|
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 KENDAL
Jl. Raya Soekarno Hatta Brangsong (0294)5790761 FAX (0294) 3687377 Kode Pos : 51371 Kendal-1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : NKPI
Kelas / Semester : XI / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
B. Kompetensi Dasar
2.1Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli.
C. Indikator
? Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari deperagakan dan dijawab dengan benar.
? Pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Berbagai kalimat dengan pola gerund dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Berbagai kalimat dengan memakai too and enough dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Berbagai bentuk dari ungkapan dipakai dengan sempurna untuk membicarakan kegemaran / hobi dan minat.
? Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll, diperagakan dengan benar.
D. Alokasi Waktu : 24 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
? Peserta didik sanggup mengungkapkan pertanyaan dengan memakai pola yes-no question dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik sanggup mengungkapkan pertanyaan dengan memakai pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik sanggup mengumngkapkan pertanyaan dengan memakai pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik sanggup mengungkapkan kalimat dengan memakai pola gerund dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Peserta didik sanggup mengumngkapkan kalimat dengan memakai too and enough dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Peserta didik sanggup mendemonstrasikan percakapan dengan ungkapan mengenai hobbies and interest dalam konteks kegiatan sehari-hari dioperagakan dengan benar.
? Peserta didik sanggup mendemonstrasikan percakapan dengan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll, diperagakan dengan benar.
F. Materi Pembelajaran
1.Talking about Hobbies and Interest.
2.Gerund
3. Quest Handling in hotel
4. Quest Handling in the Restaurant
5. Quest Handling ib an office
6. Intensifier ‘Too’ and ‘enough’
7. Yes/No Question
8. Question Words
9. Question Tags
G. Metode Pembelajaran
? Pair work
? Tanya jawab
? Pemberian tugas
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
a. Warming Up
Siswa membentuk empat kelompok kemudian masing-masing kelompok menunjuk salah satu temannya untuk menjadi wakil kelompoknya untuk maju ke depan. Keempat wakil kelompok tersebut maju ke depan dan berdialog secara spontan. Bagi yang tidak bisa menjawab, maka kelompoknya akan mendapat eksekusi dari kelompok lain.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan Hobbies and Interest
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
Penugasan
Pertemuan ke dua :
a. Apersepsi
Guru dan siswa melaksanakan tanya jawab perihal materi-materi yang sudah dibahas.
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat perihal bahan yang sudah pernah dibahas sebelumnya.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi kalimat yang bekerjasama dengan penggunaan Gerund
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
Penugasan.
Pertemuan ke tiga :
a. Apersepsi
Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan beberapa kalimat yang memakai ungkapan Gerund. Kemudian mereka menuliskannya di papan tulis.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan tema Quest Handling in hotel.
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.Penutup
Penugasan.
Pertemuan ke empat :
a. Apersepsi
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat yang sudah di bahas pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi perihal kalimat yang berhubungan Quest Handling in the Restaurant..
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
Siswa mengerjakan latihan-latihan secara tertulis perihal gerund.
Pertemuan ke lima :
a. Apersepsi
Guru memberi pertanyaan-pertanyaan perihal bahan yang sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya dan siswa menjawabnya.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi kalimat yang bekerjasama dengan penggunaan Quest Handling ib an office.
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
Siswa mengerjakan latihan tertulis.
Pertemuan ke enam :
a. Pendahuluan
Apersepsi
Memotivasi siswa untuk bisa merespons secara sempurna bahan yang disampaikan
Menyampaikan SK, KD, indicator serta tujuan pembelajaran.
Memberi info pentingnya pemahaman dalam mengenai hobbies and interest.
Prasyarat :
Siswa telah mempelajari bahan kelas X dan materi-materi lain yang relevan
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan tema Intensifier ‘Too’ and ‘So’.
Murid :
? Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
? Menanyakan hal-hal yang belum jelas
? Siswa mendengarkan sebuah percakapan yg dipraktekan oleh kedua temannya di depan kelas.
? Siswa mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan Intensifier ‘Too’ and ‘So’.
? Siswa menyebutkan banyak sekali macam kalimat Intensifier ‘Too’ and ‘So’.
? Guru menjelaskan fungsi dan teladan serta penerapan kalimat Intensifier ‘Too’ and ‘So’sesuai dengan situasi dan kondisi sebuah percakapan.
? Siswa menciptakan sebuah percakapan perihal Intensifier ‘Too’ and ‘So’dengan sahabat sebangkunya, kemudian mendemonstrasikannya di depan kelas.
c. Penutup
? Membuat dialog
Pertemuan ke tujuh :
a. Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan bahan yang sudah dibahas di pertemuan pertama.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan tema Yes/No Question. .
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan Harian : Tertulis dan Lisan
b. Bentuk Instrumen : Essay dan pilihan ganda
c. Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya yaitu (50 / 60) x 100 = 83
d. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil bila tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan kegiatan remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan kegiatan pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
Pertemuan ke delapan :
d. Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan bahan yang sudah dibahas di pertemuan pertama.
e. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan tema Question Words .
