33. Bacalah data berikut!
Objek: Museum Mpu Tantular Jalan Raya Bunduran-Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah menyerupai arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan lain-lain.
Teks laporan yang sempurna menurut data hasil pengamatan tersebut adalah…
A. Kelompok III mengunjungi obyek Wisata Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Dengan mengamati obyek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah dan menyayangi Indonesia yang kaya akan budaya. Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah.
B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah menyerupai arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
C. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah menyerupai arca menhir, patung ganesha, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran- Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, aktivitas ini sanggup memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah, Selain itu, sanggup meningkatkan kecintaan kepada Indonesia.
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi yaitu teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap penggalan atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Berdasarkan gambaran data dan struktur tulisan, teks laporan yang sesuai dengan data yaitu opsi B
RINGKASAN MATERI
MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.
B. Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi
laporan hasil observasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menyajikan fakta-fakta perihal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan kejadian dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
1. Menyajikan fakta-fakta perihal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan kejadian dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
C. Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi
Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis yaitu sebagai berikut.
1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarik dan dikuasai. Topik observasi, contohnya perihal aktivitas karnaval.
2. Mendaftar topik-topik kecil yang sanggup dikembangkan menjadi laporan.
Contoh:
a. Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deretan penerima karnaval
c. Kegiatan penerima karnaval
d. Keadaan para penonton
e. Kegiatan lain di dalam karnaval
f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.
Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan
a. Defnisi umum • Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deskripsi per penggalan • Deretan penerima karnaval
• Kegiatan penerima karnaval
• Keadaan para penonton
• Kegiatan lain di dalam karnaval
c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval
4. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. Dengan demikian, alhasil benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.
Contoh pengembangan teks:
Karnaval merupakan aktivitas rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di selesai tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya yaitu utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan banyak sekali atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, formasi siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan koreograf memakai benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli badan mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang program itu. Hampir semua penerima merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka semua terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan aktivitas menyerupai itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari banyak sekali tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan dewasa di kota-kota lainnya.(Kosasih, 2014:43-59)
Sumber
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat korelasi alasannya yaitu akibat
- Kalimat yang mengatakan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai akhlak dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan penggalan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan karakter kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 Response to "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Smp Tahun 2018: Menyusun Teks Laporan"