1. Bacalah teks berikut!
Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan bermacam-macam upaya. Pertama, diharapkan upaya persuasif untuk menawarkan pemahaman kepada masyarakat perihal pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan rujukan kasatmata kiprah lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan supaya tetap higienis dan sehat.
Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan menawarkan ceramah
D. menawarkan imbauan menuju kebaikan
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta mengakibatkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.
Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go sanggup dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat sepakat dengan seruan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian perihal minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital mempunyai beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada ketika membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan menentukan buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital mempunyai banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat manis sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak mempunyai kiprah yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua sesungguhnya demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan kontradiksi pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraf berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang ia miliki. Ketika mempunyai ilmu, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, ia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di ketika menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang mempunyai harta
D. tanggung jawab wewenang
6. Bacalah paragraf berikut!
(1) Terkena serangan jantung yaitu pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya yaitu tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
7. Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakan acara yang menyenangkan. Selain itu, bermain sanggup dipakai untuk melatih otak si kecil supaya siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini sanggup diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan mempunyai banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut yaitu ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan sanggup menghipnotis kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.
8. Bacalah teks berikut
Karakter yaitu kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai sikap insan yang berafiliasi dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau sikap insan tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan etika istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar lantaran berkhasiat untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?
Ringkasan teks tersebut yaitu …
A. Kunci keberhasilan individu yaitu pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter yaitu kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja.
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial lantaran kunci keberhasilan.
D. Karakteristik yaitu kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.
9. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I | Teks II |
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome ketika mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu | Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya. |
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...
Teks I | Teks II | |
A | kata tidak baku | kata-kata baku |
B | istilah asing | menggunakan ungkapan |
C | bahasa resmi | bahasa sehari-hari |
D | kalimat tunggal | kalimat majemuk |
10. Bacalah kedua kutipan kisah berikut!
Kutipan I | Kutipan II |
“Cepat naik!” “Tidak biarkan saya sendiri…!” “Kamu jangan gila, ini tengah malam, kau mau naik apa? Apakah kau akan berjalan kaki hingga kos?” Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit… | Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian ia nampak mirip astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan ojek pertamanya yaitu Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya yaitu pedagang sayur. Sekita jam 9, Min gres nongkrong di pangkalan ojek hingga sore. |
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan kisah tersebut yaitu dimulai dengan….
Kutipan I | Kutipan II | |
A | latar cerita | aksi tokoh |
B | aksi tokoh | masalah yang harus diselesaikan |
C | garis besar cerita | aksi tokoh |
D | aksi tokoh | garis besar cerita |
11. Bacalah kutipan kisah berikut!
Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, senang dan celaka, itu diam-diam Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha yaitu Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba sesudah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi asisten pimpinan perusahaan itu.
Makna ungkapan asisten pada kutipan kisah tersebut adalah….
A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan kisah berikut!
Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat ketika jam istirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun seni administrasi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. Di kelas Keisha ada bunga melati.
B. Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya.
13. Bacalah teks berikut!
Nama NH. Dini merupakan akronim dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya berjulukan Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak semenjak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak sanggup mewujudkan impian itu lantaran orang tuanya tidak bisa membiayainya. Ia hanya sanggup mencapai pendidikannya hingga sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut yaitu …
A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B. Dini bercita-cita menjadi dokter binatang ternama semenjak kecil.
C. Dini mempunyai talenta menulis semenjak berusia sembilan tahun
D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.
14. Bacalah teks berikut!
Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, kemudian Ketua DPR, hingga puncak kariernya sebagai Wapres Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Holladech-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja lantaran kemudian mudik dan membantu orang bau tanah berdagang. Disela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca banyak sekali buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Karta wiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.
Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut yaitu ….
A. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
B. banyak membaca banyak sekali buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya
C. aktivis berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
D. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi
15. Bacalah kutipan kisah berikut!
Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa dukungan mereka mustahil Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak aka nada orang yang mau memperistri mereka hingga mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jongrang sendiri dikutuk menjadi arca.
Tokoh utama kutipan kisah tersebut adalah….
A. Roro Jongrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
E. Perawan Tua
16. Bacalah kutipan kisah berikut!
Tanah di pekuburan umum itu masih lembap ketika para pelayat sudah pulang. Sementara saya masih duduk sambil sesekali menyeka air mata. Ibu yang selama ini paling saya hormati dan sayangi tadi malam telah menghadap Sang Pencipta.
Latar suasana yang tergambar pada kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. kecewa
B. sedih
C. marah
D. Khawatir
17. Bacalah kutipan kisah berikut!
“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketahui berjulukan Deswita itu. Tampaknya anak gres itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
“Jika kau butuh informasi perihal sekolah ini, saya bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa saya harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.
Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh Deswita pada kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. diceritakan tokoh lain
B. penggambaran fisik
C. tingkah laris tokoh
D. obrolan antartokoh
18. Bacalah kutipan kisah berikut!
Sepanjang perjalanan pulang,pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Seabagai sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Saya juga tidak yakin akan bisa melaksanakan mirip yang dilakukannya untuk menolong saya di malam itu. Dia telah menandakan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.
Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang gres saja menangani satu perkara perdata, seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya terang jauh lebih kecil dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat Pramuka. Namun ia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah dan rumahnya.
Makna simbol kata seragam dinas pada kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. pakaian
B. kedudukan
C. persahabatan
D. baju kehormatan
19. Bacalah kutipan kisah berikut!
Episode kamuflase Kahono balasannya hingga di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.
Amanat pada kutipan kisah tersebut yaitu …
A. Jangan melaksanakan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan.
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.
20. Bacalah kutipan kisah berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan anyir tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil higienis dan tidak kalah besar. Kenari pun bangkit pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat olok-olokan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.
Nilai moral pada kutipan kisah tersebut adalah….
A. dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan sahabat harus saling menarik hati dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik supaya percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan
21. Bacalah kutipan kisah Berikut
“Hai Gemblong!” sapa teman-teman Daryati dengan nada penuh candaan. Memang, ia sering mendapatkan sapaan mirip itu di kelasnya, bahkan juga dari sahabat kelas lain. Tubuh Daryati tidak gemuk. Sapaan itu diberikan lantaran ibunya memang seorang bakul gemblong, masakan dari ketela pohon yang dikukus kemudian ditumbuk halus. Namun untaian candaan itu tak pernah dipedulikannya meski secara jujur Daryati merasa tak nyaman. Ia merasa menerima tempat untuk berlatih sabar.
Penyebab konflik yang dialami tokoh pada kutipan kisah tersebut yaitu …
A. sering dipanggil dengan nada ejekan
B. tubuh Daryati gemuk alias gendut
C. ibunya seorang bakul gemblong
D. ia harus sabar setiap hari
22. Bacalah kedua kutipan kisah berikut!
Kutipan I | Kutipan II |
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya, namun ia terkejut ketika ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat tiba membawa obat-obatan. “Syukurlah kau sudah pulih,” ungkapnya senang. Kupu-kupu terkejut lantaran yang menolongnya yaitu binatang yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya. “Mm.. Terima kasih ya Kau mau menolongku, padahal saya telah menghinamu…, “ ungkapnya malu-malu,” Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar saya sanggup mengobati sayapmu yang patah.” Kupu-kupu menurut, kemudian ia diobati oleh Lalat. | Tersebutlah di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide bandel hingga di kepalanya. Saya akan akal-akalan saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …Hehehe…. Maka sambil larilah, si kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, hingga anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika. |
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan kisah tersebut yaitu dimulai dengan…
Kutipan I | Kutipan II | |
A | garis besar cerita | masalah yang harus diselesaikan |
B | lokasi cerita | garis besar cerita |
C | lokasi cerita | aksi tokoh |
D | masalah yang harus diselesaikan | garis besar cerita |
23. Bacalah kedua kutipan kisah berikut!
Kutipan I | Kutipan II |
“Bagaimana?” ia penasaran. “Soal pemilihan ketua PKK?” diterkanya apa yang bergerak di balik jidatku. “Bukan,” saya menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam mirip menahan amarah. “Lantas, apa yang kau tahu?” tanyanya sedikit sinis. “Maaf, saya nggak tahu apa-apa,” jawabku. “Pandai benar engkau bersilat lidah,” balasnya. | Suatu pagi terdengar rebut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah kos dikejutkan info sakitnya bu Marta. Walau terkadang sikap dan kelakuan Bu Marta yang suka buat kesal dan murka penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya. Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta. Sungguh di luar asumsi Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan dirinya. |
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan kisah tersebut yaitu ….
Kutipan I | Kutipan II | |
A | menggunakan kalimat langsung | menggunakan kalimat tidak langsung |
B | banyak memakai majas | tidak memakai majas |
C | menggunakan ungkapan | tidak memakai ungkapan |
D | menggunakan bahasa daerah | tidak memakai bahasa daerah. |
24. Bacalah kutipan kisah berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling menyebarkan masakan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu dikarenakan telah kehilangan sebuah kakinya.
Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu
25. Bacalah kutipan kisah berikut!
Motorku melaju dengan cepat, bunyi ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga saya tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, mirip masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas lantaran jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.
