Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-2 berisikan materi soal ujian nasional yang berbeda , dengan soal UN Ssosiologi penggalan pertama (soal nomor 1-14) , dimana penggalan ke-2 berisikan materi ihwal Kehidupan Sosial , Permasalahan , dan Solusinya , yang berisikan sub pokok bahasan sesuai SKL , yaitu: "Nilai , Norma , Sosial , dan keturunan sosial" serta "Sosialisasi Nilai atau Norma dan Media Sosialisasi".
15. Saat menjamu sahabat yang berkunjung ke rumah , andi menyediakan minuman dan makanan kecil di meja ruang tamu. Halini selalu dilakukan dikala ada tamu yang tiba ke rumah. Berdasarkan daya ikutnya , sikap sosial tersebut termasuk pelaksanaan norma ….
a. trik
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. budpekerti istiadat
e. hukum
Jawaban: B
Pembahasan:
Norma kebiasaan merupakan norma yang sudah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. apabila tidak dilakukan sanksinya yaitu akan menjadi materi omongan oleh masyarakat.
16. Perhatikan perilkau berikut!
(1) Tidak memotong pembitrikan orang lain
(2) Menunaikan ibadah sesuai dengan pedoman agama
(3) Mempersilakan ibu hamil duduk dikala di bus
(4) Selalu menaati peraturan kemudian lintas
(5) Tidak membantah dikala dinasihati orang tua
Perilaku yang terkait dengan norma kesopanan ditunjukan pada nomor ….
a. (1) , (2) , dan (3)
b. (1) , (2) , dan (4)
c. (1) , (3) , dan (5)
d. (2) , (4) , dan (5)
e. (3) , (4) , dan (5)
Jawaban: C
Pembahasan:
Norma kesopanan berkaitan dengan tata kelakuan yang baik dan diperlukan oleh masyarakat alasannya yaitu intinya norma kesopanan bersumber pada tata aturan masyarakat dalam berperilaku.
17. Ani merupakan remaja yang bergaul dengan banyak teman. Namun , ia sering pulang larut malam sehingga ani sering digunjingkan bahkan mendapat teguran dari tetangganya. Perilaku ani telah melanggar norma ….
a. usage
b. folkways
c. mores
d. custom
e. law
Jawaban: E
Pembahasan:
Mores merupakan norma atau aturan-aturan yang menyangkut tata kelakuan individu dalam masyarakat. setiap sikap atau tata kelakuan individu diatur dalam mores. Pelanggaran pada norma ini yaitu berupa cemohan atau teguran dari masyarakat.
18. Saat upatrik bendera seluruh siswa berbaris dengan tertib tanpa ada yang berbitrik. Mereka mengikuti upatrik bendera dengan khidmat. Faktor pembentuk keteraturan tersebut yaitu ….
a. ketertiban
b. keteraturan
c. sosialisasi
d. keajegan
e. kesadaran
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu unsur pembentuk keteraturan sosial yaitu tertib sosial. Siswa yang berperilaku tertib sesuai peraturan sekolah telah membentuk keteraturan di sekolah tersebut.
19. Sebelum memulai pelajaran setiap siswa selalu hormat bendera , menyanyikan lagu Indonesia raya , kemudian berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Untuk terciptanya keteraturan sosial tersebut yaitu …..
a. pola
b. tata tertib
c. order sosial
d. keajegan
e. keteraturan
Jawaban: D
Pembahasan:
Keajegan merupakan keadaan yang memperlihatkan keteraturan yang berlangsung setrik terus menerus.
20. Di sebuah kantor BUMN terpasang tata tertib yang harus dipatuhi oleh karyawan. Setiap pagi karyawan sanggup membaca tata tertib yang terpasang disamping pintu masuk. Oleh alasannya yaitu itu , seluruh karyawan bertindak sesuai dengan tata tertib yang ada. Pembentuk keteraturan dalam pola tersebut yaitu …..
a. pola
b. tertib sosial
c. order sosial
d. keajegan
e. paksaan
Jawaban: C
Pembahasan: order sosial merupakan suatu tata nilai yang diinginkan untuk membentuk keteraturan dan diakui serta ditaati oleh masyarakat. tata tertib yang ada di kantor BUMN merupakan order sosial.