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
f. Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
K. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
L. Penilaian
e. Teknik Penilaian : Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan Harian : Tertulis dan Lisan
f. Bentuk Instrumen : Essay dan pilihan ganda
g. Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya yaitu (50 / 60) x 100 = 83
h. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil bila tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan kegiatan remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan kegiatan pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
Pertemuan ke sembilan :
g. Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan bahan yang sudah dibahas di pertemuan pertama.
h. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang bekerjasama dengan tema Question Tags. .
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
i. Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
M. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
N. Penilaian
i. Teknik Penilaian : Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan Harian : Tertulis dan Lisan
j. Bentuk Instrumen : Essay dan pilihan ganda
k. Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya yaitu (50 / 60) x 100 = 83
l. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil bila tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan kegiatan remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan kegiatan pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
O. Evaluasi :
b. Fill in the gaps with the correct form of the verb in brackets.
II. Fill in the blank with the correct answer!
1. He's still sleeping, ……………?
2. You do go to school, ……………?
3. Let's go for a walk, ……………?
4. We won't be late, ……………?
5. Nobody called, ……………?
6. They will wash the car, ……………?
7. We must lock the doors, ……………?
8. I'm correct, ……………?
9. So you bought a car, …………?Congratulations!
10. You wouldn't want to invite my Dad, ……………?
III. Choose the correct question word.
1. A) "________ do you go to school?" B) "I go to school in California." (where/who/what) | |
2. A) "________ does Jack work ?" B) " He works every evening." (who/where/when) | |
3. A) "_________ cars does your family have ?" B) "We have two cars." (how much/how many/what) | |
4. A) "_______ does the dog want ?" B) "She wants a big bone." (how many/where/what) | |
5. A) "_________ do you eat for lunch every day?" B) "I eat rice and vegetables for lunch." (why/what/where) | |
6. A) ________ dog is hungry? B) The black dog is hungry, but the white dog isn't hungry. (who/where/which) | |
7. A) ____ did you call last night? B) I called Maria last night. (whom/which/what) | |
8. A) "____ your brother swim in winter ?" B) "No. He doesn't swim in winter. (do/does/is) | |
9. A) "________ is that ?" B) "It costs 3 dollars." (where/how much/how many) | |
10. A) " ___ you thirsty?" B) "Yes, I am. I'd like some tea please." (Are/do/is) |
1. Do you mind __________ here?
A. I sit
B. my sitting
C. my siting
D. I sitting
2. I can hardly imagine Mike __________ across the Atlantic Ocean all by himself.
A. sail
B. to sail
C. sailing
D. sailling
3. I would appreciate __________back this afternoon.
A. you to call
B. you call
C. you're calling
D. your calling
4. No one enjoys __________ in public.
A. to be made fun of
B. making fun of
C. being made fun of
D. to make fun of
5. If you keep _________ in English, your oral English will improve.
A. to talk
B. talking
C. talk
D. having talked
6. Don't you remember _________ before?
A. to see him
B. saw him
C. to have seen him
D. seeing him
7. I don't feel like __________ out for a walk.
A. going
B. to go
C. go
D. to be going
8. Would you mind __________ the window?
A. to close
B. close
C. closing
D. to be closing
9. People couldn't help __________ the funny man.
A. to laugh at
B. laugh at
C. laughing at
D. laughing on
10. This sentence needs __________ .
A. to improve
B. improving
C. improve
D. being improved
V. Choose the correct answer by crossing 1, 2, or 3!
1. I'm not strong I can't lift it
1. I'm too weak to lift it
2. I'm too strong to lift it
3. I'm not strong enough to lift it
2. I'm not rich I can't afford one
I'm not_______________to afford one.
I'm not_______________to afford one.
1. too rich
2. rich enough
3. enough rich
3. I have a low salary. I don't think I can buy it.
I don't earn_________to buy that house
I don't earn_________to buy that house
1. too much money
2. enough money
3. money enough
4. She's over 1'80 metres. She can join the team.
She is_____________to join the team.
She is_____________to join the team.
1. enough tall
2. too tall
3. tall enough
5. I can't go, I'm very tired.
I'm______________
I'm______________
1. tired enough
2. enough tired
3. too tired to go
6. There are plenty of seats. Everybody can watch the slide show.
There are ____________for everybody to watch the slide show.
There are ____________for everybody to watch the slide show.
1. seats enough
2. too many seats
3. enough seats
7. The door is very narrow. The piano won't go in.
The door is___________the piano to go in
The door is___________the piano to go in
1. too narrow for
2. enough narrow for
3. narrow enough for
8. China is one of the largest countries in the world
Actually, it is_______________to see it in a week's holiday
Actually, it is_______________to see it in a week's holiday
1. far enough big
2. far too big
3. a bit too big
9. You will never reach the summit. Don't ever try !
It's______________to reach the summit.
