NO | KISI- KISI | PREDIKSI TAMPILAN | KIAT MENJAWAB |
LISTENING(memahami makna dalam wacana lisan, interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. | |||
1. | Menentukan pernyataan verbal yang sempurna ihwal acara yang sedang berlangsung di dalam ruangan/ di luar ruangan sesuai dengan gambar | kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan/ di luar ruangan sesuai dengan gambar. Contoh A.THE GIRL IS TALKING TO HIS FATHER B.THEY ARE WATERING THE FLOWERS (dipilih B lebih terang sebab yang A lihat TO HIS FATHER belum tentu ayahnya.) | Perhatikan pelaku-pelaku utamanya dan benda yang ada di sekitarnya |
2. | Menentukan pernyataan verbal yang sempurna ihwal lokasi suatu benda /posisi seseorang sesuai dengan gambar | lokasi suatu benda /posisi seseorang. Contoh A. THE BIKE IS PARKED IN FRONT OF THE HOUSE B. THE BICYCLE IS IN FRONT OF THE OFFICE (pilih B jika gambar terang spd berda di depn kantor pos) | Fokuslah pada benda atau orang yang ada di gambar terutama posisinya |
3 | Menentukan pernyataan verbal yang sempurna ihwal penampilan/ciri fisik seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar | penampilan/ciri fisik seseorang/deskripsi benda.Cnth: A.THE WOMAN HAS BLONDE HAIR B. THE LADY’S SKIN IS DARK(pilih A jika dlm gambar rambut perempuan pirang. | Bila orang perhatikan rambut, kulit dan pakaiannya.Bila benda perhatikan ukuran dan kondisinya. |
4. | Menentukan pernyataan verbal yang sempurna ihwal keadaan /situasi di suatu daerah /gedung/wilayah sesuai dengan gambar | keadaan /situasi di suatu daerah /gedung/wilayah.Contoh: A. THE HOUSE HAS TWO FLOORS. B. IT IS MADE OF STRONG LEATHER. (pilih A jika gambarnya rumah berlantai 2. B jarang ada rumah dari kulit. | Bila gedung/ bangunan perhatikan sekitarnya dan jika insan prediksi aktifitasnya. |
QUESTIONS RESPONSE | |||
5. | Menentukan response yang sempurna terhadap pernyataan /pertanyaan verbal yang berisi pemberian saran /permohonon | pernyataan /pertanyaan verbal yang berisi pemberian saran /permohonon .Contoh : A:TO WHOM SHOULD I GIVE THE TIP? (Respons yang sempurna adalah:) B: WHY DON’T YOU GIVE IT TO THE BUSBOY? (cek dengan terjemahan) | Fokuskan pada obyek pembicaraan /kata dalam kalimat awal dan masalahnya |
6 | Menentukan response yang sempurna terhadap pernyataan /pertanyaan verbal yang mendiskripsikan benda/perbandingan suatu benda. | pernyataan /pertanyaan verbal yang mendiskripsikan benda/perbandingan suatu benda A:HOW MUCH IS YOUR CHEAPEST WATCH? (RESPOSNNYA J) B: HERE IS FOR $ US 10.12 .THAT IS $ US 15.50 (ada perbandingannya dan terjmhkn.) | Perhatikan kata ganti yang didiskripsikan. Bila laki-laki dengan HE jika wnt dng SHE dan benda dengan IT |
7. | Menentukan response yang sempurna terhadap pernyataan /pertanyaan verbal yang mengungkapkan insiden /peristiwa di koran/kejadian yang dialami seseorang. | pernyataan /pertanyaan verbal yang mengungkapkan insiden /peristiwa di koran/kejadian yang dialami seseorang. A:When did the fire begin? B: It happened in the middle of night (WHEN berarti menanyakan waktu/kapan kejadiannya). | Perhatikan kata ganti yang didiskripsikan. Bila laki-laki dengan HE jika wnt dng SHE dan benda dengan IT.Cermati pernyataan di final kalimat. |
8. | Menentukan response yang sempurna terhadap pernyataan /pertanyaan verbal yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu daerah /keberadaan seseorang yang diberikan | pernyataan /pertanyaan verbal yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu daerah /keberadaan seseorang.CONTOH; A. I’M TRYING TO FIND AN INN. B. YOU JUST CONTINUE STRAIGHT ON | Cermati yang ada go ahead, left,rigtht, straight on dan kata penunjuk lainnya. |
SHORT CONVERSATION | |||
9 | Menentukan citra umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan verbal singkat ihwal suatu kemungkinan /rencana | percakapan verbal singkat ihwal suatu kemungkinan /rencana A. I’II SEE YOU AT THE AIRPORT. B. GREAT.THE PLANE ARRIVES AT 4 PM -What will the B do ? -B will meet the A at the airport. | Cermati pembicaraan dari orang ke dua(yang merespon) |