Keunggulan kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. simpulan kisah mengejutkan sehingga menawarkan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. banyak memakai kiasan
D. simpulan kisah gampang ditebak oleh pembaca
26. Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintahan dari rakyat untuk rakyat yaitu perwujudan demokrasi […] zaman ke zaman.
Kata depan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ….
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
27. Perhatikan kalimat berikut!
“{…}, ambillah pemberianku ini!” kata Anita sambil menyodorkan bingkisan.
Kata seru yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. Amboi
B. Hore
C. Nah
D. Wah
28. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk pemakaian senter:
(1) Tutup kembali pecahan yang sudah dibuka.
(2) Buka tutup pecahan belakang.
(3) Tekan tombol dengan baik.
(4) Masukkan baterai dengan kepala ke arah depan semua.
Urutan petunjuk pemakaian senter tersebut yang sempurna yaitu ….
A. (2)-(4)-(1)-(3)
B. (2)-(1)-(3)-(4)
C. (3)-(2)-(1)-(4)
D. (3)-(4)-(2)-(1)
29. Bacalah teks berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai embel-embel ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.
Susunan kalimat laporan tersebut yang sempurna yaitu ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
30. Perhatikan teks berikut!
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan usaha dan dedikasi pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan SD di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). […] Akhirnya, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, mirip Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut adalah…
A. Ia menentukan menjadi wartawan daripada menjadi dokter.
B. Ia tidak sanggup menamatkan pendidikan di sekolah tersebut.
C. Ia balasannya menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit.
D. Ia berhasil meraih gelar dokter pada sekolah dokter Bumiputera
31. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Bagi Dasuki, menjadi penjual masakan ringan manis apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, ia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit lantaran kini banyak ojek online di kota ini. Sekarang ia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
Pengubahan kutipan kisah tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang sempurna yaitu …
A. Bagi kami, menjadi penjual masakan ringan manis apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit lantaran kini banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.
B. Bagi dia, menjadi penjual masakan ringan manis apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah ia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, ia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika ia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit lantaran kini banyak ojek online di kota ini. Sekarang ia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual masakan ringan manis apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, saya bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika saya menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit lantaran kini banyak ojek online di kota ini. Sekarang saya sangat bersyukur dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual masakan ringan manis apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kamir rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit lantaran kini banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami.
32. Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan yaitu matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu: Din, saya minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini: A dan C.
Sita: Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu: 10 A, 11 D, nomor 15 saya belum
Adi: Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita: Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum saya kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek mirip pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, Ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.
Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah…
A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din…soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?” “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”
B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din…soal nomo 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras. “Ssst…jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita”Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 saya belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “ Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din,” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Sssst…jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”
33. Bacalah data berikut!
Objek: Museum Mpu Tantular Jalan Raya Bunduran-Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah mirip arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan lain-lain.
Teks laporan yang sempurna berdasarkan data hasil pengamatan tersebut adalah…
A. Kelompok III mengunjungi obyek Wisata Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Dengan mengamati obyek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah dan menyayangi Indonesia yang kaya akan budaya. Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah.
B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah mirip arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
C. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah mirip arca menhir, patung ganesha, jenis-jenis batuan, fosil binatang purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran- Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan ini sanggup memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah, Selain itu, sanggup meningkatkan kecintaan kepada Indonesia.
34. Bacalah kalimat berikut!
Tujuan ekspor di antaranya membuat iklim perusahaan yang aman dan menjaga kestabilan kurs valuta asing
Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut yaitu ….
A. ekspor
B. perusahaan
C. kondusif
D. valuta
35. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Achdiat Karta Miharja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat yaitu anak yang cerdas, sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hukum.
Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (4) yaitu …
A. Menulis ia lakukan semenjak ia pintar merangkai kata-kata.
B. Ia anak yang pintar sehingga ayahnya ingin ia menjadi hebat hokum.
C. Anak yang tergolong biasa saja namun mempunyai kesenangan menulis.
D. Beliau suka menulis buku, tidak heran bila ayahnya sangat mendukung.
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga hebat bangunan dari banyak sekali tempat di Indonesia.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
37. Perhatikan kalimat berikut!
“Ulu, tidakkah kau tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?
Kata sandang yang sempurna untuk melengkapi kaimat tersebut adalah…
A. sang
B. dang
C. si
D. yang
38. Perhatikan teks berikut!
Banjir bandang […] (1) banjir yang besar dan tiba dengan tiba-tiba. Air mengalir dengan deras menghanyutkan benda-benda besar […] (2) banjir ini merusak banyak sekali sarana prasarana yang dilewatinya.
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut yaitu ….
A. (1) adalah, (2) melainkan
B. (1) merupakan, (2) seperti
C. (1) merupakan, (2) dan
D. (1) adalah, (2) seperti
39. Bacalah teks berikut!
Panti Asuhan Budi Asih kini makin berkembang. Hal itu lantaran panti asuhan ini banyak mendapatkan donatur dari para dermawan. Dana yang secara rutin ditransormasi ke rekening panti itu sangat membantu keuangan panti. Bantuan dana itu dipakai untuk mencukupi kegiatan panti setiap bulan.
Pengganti istilah donator dan ditransformasi pada teks tersebut yaitu ….
A. dana, ditransfer
B. donasi, ditransfer
C. donor, ditransferisasi
D. donasi, ditransfusi
40. Bacalah kalimat berikut!
Bus antar kota tidak boleh berbelok di pertigaan bersahabat kantor wali kota.
Perbaikan penulisan adonan kata yang sempurna pada kalimat tersebut yaitu ….
A. antar kota seharusnya antarkota
B. berbelok seharusnya ber-belok
C. pertigaan seharusnya per tigaan
D. wali kota seharusnya walikota
41. Perhatikan kalimat berikut!
Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif yaitu ….
A. Pendidikan karakter amat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
B. Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
C. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
D. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
42. Bacalah teks berikut!
(1) Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati lantaran rembesan air genangan banjir itu. (3) Mereka mirip tak peduli lagi dengan harga bensin yang juga tidak turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?
Perbaikan teks tersebut supaya menjadi padu yaitu dengan cara menghilangkan kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4).
43. Bacalah kalimat berikut!
Pada masa zaman modern ini teknologi berkembang dengan pesat.
Penggunaan kata era pada kalimat tersebut salah lantaran ….
A. mempunyai makna bertentangan dengan zaman
B. seharusnya terletak sesudah zaman
C. tidak sesuai konteks kalimat
D. mempunyai makna sama dengan zaman
44. Bacalah kalimat berikut!
Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap sekali.
Kalimat tersebut tidak efektif lantaran ….
A. konjungsi tidak tepat
B. tidak mempunyai subjek
C. kalimat tidak logis
D. terdapat pemborosan kata
45. Bacalah kalimat berikut!
Dewasa ini informasi dan hiburan berupa gambar video tidak hanya sanggup dinikmati melalui perangkat televisi analok maupun digital, tetapi juga sanggup dinikmati melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.
Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah….
Tertulis | Perbaikan | |
A | video | vidio |
B | digital | dijital |
C | analok | analog |
D | laptop | leptop |
46. Bacalah kalimat berikut!
Hari Selasa dilaksanakan pertemuan Presiden dengan para gubernur di Istana Bogor.
Kesalahan penulisan aksara capital pada kalimat tersebut yaitu ….
A. Selasa
B. Presiden
C. Istana
D. gubernur
47. Bacalah teks berikut!
(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu jadwal sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan sanggup melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; yaitu 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan mempunyai minat baca yang tinggi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
48. Bacalah teks berikut!
Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar yaitu museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para hebat geologi sedang ulet melaksanakan penyelidikan geologi.
Perbaikan penulisan aksara kapital pada kata teks tersebut yaitu ….
A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C. museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D. museum Geologi Bandung, benua eropa
49. Bacalah kalimat berikut!
Selamat, Apapun teks yang kau susun yaitu hasil karya sendiri.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yaitu ….
A. Selamat, Apapun teks yang kau susun yaitu hasil karya sendiri!
B. Selamat! Apapun teks yang kau susun yaitu hasil karya sendiri!
C. Selamat! Apapun teks yang kau susun yaitu hasil karya sendiri.
D. Selamat: Apapun teks yang kau susun yaitu hasil karya sendiri.
50. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga Ervina sangat menggemari masakan laut. (2) Hari Minggu, Ervina menemani ibunya ke pasar. (3) Mereka membeli udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan.
Penggunaan tanda baca pada kalimat ketiga teks tersebut salah lantaran ….
A. tanda baca hubung (-) tidak diperlukan
B. terdapat tanda baca koma (,) sesudah kepiting
C. seharusnya terdapat tanda baca koma (,) sesudah cumi-cumi
D. seharusnya terdapat tanda baca titik dua (:) sesudah membeli
UNDUH FILE SOAL (PDF) UN 2018 KLIK https://drive.google.com/open?id=1O30VUP_uralCgcsnmOWX9Kmh4klQG8Np
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan alasannya akibat
- Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan pecahan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan aksara kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
UNDUH SOAL UN 2016/2017 KLIK https://drive.google.com/open?id=1eh66mzEp8L4dsy0k6sPt-VwII-G77XL8
0 Response to "Soal Dan Pembahasan Un Tahun 2018 Bahasa Indonesia Smp/Mts."