Latest News

Contoh Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabanpart-5 - Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk

Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban Part-5 ialah goresan pena terakhir dari soal-soal B. Indonesia kelas xii semester satu dengan butir soal berbentuk essay/uraian. Tentunya , tidak sama dengan soal UTS b. Indonesia belahan pertama hingga bagian ke-4 (soal nomor 31-40) yg berbentuk pilihan ganda.

( Baca juga: 100 Lebih Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 )

Berikut , soal UTS b. Indonesia dengan kunci balasan dimulai dari soal nomor 41.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

41. Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini , berikan teladan kalimatnya!
Jawaban:
a. Fakta ialah keadaan atau insiden yg merupakan kenyataan. Fakta mengungkapkan sesuatu yg benar-benar terjadi
b. Opini ialah buah piker atau tanggapan seseorang ihwal suatu hal.

42. Jelaskan trik menarik kesimpulan teks dengan pola generalisasi , kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban: generalisasi ialah proses pikiran sehat yg bertolak dari sejumlah fakta atau tanda-tanda khusus yg diamati kemudian ditarik kesimpulan umum ihwal sebagian atau seluruh tanda-tanda yg diamati itu. Makara , generalisasi merupakan pernyataan yg berlaku setrik umum untuk semua atau sebagian besar tanda-tanda yg diamati. Di dalam pengembangan karangan , generalisasi perlu ditunjang dan dibuktikan dengan fakta-fakta , contoh-contoh , data statistic , dan sebagainya yg merupakan spesifikasi atau ciri sebagai klarifikasi lebih lanjut.

Contoh paragrafnya:
Saya melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat jalan-jalan di taman , hal yg sama juga saya lihat orang duduk bersantai sambil membaca koran , bahka dikala keluar ruang dan hingga di trotoar , saya melihat berderek anak sekolah , kawula muda , dan orang remaja semua sedang membaca. Makara , banyak orang yg memanfaatkan waktu untuk membaca.

3. Jelaskan trik menarik kesimpulan teks dengan pola analogi , kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban:  analogi ialah trik bernalar dengan membandingkan dua hal yg mempunyai sifat yg sama. Caranya ini menurut pada sebuah perkiraan bahwa Jika sudah ada persamaan dalam banyak sekali segi , maka bakal ada persamaan pula dalam bidang yg lain.

Contoh paragraf:
Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci mirip kertas putih. Bayi bakal dibuat pribadinya sesuai dengan didikan yg diterimanya mirip kertas sanggup diisi dengan banyak sekali goresan pena sesuai dengan cita-cita pemiliknya. Apabila bayi didiik dengan baik maka bakal mirip kertas yg terisi dengan hal-hal yg bermanfaat bagi siapa pun yg membacanya. Makara , membentuk kepribadian baik seorang anak mirip menulis di kertas putih dengan hal-hal yg bermanfaat.

4. Jelaskan trik menarik kesimpulan teks dengan pola sebab-akibat , kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban: sebab-akibat ialah proses pikiran sehat yg dimulai dengan menggunakan fakta yg berupa alasannya ialah dan hingga pada kesimpulan yg merupakan akibat.
Contoh paragraf:
(1) Sepuluh tahun yg kemudian hutan bakau dibabat habis-habisan. (2) Lahan bekas hutan bakau disulap menjadi tambak-tambak udang windu. (3) Memang , pada waktu itu pengusaha udang windu mendapatkan laba besar lantaran harganya sangat mahal di luar negeri. (4) Bakal tetapi , setelah barang dagangan itu laris di pasaran internasional , para pengusaha kembali ke kota , meninggalkan kerusakan lingkungan. (5) Laut terkontaminasi lantaran hutan bakau yg menyaring limbah yg masuk ke bahari tidak ada lagi. (6) Sekarang , puluhan ribu nelayan sulit menghidupi keluarganya lantaran tak ada ikan ang sanggup ditangkap di tepi pantai.

5. Sebutkan 6 hal yg Musti dikuasai semoga seseorang  mempunyai keterampilan setrik baik dan benar
dalam forum-forum diskusi/seminar!
Jawaban:
a. Penguasaan masalah
b. Penguasaan lafal dan intonasi
c. Pengenalan situasi
d. Keberanian berbitrik
e. Penguasaan Bahasa/kekayaan kosakata dan penyampaiannya.
f. Sering latihan/membiasakan diri

 Lanjut ke soal selanjutnya , yaitu soal-soal bahasa Indonesia semester ganjil kelas xii setelah UTS => Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya Pilihan Ganda (Part-5)
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabanpart-5 - Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews