Pada contoh soal pendagogik UKG 2015 dan Jawaban (Bag.2) telah ditulis soal berikut jawabannya , kali ini merupakan lanjutan soal pendagogik UKG 2015 , sengaja rujukan soal ukg saya bagi-bagi , supaya tidak terlalu usang rekan Guru menscroll ke bawah. Oke berikut soal pendagogik berikutnya , dilengkapi tanggapan pastinya.
1. Guru membentuk kelompok-kelompok berguru dan memperlihatkan kiprah kepada tiap kelompok. Setiap angota dari suatu kelompok mempunyai kiprah dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak sanggup diselesaikan. Karakteristik dari taktik pembelajaran tersebut adalah....
a. kiprah kelompok
b. diskusi kelompok kecil
c. pengajaran pribadi (direct teaching).
d. berguru kooperatif (cooperatif learningi).
jawaban: d
2. Pada fase pertama guru menggarisbawahi bab yang penting dengan membuat daftar fase kedua membuat hubungan bahan gres dengan kata-kata , gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan dengan trik-trik yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir yaitu latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah....
a. pengemas awal
b. memorasi
c. pencapaian konsep
d. berpikir induktif
jawaban: c
3. Pembelajaran dengan menyediakan contoh-contoh yang memperlihatkan kesamaan-kesamaan atau perbedaan-perbedaaan supaya siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut sanggup menemukan sendiri atau diberitahu oleh guru ihwal setiap unsur dari rujukan tersebut. Kemudian siswa merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis ihwal memaknai rujukan tersebut dan setiap rujukan itu akan menyajikan informasi ihwal karakteristik dan nilai atributnya. Model/strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. berpikir induktif
b. berpikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: a
4. Individu bekerja sama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan membuatkan trik-trik demokratis untuk menghadapi situasi tertentu. Ini semua merupakan ciri dari model/strategi pembelajaran....
a. bermain peran
b. pemeriksaan kelompok
d. latihan laboratorium
d. penelitian yurisprudensial
jawaban: b
5. Salah satu model pembelajaran yang merupakan model pengolahan informasi adalah....
a. bermain peran
b. pemecahan masalah
c. memorasi (mengingat)
d. berfikir deduktif
jawaban: d
6. Kita memilih kategori dan membentuk sesuatu yang dengan niscaya memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yagn kasatmata menurut karakteristik umum , serta mengurangi kerumitan kodisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model....
a. berpikir induktif
b. berfikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: b
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Siswa dikondisikan harus mendapatkan informasi kompleks dan menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan mendapatkan pengetahuan
3. Guru memfasilitasi mengakibatkan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa menerapkan taktik berguru yang disarankan
Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori berguru konstrukvistik adalah....
a. 1 , 2 , dan 3
b. 1 , 2 , dan 4
c. 2 , 3 , dan 4
d. 2 dan 3
jawaban: c
8. Deni yaitu seorang siswa berprestasi sehingga menerima penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA , bahan pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil supaya siswa hanya perlu memperlihatkan suatu respon tertentu saja , respon yang ada diberi umpan balik supaya siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori belajar....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: c
9. Guru melaksanakan pembelajaran dengan memperlihatkan kebebasan yang luas kepada siswa untuk memilih apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber berguru yang tersedia atau sanggup disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar.....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: b
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (simulus) dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman berguru mandiri
4. Siswa memilih sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori berguru tingkah laris (behavioristik) adalah....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a Berbagai Sumber
1. Guru membentuk kelompok-kelompok berguru dan memperlihatkan kiprah kepada tiap kelompok. Setiap angota dari suatu kelompok mempunyai kiprah dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak sanggup diselesaikan. Karakteristik dari taktik pembelajaran tersebut adalah....
a. kiprah kelompok
b. diskusi kelompok kecil
c. pengajaran pribadi (direct teaching).
d. berguru kooperatif (cooperatif learningi).
jawaban: d
2. Pada fase pertama guru menggarisbawahi bab yang penting dengan membuat daftar fase kedua membuat hubungan bahan gres dengan kata-kata , gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan dengan trik-trik yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir yaitu latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah....
a. pengemas awal
b. memorasi
c. pencapaian konsep
d. berpikir induktif
jawaban: c
3. Pembelajaran dengan menyediakan contoh-contoh yang memperlihatkan kesamaan-kesamaan atau perbedaan-perbedaaan supaya siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut sanggup menemukan sendiri atau diberitahu oleh guru ihwal setiap unsur dari rujukan tersebut. Kemudian siswa merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis ihwal memaknai rujukan tersebut dan setiap rujukan itu akan menyajikan informasi ihwal karakteristik dan nilai atributnya. Model/strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. berpikir induktif
b. berpikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: a
4. Individu bekerja sama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan membuatkan trik-trik demokratis untuk menghadapi situasi tertentu. Ini semua merupakan ciri dari model/strategi pembelajaran....
a. bermain peran
b. pemeriksaan kelompok
d. latihan laboratorium
d. penelitian yurisprudensial
jawaban: b
5. Salah satu model pembelajaran yang merupakan model pengolahan informasi adalah....
a. bermain peran
b. pemecahan masalah
c. memorasi (mengingat)
d. berfikir deduktif
jawaban: d
6. Kita memilih kategori dan membentuk sesuatu yang dengan niscaya memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yagn kasatmata menurut karakteristik umum , serta mengurangi kerumitan kodisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model....
a. berpikir induktif
b. berfikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: b
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Siswa dikondisikan harus mendapatkan informasi kompleks dan menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan mendapatkan pengetahuan
3. Guru memfasilitasi mengakibatkan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa menerapkan taktik berguru yang disarankan
Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori berguru konstrukvistik adalah....
a. 1 , 2 , dan 3
b. 1 , 2 , dan 4
c. 2 , 3 , dan 4
d. 2 dan 3
jawaban: c
8. Deni yaitu seorang siswa berprestasi sehingga menerima penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA , bahan pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil supaya siswa hanya perlu memperlihatkan suatu respon tertentu saja , respon yang ada diberi umpan balik supaya siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori belajar....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: c
9. Guru melaksanakan pembelajaran dengan memperlihatkan kebebasan yang luas kepada siswa untuk memilih apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber berguru yang tersedia atau sanggup disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar.....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: b
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (simulus) dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman berguru mandiri
4. Siswa memilih sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori berguru tingkah laris (behavioristik) adalah....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a Berbagai Sumber
0 Response to "Contoh Soal Pendagogik Ukg Terbaru Dan Balasan (Bag. 3) -Lulusujiansemua.Blogspot.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"