Cara Mengatasi Trafik Blog Turun Akibat Algoritma ccTLD Google Terbaru - Akhirnya Google memperbaharui algoritma terbaru pada final bulan Oktober 2017 lalu. Secara terus menerus Google akan meningkatkan kualitas pencarian guna mendapat pengalaman pengguna yang lebih baik. Kali ini mereka update mengenai major algoritma ccTLD. Google selalu rutin update algoritmanya dengan melaksanakan banyak perubahan yang tentunya menuju ke arfah yang lebih baik biar orang yang akan mencari sesuatu di pencarian google mendapat hasil yang benar-benar relevan. Untuk itu perlu ada upaya dari google biar menunjukkan hasil perayapan yang dibutuhkan.
Kenapa Google mengupdate mengenai algoritma ccTLD?
Sebelum Saya jawab, alangkah baiknya Kita perlu mengetahui apa itu domain ccTLD, yaitu Country Code Top Level Domain yang disetiap negara berbeda-beda. Contohnya di Indonesia memakai co.id, web.id, net.id atau di Inggris memakai co.uk, web.uk dan lainnya sesuai dengan instruksi negara masing-masing. Meskipun cakupan domain ccTLD tidak seluas TLD, tetapi dengan memakai domain jenis ini akan menfokuskan penargetan.
Untuk itu kenapa Google mengubah algoritma terbarunya dengan pergeseran peringkat pencarian internasional khususnya web atau blog yang memakai domain ccTLD yang berakibat pada penurunan peringkat pada search engine google.com dan penurunan trafik yang sanggup dibilang besar. Karena Google ingin hasil relevan pada mesin pencari dengan penargetan sesuai negara dan bahasa. Tetapi dampak lain yaitu domain ccTLD akan menjadi prioritas utama google pada pencarian lokal.
Intinya efek dari algoritma google ini yaitu perubahan peringkat search engine cakupan global. Sehingga web atau blog dengan domain lokal tidak perkasa lagi di pencarian internasional meskipun isi di dalamnya memakai bahasa inggris alasannya ialah dikhususkan untuk penargetan lokal sehingga hasil yang didapat dibutuhkan lebih relevan.
Google menginginkan hasil pencarian yang relevan untuk itu buatlah penargetan negara mana yang ingin dituju, kemudian gunakan bahasa yang sesuai dan lokasi yang tepat. Misalnya web Saya www.asuransi.id yang berisi mengenai hal asuransi di Indonesia maka penargetanya negara Indonesia dengan bahasa yang dipakai dan set lokasi Indonesia. Ini tidak dikhususkan untuk domain tertentu saja, dibutuhkan semua domain menciptakan penargetan biar hasil yang dicari relevan dengan apa yang ingin dicari. Apalagi yang memakai webnya untuk branding dan bisnis, tentunya akan menciptakan jadinya lebih tertarget sehingga sanggup meraih lebih banyak klien.
Sebenarnya di dalam webmaster tool pun sudah disediakan pilihan penargetan internasional, namun kebanyakan dari Kita meremehkan hal tersebut atau bahkan tidak tahu, untuk itu ubahlah penargetan di webmaster toolmu.
Untuk itu kenapa Google mengubah algoritma terbarunya dengan pergeseran peringkat pencarian internasional khususnya web atau blog yang memakai domain ccTLD yang berakibat pada penurunan peringkat pada search engine google.com dan penurunan trafik yang sanggup dibilang besar. Karena Google ingin hasil relevan pada mesin pencari dengan penargetan sesuai negara dan bahasa. Tetapi dampak lain yaitu domain ccTLD akan menjadi prioritas utama google pada pencarian lokal.
Intinya efek dari algoritma google ini yaitu perubahan peringkat search engine cakupan global. Sehingga web atau blog dengan domain lokal tidak perkasa lagi di pencarian internasional meskipun isi di dalamnya memakai bahasa inggris alasannya ialah dikhususkan untuk penargetan lokal sehingga hasil yang didapat dibutuhkan lebih relevan.
Lalu bagaimana mengatasi dampak dari algoritma ccTLD yang menjadikan penurunan trafik?
Google menginginkan hasil pencarian yang relevan untuk itu buatlah penargetan negara mana yang ingin dituju, kemudian gunakan bahasa yang sesuai dan lokasi yang tepat. Misalnya web Saya www.asuransi.id yang berisi mengenai hal asuransi di Indonesia maka penargetanya negara Indonesia dengan bahasa yang dipakai dan set lokasi Indonesia. Ini tidak dikhususkan untuk domain tertentu saja, dibutuhkan semua domain menciptakan penargetan biar hasil yang dicari relevan dengan apa yang ingin dicari. Apalagi yang memakai webnya untuk branding dan bisnis, tentunya akan menciptakan jadinya lebih tertarget sehingga sanggup meraih lebih banyak klien.
Sebenarnya di dalam webmaster tool pun sudah disediakan pilihan penargetan internasional, namun kebanyakan dari Kita meremehkan hal tersebut atau bahkan tidak tahu, untuk itu ubahlah penargetan di webmaster toolmu.
Setelah itu Kamu juga sanggup menambahkan meta content yang SEO Friendly, biasanya template yang SEO menyerupai buatan Arlina Design sudah terpasang meta tag menyerupai ini. Berikut kodenya dipasang di bawah instruksi <head>
<meta content='id_ID' property='og:locale:alternate'/> <meta content='Indonesia' name='geo.placename'/> <meta content='id' name='geo.country'/>
Selanjutnya menambahkan fungsi tag hreflang pada template untuk memilih bahasa yang digunakan, misal Kita pilih bahasa Indonesia, berikut kodenya dipasang di bawah <head>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-ID' rel='alternate'/>
Begitulah kira-kira bagaimana cara mengatasi dan mengantisipasi penurunan trafik akhir algortima ccTLD google terbaru ini, dengan demikian, blog Kamu sudah diseting sesuai tawaran dan hukum google terbaru untuk mendapat hasil pencarian yang maksimal dan relevans.
Reverensi artikel dari Omblogging
Sumber berita: Google Major Algorithm Updates so far
photo by: vecteezy
edited by: rekblogging
0 Response to "Cara Mengatasi Trafik Blog Turun Akhir Algoritma Cctld Google Terbaru"