21. Sejak kecil badak selalu diajarkan untuk mencium tangan ayah dan ibunya sebelum dan setelah berpergian. Hingga pada dikala badak cukup umur hal tersebut telah menjadi kebiasaan badak bahkan badak juga selalu menghormati orang yang lebih tua. Contoh tersebut merupakan penggalan dari tujuan sosialisasi , yaitu …..
a. melakukan kewajiban yang harus dilakukan oleh anak
b. mengakibatkan anak patuh pada orang renta dan orang yang lebih tua
c. menjaga kewibawaan keluarga sebagai pembentuk kepribdiaan
d. membuat generasi muda yang selalu menghormati orang tua
e. membentuk kepribadiaan anak sesuai dengan cita-cita orang tua
Jawaban: E
Pembahasan:
Sosialisasi bertujuan menerapkan nilai dan norma pada individu sehingga terbentuk kepribadian sesuai dengan cita-cita orang renta , keluarga , dan masyarakat.
22. Di rumah , Andina merupakan gadis yang berdasarkan kedua orang renta nya mendidik dengan penuh kesabaran. Mereka selalu memperlihatkan pola yang baik kepada andina. Namun , akhir-akhir ini andina mulai bermetamorfosis anak yang dengan gampang berkata-kata bernafsu kepada orang tuanya. Berperilaku andina berubah dikala ia sering bermain dengan sapta , sahabat pria yang gres ia kenal. Perilaku andina tersebut merupakan bentuk sosialisasi …..
a. partisipasif
b. preventif
c. sekunder
d. represif
e. primer
Jawaban: C
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi ada dua macam , yaitu sosialisasi primer yang terjadi dalam forum keluarga dan sosialisasi sekunder , yaitu proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan luar , baik sekolah , masyarakat , lingkungan bermain , maupun lingkungan keluarga.
23. Ketika seorang anak menginjak usia remaja , ia akan mencari sosok figure yang dijadikan panuta. Sosialisasi tersebut membuktikan anak telah bisa mengambil tugas orang lain. Ia pun telah memilih sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu yang mandiri. Hal ini menempatkan sosialisasi anak berada pada tahapan ….
a. play stage
b. game stage
c. significant other
d. preparatory stage
e. generalized other
Jawaban: B
Pembahasan:
Pada tahap game stage seorang anak sudah meninggalkan kebiasaan meniru. Seseorang telah bisa mengambil tugas setrik sadar dan mulai mengenal teman-teman yang lebih banyak.
24. Ketika lulus Sekolah Menengan Atas , yuni mendapat teman-teman gres di Universitas tempatnya menempuh pendidikan kini ini. Karena masuk pada jurusan seni , sikap penampilan yuni menjadi berubah. Sekarang ia gemar mengecat rambut , berpakaian serba unik ibarat yang dilakukan oleh teman-temannya. Agen sosialisasi dari masalah tersebut yaitu ….
a. lingkungan pergaulan
b. keluarga
c. sekolah formal
d. lingkungan kerja
e. media massa
Jawaban: A
Pembahasan:
Agen sosialisasi merupakan pihak-pihak yang berperan dalam sosialisasi seorang individu. Dalam masalah tersebut sikap yuni berubah setelah bergaul dengan teman-teman barunya. Artinya , biro soialisasi yang berperan yaitu lingkungan bergaul atau sahabat sepermainan.
25. semakin maraknya sinetron di televisi ternyata memperlihatkan imbas negative terhadap pemirsanya yang sebagian besar yaitu remaja. Adegan yang menonjolkan sikap hedonis dan kekerasan besar lengan berkuasa terhadap kepribadiaan remaja. Hal yang paling sanggup dilakukan untuk melindungi kepribadiaan remaja berkaitan dengan duduk masalah tersebut sesuai dengan prinsip sosialisasi partisipatif yaitu ….
a. memberlakukan jam berguru bagi siswa sekolah dikala malam hari
b. memperlihatkan bekal keimanan dan ketakwaan kepada remaja
c. menambah kegiatan ekstrakurikuler pada remaja
d. mendampingi para remaja dikala menonton televisi
e. melarang para remaja menonton televisi
Jawaban: D
Pembahasan:
Sosialisasi partisipatif yaitu sosialisasi dengan mempertimbangkan hak-hak dan kemauan sang anak tanpa disertai unsur kekerasan dan paksaan. Hal yang mungkin dilakukan yaitu mendampingi anak. Artinya , remaja diberi kebebasan dengan tetap diberi kode sehingga kepribadiaan mereka tidak gampang terpengaruh hal-hal yang negatif.
26. Fikri seorang remaja yang sering berkata-kata tidak sopan kepada temannya. Tak jarang pula ia memukul temannya apabila merasa tersinggung. Hal ini terjadi alasannya yaitu di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar.
Media atau biro sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadiaan fikri yaitu ….
a. sekolah
b. keluarga
c. media sosial
d. lingkungan kerja
e. kelompok persahabatan
Jawaban: B
Pembahasan:
Hal ini terjadi alasannya yaitu di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar. Kalimat yang sanggup menjadi kata kunci soal yang merujuk pada tanggapan , media yang berperan yaitu keluarga alasannya yaitu fikri merekam kekerasan yang dilakukan kedua orang tuanya.
