RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA …………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Unsur-unsur pembangun puisi
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1 :Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.
· KI-2:Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
· KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi. | 3.17.1. Mendefinisikan perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi;imaji;kata konkret;gaya bahasa;rima/irama;tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling);nada (tone);danamanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.2. Mengidentifikasikan perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.3. Mendeskripsikan perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.4. Mengklasifikasikan perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.5. Menemukan data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.7. Mendata kata-kata yang memperlihatkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi. 3.17.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.10. Menguraikan hasil analisa data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.11. Mengasosiasikan uraian data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 3.17.12. Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention) 3.17.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). |
4.17. Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan). | 4.17.1. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 4.17.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data perihal Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention). 4.17.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL akseptor didik sanggup menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif (integritas) selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi pembelajaran
Unsur-unsur pembangun puisi
· diksi;
· imaji;
· kata konkret;
· gaya bahasa;
· rima/irama;
· tipografi;
· tema/makna (sense);
· rasa (feeling);
· nada (tone);dan
· amanat/tujuan/maksud (itention).
Fakta : Puisi
Konsep : Puisi
Prinsip : Unsur-unsur pembangun puisi
Prosedur : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat, Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : puisi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan tentang materiunsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dengan cara : · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama “Apa yang kalian pikirkan perihal foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan lingkungan pemberian materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume perihal apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
| Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : · Mengajukan pertanyaan perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama tersebut? Ø Apa fungsi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama mencatat semua informasi perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama sesuai dengan pemahamannya - Saling tukar informasi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
| Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : - Berdiskusi perihal data dari materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
| Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan perihal materi : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan · Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal mteri : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama · Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan · Bertanya atas presentasi perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) · Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama · Menjawab pertanyaan perihal unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. · Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang akan selesai dipelajari · Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| 15 menit |
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan tentang materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) dengan cara : · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) “Apa yang kalian pikirkan perihal foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan lingkungan pemberian materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume perihal apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
| Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : · Mengajukan pertanyaan perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) ? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) tersebut? Ø Apa fungsi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) ? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) mencatat semua informasi perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) sesuai dengan pemahamannya - Saling tukar informasi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
| Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : - Berdiskusi perihal data dari materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention)
| Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan perihal materi : unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan · Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal mteri : unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) · Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan · Bertanya atas presentasi perihal materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) · Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) · Menjawab pertanyaan perihal unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. · Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang akan selesai dipelajari · Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) .
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention)
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| 15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap akseptor didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan eksklusif dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
BS | JJ | TJ | DS |
1 | Mae | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 |
| ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggung Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada akseptor didik, maka akseptor didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 |
| 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
| 50 |
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 |
|
4 | ... | 100 |
|
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta akseptor didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 |
| 450 | 90,00 | SB |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |
|
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
| 100 |
4 | Marah dikala diberi kritik. | 100 |
|
5 | ... |
| 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku akseptor didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan akseptor didik, menyerupai catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi akseptor didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menawarkan soal pemanis contohnya sebagai berikut :
1) Jelaskan perihal Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan perihal Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan perihal Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru menawarkan pesan tersirat biar tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menawarkan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta informasi online perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati eksklusif perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, ………….., ……….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………………………... ………………………………
NIP ………………………… NIP …………………………
0 Response to "Rpp Teks Puisi Kd 3.17 Dan 4.17 Kelas X Semester 2 Sma"