Formulir atau Form Online ialah sebuah tampilan halaman web berupa akomodasi input yang sanggup dipakai untuk memudahkan pengguna dalam menginput atau memasukan data tertentu untuk dikelola dan diproses semoga menghasilkan output yang diingin.
Dulu sebelum adanya google form menciptakan formulir online barangkali tidaklah mudah, setidaknya anda harus memahami script HTML dan mungkin saja hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup membuatnya, namun sehabis kehadiran google form, menciptakan formulir sanggup dilakukan dengan sangat gampang sekali, hanya dengan klik sana, klik sini kemudian ketik, tampilan sebuah halaman form sudah sanggup dibentuk dengan sangat cepat tanpa harus melibatkan script atau bahasa pemrograman sama sekali.
Google memang sangat luar biasa, alasannya ialah hampir semua yang diharapkan oleh pengguna didunia online semuanya sudah disediakan oleh google dan hampir semuanya gratis, salah satu yang keberadaannya benar-benar sangat bermanfaat ialah kehadiran google form sebagai sebuah tool online yang sanggup memfasilitasi pengguna untuk memudahkan menciptakan formulir online secara gratis sekaligus mengelola data input untuk diproses lebih lanjut.
Jika pengunjung ingin menghubungi si empunya blog mereka sanggup memakai akomodasi form contact us yang sengaja disediakan di halaman contact us blog tersebut. mengisinya kemudian mengirimkannya.
Data yang dimasukan oleh pengunjung blog akan tersimpan dan akan diketahui oleh si empunya blog baik itu melalui email notifikasi yang diintegrasikan atau di baca secara manual.
Banyak sekali tool online untuk menciptakan contact form ini, dan ternyata google fom sanggup kita gunakan untuk menciptakan formulir contact us kemudian diletakan pada halaman blog yang bersangkutan.
Dengan google form setiap data yang masuk tersimpan dalam format menyerupai microsoft excel, sanggup di download, kemudian dibuaka secara offline memakai ms excel sehingga akan lebih gampang untuk mengelolanya.
Ini yang pernah saya buat sebelumnya, pada salah satu situs online saya, kebetulan saya membangun situs toko online memakai blog berflatform blogspot dan untuk keranjang belanja memakai Frame work simple cart, satu yang menjadi problem adalah, ternyata simple cart hanya menyediakan akomodasi Cehckout yang terintegrasi dengan Paypal, dan sangat sulit sekali jikalau kita menginginkan checkout dengan notifikasi ke email, namun dengan google form hasilnya permasalahan tersebut sanggup teratasi, sehingga ketika pengunjung melaksanakan belanja dan checkout kemudian mengisi data order memakai formulir order, maka data akan tersimpan, kemudian si pemilik blog dan juga pembeli mendapatkan notifikasi order via email yang dikelola oleh google form.
Demo anda sanggup lihat di salah satu situs online saya.
Membuat formulir online dengan google form tidak lah terlalu sulit, syarat utamnya ialah anda harus mempunyai email google.
Melalui Artikel kali ini kita akan coba bahas bagaimana menciptakan sebuah formulir sederhana dengan google form.
Anda akan menuju editor form dan akan disajikan akomodasi untuk menciptakan form menyerupai gambar dibawah ini:
Langkah #1
pertama Membuat Judul Form, Deskripsi dan Input Nama
Masukan Judul untuk Form anda, kemudaian Deskripsi form anda dan juga buatlah komponen input untuk nama menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:
No 1 Klik dan masukan Judul Form anda misal "CONTACT FORM".
No. 2, Klik dan Masukan Deskripsi Form Anda, misal "Input Formulir dibawah ini untuk menghubungi saya"
No. 3, Masukan Label Misal Nama Anda,
No. 4, Pilih komponen text untuk memasukan Nama,
No. 5, Centang Requered Question, Tujuannya ialah Input Untuk Nama dilarang dikosongkan.
No 6, Tekan tombol Done, jikalau pengaturan sudah selseai dibuat.
Langkah #2
Buat Juga Komponen input untuk Mengisi Email.
Untuk menciptakan Komponen input untuk Email, silahkan Klik Tombol Add Item letaknya di sudut bawah sebelah kiri, pilih text, kemudian lakukan pengaturan menyerupai dibawah ini:
Keterangan:
Question Title, Silahkan Masukan Email
Question Type, Pilih Text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Regular Expresion, kemudian Pilih Matches, kemudian masukan regular Ekpression dibawah ini:
ada banyak tersedia regular expression untuk email dari yang sederhana hingga yang lengkap, anda sanggup cari dan pilih di internet, salah satunya menyerupai teladan diatas.
Jika sudah selesai silahkan tekan Tombol Done.
Langkah #3
Membuat Komponen input untuk Pesan
Silahkan tekan lagi tombol Add Item di sudut bawah Sebelah kiri, kemudian pilih Paragraph Text Seperti tampilan gambar dibawah ini:
Pada Tampilan Paragrap text, kemudian atur sepert gambar dibawah ini:
Keterangan:
Question Title, Silahkan Masukan Pesan Anda
Question Type, Pilih Paragraph text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Maximum Character Count, kemudian masukan 140, kemudian Masukan juga goresan pena "Pesan dilarang lebih dari 140 karakter,
Ini tujuannya ialah membatasi pesan semoga tidak lebih dari 140 karakter, jikalau lebih maka akan ditampilan pesan "Pesan dilarang lebih dari 140 karakter" silahkan Anda sesuaikan sesuai keinginan.