10. | Menentukan citra umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan verbal singkat ihwal acara sehari-hari /di waktu lampau/di waktu akan datang. | percakapan verbal singkat ihwal acara sehari-hari /di waktu lampau/di waktu akan datang. Contoh : A:HOW DO YOU OFTEN TAKE EXERCISE? B.ALMOST EVERYDAY BEFORE HAVING A BATH IN THE MORNING -What does the B do almost every morning ? -He always doing exercise. | Pilih TENSE yang sesuai untuk yang past tense kata kerja dng bentuk ke dua dan yang Future biasanya dengan TO BE GOING TO atau will. |
11. | Menentukan citra umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan verbal singkat ihwal pemesanan sesuatu/pemberitahuan ihwal keadaan suatu barang. | percakapan verbal singkat ihwal pemesanan sesuatu/pemberitahuan ihwal keadaan suatu barang. Contoh: A; I WOULD LIKE TO ORDER 10 DOZENS OF BALLPOINTS, 2 DOZENS OF BLUE AND 8 DOZENS OF RED. B: OKEY SIR What colour did the A want most for the ballpoinys? Jawab : RED | Penting diperhatikan yaitu TENSE biasanya menggunakan PRESENT TENSE maka tanggapan juga diadaptasi TENSEnya |
12 | Menentukan citra umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan verbal singkat ihwal suatu perbandingan /pemilihan benda | percakapan verbal singkat ihwal suatu perbandingan /pemilihan benda CLARA WAS BORN IN 1994 AND NATALIE IN 1998. Who is younger according to the statement? NATALIE | Ingat : 1-2 sk kata tk lebih + ER (ada THAN di blkngnya ) Tk paling + EST (ADA THE di dpnnya). >2 sk kt Tk Lebih dng MORE. Tk PALING dng MOST |
SHORT TALK (MONOLOG) | |||
13. | Menentukan citra umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan sempurna dari monolog verbal singkat ihwal proses pengerjaan /pembuatan sesuatu barang/prosedur melaksanakan sesuatu . | tentang proses pengerjaan /pembuatan sesuatu barang/prosedur melaksanakan sesuatu . Contoh: FIRST INSERT THE MEMORY CARD OF THE DIGITAL CAMERA, THEN PLUG IN THE CARD READER. FINALLY CLICK THE PASTE MENU. What lesson is being explain? INSERT THE MEMORY CARD OF THE DIGITAL CAMERA | Cermati awal paragrap I,akhir paragrap pertama dan awal paragrap ke dua. Perhatikan kata yang lebih banyak di sebut . |
14 | Menentukan citra umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan sempurna dari monolog verbal singkat ihwal pengalaman kerja /kegiatan atau aktifitas di sekolah/pusat bisnis. | pengalaman kerja /kegiatan atau aktifitas di sekolah/pusat bisnis. OUR CONSTRUCTION BUSINESS IS GETTING SOME LOSS DUE TO THE LOCAL CITIZEN ARE DEMANDING TOO MUCH COMPENSATION. Who has got some loss in the business recently? THE COMPANY | Perhatikan kalimat ke dua serta dua kalimat terakhir. Biasanya kalimat tersebut yang menjadi inti pembicaraan. |
15 | Menentukan citra umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan sempurna dari monolog verbal singkat berbentuk pengumuman singkat atau iklan | monolog verbal singkat berbentuk pengumuman singkat atau iklan. SAKTI LANGUAGE CENTRE guarantee to improve you English speaking skills in four months times. WHAT SKILL IS BEING OFFERED BY THE SAKTI LANGUAGE CENTRE? English speaking. | Perhatikan kalimat ke dua serta dua kalimat terakhir. Biasanya kalimat tersebut yang menjadi inti pembicaraan. |
READING (memahami makna dalam wacana tulis interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari , pekerjaan dan keprofersian.) INCOMLPETE DIALOG | |||
16. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi permohonan/pemberian saran | dialog yang berisi permohonan/pemberian saran A; ...... NOT TO WORK OVERTIME? B: WHY? IT’S FOR MEETING THE DEADLINE, YOU KNOW. Answer : Will it possible for me (UNTUK CONTOH INI CLUE AADA PADA you know?= penekanan | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya dan teerjemahannya |
17. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi berisi pelayanan tamu/ percakapan di telepon/percakapan pribadi. | dialog yang berisi berisi pelayanan tamu/ percakapan di telepon/percakapan pribadi. A; HALLO RINI HOTEL,MAY I HELP YOU? B:YES, I’D LIKE TO BOOK A FAMILY ROOM A: HOLD ON PLEASE....... Answer : LET ME CHECK IT FOR A MOMENT. | Biasanya pemilihan could atau would. Pilih yang would untuk penawaran. |
18. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang sedang berlangsung. | ungkapan untuk melengkapi obrolan yang sedang berlangsung. | Cermati TENSEnya harus sesuai dengan pernyataan awal/sebelumnya. |
19. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi undangan/pesan singkat | melengkapi obrolan yang berisi undangan/pesan singkat. Contoh : A:...... YOU TO COME TO MY BIRTH DAY PARTY. B:HOW INTERESTING, WHEN? Jawab: I’m coming to invite | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya.Terjemahkan |
20. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi perijinan/pemberitahuan. | melengkapi obrolan yang berisi perijinan/pemberitahuan. CONTH: A: MAY I SEE MR KING THE DIRECTOR? B: OH SORRY ....... Jawab: HE IS NOT IN HIS ROOM | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya juga subyeknya (Kt ganti) |
21. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi keluhan/meminta /memberi bantuan. | melengkapi obrolan yang berisi keluhan/meminta /memberi bantuan A: ....... THAT THE SOFTWARE I BOUGHT YESTERDAY ISN’T WORKING B: I’M SORRY TO HEAR THAT Jawab:I’M HERE TO COMPLAIN | Perhatikan yang ada SORRY/EXCUSE ME. Sesuaikan TENSE nya dan kecerdikan kalimat. |
22. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi perintah/permohonan/saran. | melengkapi obrolan yang berisi perintah/permohonan/saran. A; DON’T EVER TOUCH THOSE ELECTRICITY FUSE. B: ................... Okey, We won”t | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya. |
23 | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi rencana/ kesepakatan yang akan datang. | melengkapi obrolan yang berisi rencana/ kesepakatan yang akan datang A: ARE YOU GOING TO THE BOOKSTORE TOMORROW? B:................(jawabJ) No, I ‘m not I am planning to do the english task | Perhatikan TENSEnya jika dengan FUTURE TENSE/ planning yad maka gunakan TO BE GOING TO |
24. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi pengandaian/pilihan tindakan. | melengkapi obrolan yang berisi pengandaian/pilihan tindakan. A: WHY DON’T WE GO TO THE LUNCH NOW ? B; ............................................ Jawab : I WISH I COULD FINISH THE REPORT. SO I COULD GO WITH YOU. | Untuk pengandaian ingat 3 tipe IF CLAUSE (present, past dan perfect). Sesuaikan TENSEnya baik kalimat sebelumnya maupun sebelum dan setelah koma. Bila menggunakan WISH atau HOPE ,to be nya selalu WERE |
25. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi penyampaian rasa simpati /persetujuan. | melengkapi obrolan yang berisi penyampaian rasa simpati /persetujuan. A; I CUT MY FINGER WHEN SLICING SOME ONIONS B: .................(Jawaban) OH MY GOD IT MUST BE PAINFUL | Bisa diungkap dengan I’M SORRY TO HEAR THAT dan ungkapan simpati lainnya. |
26. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang. | melengkapi obrolan yang berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang. A: I FORGOT WHERE I PUT MY CELLULAR PHONE.DID YOU SEE IT? B: .................................(jawab) I SAW IT ON THE DINING TABLE. | Biasanya ada GO STRAIGHT, TURN RIGHT,TURN THE LEFT dsb.(untuk arah) sedangkan untuk posisi lihat contoh |
27. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi uraian ihwal acara rutin/kegiatan masa lampau | melengkapi obrolan yang berisi uraian ihwal acara rutin/kegiatan masa lampau A: WHAT DO YOU DO AFTER COMING BACK FROM SCHOOL EVERY AFTERNOON? B: I HAVE A REST FOR A WHILE, ...... (JawabJ)playing computer games and watching TV | Bila acara rutin gunakan PRESENT TENSE, Suby HE SHE IT kt kerja dng s form. Bila masa lampau gunakan PAST TENSE kt kerja gunakan bt ke 2. |
28. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi pemesanan suatu barang/jasa. | melengkapi obrolan yang berisi pemesanan suatu barang/jasa. A; I WOULD LIKE TO ORDER SOME PAPERS. B: ................ (JawabJ) All right ,Would you like the quarto or the A4? | Pilih WOULD untk mengatakan kesopanan |
29. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang berisi uraian ihwal suatu kemungkinan/pendapat. | melengkapi obrolan yang berisi uraian ihwal suatu kemungkinan/pendapat. A: LOOK AT THE SKY ,IT’S SO CLOUDY. B:...................(JawabJ) It’spossible the rain drops soon. | Pilih POSSIBLE atau THINK sesuaikan TENSEnya. |
30. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi obrolan yang terkait dengan acara yang sedang berlangsung /suatu rencana. | melengkapi obrolan yang terkait dengan acara yang sedang berlangsung /suatu rencana. Cnth. A: IS THE MANAGER STILL HAVING MEETING ? B: .....................(JawabJ) No, he is talking with his secretary now. | Keg yang sedang berlangfsung Lihat ket waktu . gunakan PRESENT CONTINUOUS TENSE ( TO BE plus ING form) Untuk planning gunakan FUTURE TENSE ( tobe going to /will) |