It's______________to reach the summit.
1. not high enough
2. too far and too high
3. far too high for you
10. I didn't like him at all.
He wasn't__________________for me
He wasn't__________________for me
1. to good
2. good enough
3. very good
Kendal, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Drs. SUROYO NIP 196203101987031013 | Guru Mata Pelajaran, HERO SULTONI,SPd, MM NIP. 196112251985091003 |
|
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 KENDAL
Jl. Raya Soekarno Hatta Brangsong (0294)5790761 FAX (0294) 3687377 Kode Pos : 51371 Kendal 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : NKPI
Kelas / Semester : XI / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
B. Kompetensi Dasar
2.2Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi pribadi maupun melalui surat.
C. Indikator
? Pesan (message) yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.
? Pesan (message) yang diterima secara pribadi dicatat dengan benar..
D. Alokasi Waktu : 22 jam pelajaran x 45 menit.
E. Tujuan Pembelajaran
? Siswa bisa mendemonstrasikan percakapan dengan ungkapan expressions dealing with telephone conversations dalam konteks kegiatan sehari-hari dioperagakan dengan benar.
? Siswa bisa mengungkapkan kalimat dengan penggunaan personal pronouns dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Siswa bisa mengumngkapkan kalimat dengan penggunaan reported speech dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Siswa bisa mengumngkapkan kalimat dengan penggunaan adjective clause dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
F. Materi Pembelajaran
1. Telephon Handling- Receiving Calls
2. Personal Pronouns
3. Adjectives Clauses
4. Reported Speech
G. Metode Pembelajaran
? Tanya jawab
? Demonstrasi
H. Langkah – langkah
Pertemuan Pertama :
a. Warming Up
Memotivasi siswa untuk bisa merespons secara sempurna bahan yang disampaikan
Menyampaikan SK, KD, indicator serta tujuan pembelajaran.
Memberi info pentingnya pemahaman dalam mengenai telephone handling.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Siswa berpasangan membaca teladan obrolan perihal telephone handling.
Guru bertanya perihal ungkapan-ungkapan yang ada dalam dialog.
Guru membahas balasan siswa, serta menambahkan ungkapan yang belum diketahui siswa.
c. Penutup
Membuat kesimpulan perihal bahan yang telah dibahas dan diakhiri dengan penugasan.
Pertemuan ke dua :
a. Apersepsi
Guru dan siswa melaksanakan tanya jawab perihal materi-materi yang sudah dibahas.
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat perihal bahan yang sudah pernah dibahas sebelumnya.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Siswa membaca text tentang Personal Pronouns pada pesan pendek.
Guru bertanya perihal ungkapan-ungkapan yang ada Personal Pronouns dan membahas serta menambahkan perihal ungkapan-ungkapan yang belum diketahui oleh siswa.
c. Penutup
Siswa diminta untuk menawarkan teladan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam pesan pendek. Siswa diminta untuk menciptakan kiprah di rumah perihal pesan pendek yang diterima lewat telepon.
Pertemuan ke tiga :
a. Apersepsi
Mereview bahan yang telah dibahas di pertemuan sebelumnya. Guru bertanya dan siswa menjawab perihal bahan tersebut.
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi yang berhubungan Personal Pronouns pada pesan yang diterima secara langsung.
Murid :
Membaca teks perihal pesan yang diterima secara langsung.
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c. Penutup
Guru menawarkan kesimpulan perihal bahan yang telah dibahas dan menawarkan penugasan kepada siswa untuk mencari pesan secara pribadi di internet serta menciptakan pertanyaan dan balasan yang sesuai dengan pesan tersebut.
Pertemuan ke empat :
d. Apersepsi
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat yang sudah di bahas pada pertemuan sebelumnya.
e. Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan info yang terang kepada siswa dan memberikan klarifikasi perihal kalimat yang bekerjasama dengan Reported Speech.
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan kiprah yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
f. Penutup
Siswa mengerjakan latihan-latihan secara tertulis perihal Reported Speech.
I. Media / Sumber Belajar
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
? Bahasa Inggris Sistem 52M
? http://www.bbc.co.uk/skillswise/words/grammar/interestsentences/pronouns/worksheet.shtml
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tugas Individu
Tugas Kelompok
b. Ulangan Harian : Tertulis dan Lisan
c. Bentuk Instrumen : Essay dan pilihan ganda
d. Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 28. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 28 dikalikan 100. Jika siswa mendapat nilai peroleh 20, maka nilainya yaitu (20 / 28) x 100 = 71
e. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil bila tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan kegiatan remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan kegiatan pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
K. Evaluasi :
I. Telephone Conversation
Instructions: Listen to the part of a telephone conversation by listen to your teacher. Then choose the best response for each.
0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kelas Xi Bahasa Inggris Smk N 4 Kendal Aktivitas Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (Nkpi)"