Lanjut ke soal nomor 27-41 => Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-3 Berbagai Sumber
15. Saat menjamu sahabat yang berkunjung ke rumah , andi menyediakan minuman dan makanan kecil di meja ruang tamu. Halini selalu dilakukan dikala ada tamu yang tiba ke rumah. Berdasarkan daya ikutnya , sikap sosial tersebut termasuk pelaksanaan norma ….
a. trik
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. budpekerti istiadat
e. hukum
Jawaban: B
Pembahasan:
Norma kebiasaan merupakan norma yang sudah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. apabila tidak dilakukan sanksinya yaitu akan menjadi materi omongan oleh masyarakat.
16. Perhatikan perilkau berikut!
(1) Tidak memotong pembitrikan orang lain
(2) Menunaikan ibadah sesuai dengan pedoman agama
(3) Mempersilakan ibu hamil duduk dikala di bus
(4) Selalu menaati peraturan kemudian lintas
(5) Tidak membantah dikala dinasihati orang tua
Perilaku yang terkait dengan norma kesopanan ditunjukan pada nomor ….
a. (1) , (2) , dan (3)
b. (1) , (2) , dan (4)
c. (1) , (3) , dan (5)
d. (2) , (4) , dan (5)
e. (3) , (4) , dan (5)
Jawaban: C
Pembahasan:
Norma kesopanan berkaitan dengan tata kelakuan yang baik dan diperlukan oleh masyarakat alasannya yaitu intinya norma kesopanan bersumber pada tata aturan masyarakat dalam berperilaku.
17. Ani merupakan remaja yang bergaul dengan banyak teman. Namun , ia sering pulang larut malam sehingga ani sering digunjingkan bahkan mendapat teguran dari tetangganya. Perilaku ani telah melanggar norma ….
a. usage
b. folkways
c. mores
d. custom
e. law
Jawaban: E
Pembahasan:
Mores merupakan norma atau aturan-aturan yang menyangkut tata kelakuan individu dalam masyarakat. setiap sikap atau tata kelakuan individu diatur dalam mores. Pelanggaran pada norma ini yaitu berupa cemohan atau teguran dari masyarakat.
18. Saat upatrik bendera seluruh siswa berbaris dengan tertib tanpa ada yang berbitrik. Mereka mengikuti upatrik bendera dengan khidmat. Faktor pembentuk keteraturan tersebut yaitu ….
a. ketertiban
b. keteraturan
c. sosialisasi
d. keajegan
e. kesadaran
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu unsur pembentuk keteraturan sosial yaitu tertib sosial. Siswa yang berperilaku tertib sesuai peraturan sekolah telah membentuk keteraturan di sekolah tersebut.
19. Sebelum memulai pelajaran setiap siswa selalu hormat bendera , menyanyikan lagu Indonesia raya , kemudian berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Untuk terciptanya keteraturan sosial tersebut yaitu …..
a. pola
b. tata tertib
c. order sosial
d. keajegan
e. keteraturan
Jawaban: D
Pembahasan:
Keajegan merupakan keadaan yang memperlihatkan keteraturan yang berlangsung setrik terus menerus.
20. Di sebuah kantor BUMN terpasang tata tertib yang harus dipatuhi oleh karyawan. Setiap pagi karyawan sanggup membaca tata tertib yang terpasang disamping pintu masuk. Oleh alasannya yaitu itu , seluruh karyawan bertindak sesuai dengan tata tertib yang ada. Pembentuk keteraturan dalam pola tersebut yaitu …..
a. pola
b. tertib sosial
c. order sosial
d. keajegan
e. paksaan
Jawaban: C
Pembahasan: order sosial merupakan suatu tata nilai yang diinginkan untuk membentuk keteraturan dan diakui serta ditaati oleh masyarakat. tata tertib yang ada di kantor BUMN merupakan order sosial.
21. Sejak kecil badak selalu diajarkan untuk mencium tangan ayah dan ibunya sebelum dan setelah berpergian. Hingga pada dikala badak cukup umur hal tersebut telah menjadi kebiasaan badak bahkan badak juga selalu menghormati orang yang lebih tua. Contoh tersebut merupakan penggalan dari tujuan sosialisasi , yaitu …..
a. melakukan kewajiban yang harus dilakukan oleh anak
b. mengakibatkan anak patuh pada orang renta dan orang yang lebih tua
c. menjaga kewibawaan keluarga sebagai pembentuk kepribdiaan
d. membuat generasi muda yang selalu menghormati orang tua
e. membentuk kepribadiaan anak sesuai dengan cita-cita orang tua
Jawaban: E
Pembahasan:
Sosialisasi bertujuan menerapkan nilai dan norma pada individu sehingga terbentuk kepribadian sesuai dengan cita-cita orang renta , keluarga , dan masyarakat.
