soal aksesori contohnya sebagai berikut :

1)      Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)      Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)      Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                           :  ……………………………………………..

Kelas/Semester               :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke         :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian  :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian   :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)             :  ……………………………………………..

KKM                              :  ……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.      Pengayaan

Guru menawarkan pesan yang tersirat biar tetap rendah hati, lantaran sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menawarkan soal pengayaan sebagai berikut :

1)      Membaca buku-buku wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)      Mencari informasi secara online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)      Membaca surat kabar, majalah, serta isu online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4)      Mengamati pribadi wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.



Mengetahui,                                                                     …………, ……………

Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran



……………………………...                                          ………………………………

NIP …………………………                                         NIP …………………………

UNDUH FILE WORD RPP PUISI (1) KLIK https://drive.google.com/open?id=1eBkbWli_3zXl26wFoLVDOn-H5Kg1PnM6

0 Response to "Rpp Kelas X Semester 2 Bahasa Indonesia Sma Teks Puisi"

Total Pageviews