ERROR RECOGNATION | |||
31. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/tempat | kalimat yang menyatakan perbandingan benda/tempat. THE SALARY IS GREATEST THAN WORKING INI OUR OWN COUNTRY. (ada than bwerarti tingkat lebih . Yang ada greater karn 1 sk kt) | Cermati (biasanya yang dibentuk salah) : 1-2 sk kata tk lebih + ER (ada THAN di blkngnya ) Tk paling + EST (ADA THE di dpnnya). >2 sk kt Tk Lebih dng MORE. Tk PALING dng MOST |
32. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat. | dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat.Contoh : THAT GUEST WHOM IS SITTING IN THE CORNER WANTS TO MAKE A COMPLAIN (bukan WHOM tapi WHO sebab yang ditunjuk GUEST yaitu sebagai subyek ) | Perhatikan TENSEnya cari yang tidak sesuai itu yang keliru |
33. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam ungkapan yang berafiliasi dengan penawaran/persuasi/permohonan. | ungkapan yang berafiliasi dengan penawaran/persuasi/permohonan WOULD I TAKE YOU SOME ICE TEA ? (WOULD keliru yang benar MAY) | Perhatikan penawaran jika yang mengikuti YOU maka gunaklan WOULD jika yang mengikuti I maka gunakan MAY (WOULD YOU atau MAY I) itu yang benar. |
34. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan diskripsi fisik seseorang/ benda. | kalimat yang menyatakan diskripsi fisik seseorang/ benda. HE IS TALL AND HE HAS FAIRLY SKIN (yang benar fair) | Perhatikan ket ttng kulit, rambut atau hidung juga mengenai kebenaran penggunaan jenis kata benda maupun sifat. |
35. | Menentukan kata/frasa yang salah yang teredapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/membuat pilihan | kalimat yang menyatakan pengandaian/membuat pilihan. I WOULD RATHER HAVE MILK SHAKE TO COFFEE (yang benar THAN) | Cermati ; would rather (diikuti kt kerja bt satu .... than). Perhatikan juga TENSE nya |
36. | Menentukan kata/frasa yang salah yang teredapat dalam kalimat yang menyatakan pernyataan suka/simpati. | kalimat yang menyatakan pernyataan suka/simpati. THERE IS NOTHING WORRYING ABOUT IT (yg benar to worry) | Cermati penggunaan kata kerja maupun preposisi (kata depan) |
READING COMPREHENSION | |||
37 | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat referensi kata atau makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesn/ e mail | makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesan/ e mail. WHAT IS THE MAIN PURPOSE OF THE EMAIL? (misal)- tanggapan lihat judul jika tak ada judul lihat kata yang sering disebut | Bila ditanyakan ihwal the main purpose maka lihat judul. Perhatikan pembuat surat dan alamat tujuan |
38. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat referensi kata atau makna kata/frasa dalam sebuah tabel /diagram/jadwal/grafik. | makna kata/frasa dalam sebuah tabel /diagram/jadwal/grafik. | Ingat; untuk pesawat : ARRIVAL= Kedatangan. DEPARTURE= Keberangkatan FARES= COST |
39. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat referensi kata atau makna kata/frasa dalam teks berbentuk recount | teks berbentuk recount | Cermati angka angka dalam teks sebab akan ditanyakan untuk hitung-hitungannya |
40. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat referensi kata atau makna kata/frasa dalam sebuah teks mekanisme dalam bentuk a.l manual/resep/petunjuk/instruksi. | dalam sebuah teks mekanisme dalam bentuk a.l manual/resep/petunjuk/instruksi. WHAT IS THE STEPS ABOVE ABOUT ? Replacing the printer catridge (misal) | Bila ditantakan ihwal persoalan apa maka tanggapan lihat judul |
41 | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat referensi kata atau makna kata/frasa dalam teks advertensi ihwal sebuah benda/tempat/jasa. | kata atau makna kata/frasa dalam teks advertensi ihwal sebuah benda/tempat/jasa. THE SYNONYM OF THE WORD RELEASE IS . launced (misalkan). | Bila ditanyakan ihwal sinonym/persamaan kata maka coba diterjemahkan dan cari alternatip akar kata pilihan. |
Kiat Menjawab Soal Bahasa Inggris Ujian Nasional Smk 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Kiat Menjawab Soal Bahasa Inggris Ujian Nasional Smk 2012"