22. Di rumah , Andina merupakan gadis yang berdasarkan kedua orang renta nya mendidik dengan penuh kesabaran. Mereka selalu memperlihatkan pola yang baik kepada andina. Namun , akhir-akhir ini andina mulai bermetamorfosis anak yang dengan gampang berkata-kata bernafsu kepada orang tuanya. Berperilaku andina berubah dikala ia sering bermain dengan sapta , sahabat pria yang gres ia kenal. Perilaku andina tersebut merupakan bentuk sosialisasi …..
a. partisipasif
b. preventif
c. sekunder
d. represif
e. primer
Jawaban: C
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi ada dua macam , yaitu sosialisasi primer yang terjadi dalam forum keluarga dan sosialisasi sekunder , yaitu proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan luar , baik sekolah , masyarakat , lingkungan bermain , maupun lingkungan keluarga.
23. Ketika seorang anak menginjak usia remaja , ia akan mencari sosok figure yang dijadikan panuta. Sosialisasi tersebut membuktikan anak telah bisa mengambil tugas orang lain. Ia pun telah memilih sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu yang mandiri. Hal ini menempatkan sosialisasi anak berada pada tahapan ….
a. play stage
b. game stage
c. significant other
d. preparatory stage
e. generalized other
Jawaban: B
Pembahasan:
Pada tahap game stage seorang anak sudah meninggalkan kebiasaan meniru. Seseorang telah bisa mengambil tugas setrik sadar dan mulai mengenal teman-teman yang lebih banyak.
24. Ketika lulus Sekolah Menengan Atas , yuni mendapat teman-teman gres di Universitas tempatnya menempuh pendidikan kini ini. Karena masuk pada jurusan seni , sikap penampilan yuni menjadi berubah. Sekarang ia gemar mengecat rambut , berpakaian serba unik ibarat yang dilakukan oleh teman-temannya. Agen sosialisasi dari masalah tersebut yaitu ….
a. lingkungan pergaulan
b. keluarga
c. sekolah formal
d. lingkungan kerja
e. media massa
Jawaban: A
Pembahasan:
Agen sosialisasi merupakan pihak-pihak yang berperan dalam sosialisasi seorang individu. Dalam masalah tersebut sikap yuni berubah setelah bergaul dengan teman-teman barunya. Artinya , biro soialisasi yang berperan yaitu lingkungan bergaul atau sahabat sepermainan.
25. semakin maraknya sinetron di televisi ternyata memperlihatkan imbas negative terhadap pemirsanya yang sebagian besar yaitu remaja. Adegan yang menonjolkan sikap hedonis dan kekerasan besar lengan berkuasa terhadap kepribadiaan remaja. Hal yang paling sanggup dilakukan untuk melindungi kepribadiaan remaja berkaitan dengan duduk masalah tersebut sesuai dengan prinsip sosialisasi partisipatif yaitu ….
a. memberlakukan jam berguru bagi siswa sekolah dikala malam hari
b. memperlihatkan bekal keimanan dan ketakwaan kepada remaja
c. menambah kegiatan ekstrakurikuler pada remaja
d. mendampingi para remaja dikala menonton televisi
e. melarang para remaja menonton televisi
Jawaban: D
Pembahasan:
Sosialisasi partisipatif yaitu sosialisasi dengan mempertimbangkan hak-hak dan kemauan sang anak tanpa disertai unsur kekerasan dan paksaan. Hal yang mungkin dilakukan yaitu mendampingi anak. Artinya , remaja diberi kebebasan dengan tetap diberi kode sehingga kepribadiaan mereka tidak gampang terpengaruh hal-hal yang negatif.
26. Fikri seorang remaja yang sering berkata-kata tidak sopan kepada temannya. Tak jarang pula ia memukul temannya apabila merasa tersinggung. Hal ini terjadi alasannya yaitu di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar.
Media atau biro sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadiaan fikri yaitu ….
a. sekolah
b. keluarga
c. media sosial
d. lingkungan kerja
e. kelompok persahabatan
Jawaban: B
Pembahasan:
Hal ini terjadi alasannya yaitu di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar. Kalimat yang sanggup menjadi kata kunci soal yang merujuk pada tanggapan , media yang berperan yaitu keluarga alasannya yaitu fikri merekam kekerasan yang dilakukan kedua orang tuanya.
Lanjut ke soal nomor 27-41 => Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-3 Berbagai Sumber
0 Response to "Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasanpart-2 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"