15 November 2011
PENILAIAN KINERJA GURU
(SUMBER http://jipkendal.blogspot.com/ DIUNDUH TGL 5 JUNI 2012 JAM 21.00 WIB)
Posted by Yoshi Rachmartdi 1:43 PM, under | No comments
Untuk menilai kinerja guru, perlu tersedia data yang akurat mengenai sejumlah potensi yang dimiliki guru sehingga menghasilkan data yang konsisten (terpercaya) dan dianggap benar semoga sanggup diukur (valid). Sistem penilaian yang terpercaya menghasilkan penilaian yang sama dalam menilai guru bukan hanya pada dikala melaksanakan penilaian, tetapi juga ketika tidak melaksanakan penilaian secara formal, balasannya akan sama alasannya yaitu prosedurnya sama dan terpercaya. Untuk itu perlu ada kriteria dan standar kinerja. Kriteria kinerja harus dikaitkan dengan pekerjaan yang dengan gampang dilakukan analisis jabatan. Kontribusi guru terhadap madrasah kemudian di penilaian menurut kriteria tersebut dan mencapai hasil menurut ketentuan dalam analisis pekerjaan.
BAGI YANG MENGINGINKAN MATERI TENTANG PKG, SILAHKAN DOWNLOAD PADA BOX.NET DI SEBELAH INIPada prinsipnya penilain kinerja yaitu merupakan cara pengukuran bantuan dari individu dalam instansi yang dilakukan terhadap organisasi. Jadi, penilaian kinerja menyangkut penentuan tingkat bantuan seseorang yang diekspresikan dalam penyelesaian tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Di katakan oleh Chung dan Megginson, bahwa penilaian kinerja merupakan “.....a way of measuring the contributions of individuals to their organization”.
Penilaian kinerja yaitu perjuangan mengidentifikasi, mengukur (menilai) dan mengelola (manajemen) pekerjaan yang dilaksanakan oleh pekerja di lingkungan organisasi/perusahaan. Dalam konteks pendidikan penilaian ini yaitu mengidentifikasi dan mengukur hasil unjuk kerja yang telah dilakukan guru dalam melaksanakan kiprah dan kewajibannya sebagai pengajar dan pendidik.
Penilaian kinerja terhadap guru sangat bermanfaat bagi dinamika perkembangan madrasah. Melalui penilaian tersebut, maka sanggup diketahui kondisi riil guru dilihat dari kinerjanya. Dengan demikian data-data dari hasil kinerja tersebut sanggup dijadikan sebagai materi pertimbangan dalam pengambilan keputusan, contohnya terkait dengan identifikasi kebutuhan aktivitas madrasah, promosi, mutasi pegawai, sistem imbalan dan lain sebagainya.
Penilaian kinerja membantu guru-guru dalam mengenal tugasnya dengan lebih baik. Sehingga guru akan menjalankan proses berguru mengajar yang efektif mungkin untuk kemajuan siswa dan pendidikan. Disamping itu penilaian sanggup memberi masukan yang berharga dalam memantu memenuhi kebutuhan guru akan pengembangan profesi dan kariernya, contohnya melalui latihan dalam tugasnya (In – service training).
Penilaian tidak dimaksudkan untuk mengkritik dan mencari kesalahan, melainkan mendorong guru dalam pengertian yang konstuktif untuk membuatkan diri menjadi lebih profesional yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Hal ini menuntut perubahan sikap dan kesediaan guru menyidik diri secara berkelanjutan.
Penilaian terhadap kinerja guru merupakan suatu upaya untuk mengetahui kecakapan maksimal yang dimiliki oleh guru bekenaan dengan proses dan hasil pelaksanaan pekerjaannya. Dalam penelitian ini kriteria yang dipakai untuk menilai kinerja guru yaitu menurut SK Mendikbud Nomor 025/01/1995 wacana standar prestasi kerja yang mana di dalamnya dinyatakan bahwa: standar prestasi kerja guru yaitu minimal yang wajib dilakukan guru dalam proses berguru dan mengajar atau bimbingan yaitu sebagai berikut:
1) Penyusunan aktivitas berguru yang terdiri dari: a). Analisis materi pelajaran (AMP), b). Program Tahunan (Prota), c). Program Semester (Promes), d). Program Satuan Pelajaran (PSP), e). Rencana Pembelajaran (RP), f). Alat penilaian (AE), g). Program perbaikan dan pengayaan
2) Pelaksanaan Program Pembelajaran yang mencakup :a). Pelaksanaan pembelajaran di kelas, b). Penggunaan taktik pembelajaran, dan c). Penggunaan media dan sumber belajar
3) Pelaksanaan penilaian yang mencakup :a). Evaluasi hasil belajar, b). Evaluasi pencapaian sasaran kurikulum, dan c). Evaluasi daya serap
4) Analisis penilaian yang meliputi: a). Analisis ketuntasan belajar, dan b). Analisis butir soal.
5) Pelaksanaan perbaikan dan pengayaan yang meliputi: a). Pelaksanaan perbaikan pembelajaran, dan b). Pelaksanaan pengayaan pembelajaran.
Berdasarkan beberapa teori yang telah dikemukakan diatas sanggup dinyatakan bahwa kinerja guru akan sanggup ditingkatkan dengan melaksanakan perencanaan aktivitas pembelajaran yang disusun secara sistematis, pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan aktivitas yang telah direncanakan, diadakan penilaian pembelajaran dan dilaksanakan perbaikan dan pengayaan pembelajaran.
copas from : /search?q=penilaian-kinerja-guru
0 Response to "Penilaian Kinerja Guru (Pkg)"