Jika Sudah tekan tombol Done untuk Mengakhiri.
Langkah #4
Setting Pengaturan Sebelum di publish
Tampilan sehabis Semuan Komponen yang diharapkan sudah dibentuk akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:
# No 1, Form Setting, terdiri dari:
# No 2, Confirmation Page, atau Halaman Konfirmasi
Halaman konfirmasi ialah halaman yang muncul setiap kali input selesai di simpan, tampilannya sanggup diadaptasi dan diatur dengan pilihan-pilihan yang tersedia sebagai berikut:
Lagkah #5
Selesaikan Membuat Form untuk mendapatkan link share, silahkan tekan tombol Send Form, akan menuju tampilan menyerupai gambar dibawah ini:
Jika anda menginginkan Form ingin disebar contohnya di facebook dan sosial media lainnya, maka silahkan copy link untuk share kemudian tekan Tombol Done,
Akan muncul tampilan Seperti gambar dibawah ini:
Fasilitas ini membantu mengembangkan spreadsheet sebagai media untuk menyimpan data, data yang diinpun melalui form akan tersimpan di spreadsheet yang kita buat.
Silahkan pilih new Spreadsheet, kemudian masukan nama spreadsheet data, misal Data Respondes, kemudian silahkan ceklis Always create a new Spreadsheet. dan tekan tombol create.
atau pada tampilan editor form, silahkan anda klik send form, kemudian kopikan link share menyerupai pada langkah #5 diatas.
kemudian pada browser anda, silahkan anda paste link tersebut pada address kafe browser anda kemudian tekan enter.
Untuk melihat formulir yang sudah saya buat, anda sanggup klik link ini.
Tampilannya kurang lebih menyerupai gambar dibawah ini:
Demikian artikel tentang Panduan Membuat Formulir Online dengan Google Form : Lengkap, semoga bermanfaat.
Dulu sebelum adanya google form menciptakan formulir online barangkali tidaklah mudah, setidaknya anda harus memahami script HTML dan mungkin saja hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup membuatnya, namun sehabis kehadiran google form, menciptakan formulir sanggup dilakukan dengan sangat gampang sekali, hanya dengan klik sana, klik sini kemudian ketik, tampilan sebuah halaman form sudah sanggup dibentuk dengan sangat cepat tanpa harus melibatkan script atau bahasa pemrograman sama sekali.
Google memang sangat luar biasa, alasannya ialah hampir semua yang diharapkan oleh pengguna didunia online semuanya sudah disediakan oleh google dan hampir semuanya gratis, salah satu yang keberadaannya benar-benar sangat bermanfaat ialah kehadiran google form sebagai sebuah tool online yang sanggup memfasilitasi pengguna untuk memudahkan menciptakan formulir online secara gratis sekaligus mengelola data input untuk diproses lebih lanjut.
Apa Saja Yang sanggup Kita buat dengan Google Form
Banyak sekali manfaat dari google form ini, salah satunya ialah menciptakan sebuah tampilan input dan memelihara data hasil inputnya untuk diproses lebih lanjut, berikut beberapa hal yang sanggup kita buat dengan google form:a. Membuat Form Contact Us untuk halaman contact Us Blog.
Kebanyakan blog ketika ini selalu menyediakan halaman contact us, halaman ini gunanya untuk memfasilitas pengunjung blog semoga sanggup dengan gampang menghubungi pemilik blog, memberikan masukan, kritik atau pertanyaan.Jika pengunjung ingin menghubungi si empunya blog mereka sanggup memakai akomodasi form contact us yang sengaja disediakan di halaman contact us blog tersebut. mengisinya kemudian mengirimkannya.
Data yang dimasukan oleh pengunjung blog akan tersimpan dan akan diketahui oleh si empunya blog baik itu melalui email notifikasi yang diintegrasikan atau di baca secara manual.
Banyak sekali tool online untuk menciptakan contact form ini, dan ternyata google fom sanggup kita gunakan untuk menciptakan formulir contact us kemudian diletakan pada halaman blog yang bersangkutan.
b. Membuat Formulir pendaftaran / Registrasi Online
Untuk, bidang akademisi mungkin kehadiran google form ini sanggup dipakai untuk menciptakan formulir pendaftaran online, daripada harus mendata calon siswa gres satu persatu secara manual, alangkah baiknya menciptakan sebuah formulir khusus yang sanggup mendapatkan masukan data calon siswa baru, kemudian di share di media umum atau di tempel di halaman oficial website sekolah, sehingga memperlihatkan kesempatan kepada calon siswa gres untuk daftar secara online.Dengan google form setiap data yang masuk tersimpan dalam format menyerupai microsoft excel, sanggup di download, kemudian dibuaka secara offline memakai ms excel sehingga akan lebih gampang untuk mengelolanya.
c. Membuat Formulir Order Untuk Toko Onlie
Untuk Situs ECommerce keberadaan google form sanggup kta gunakan untuk menciptakan sebuah formulir khusus yang sanggup dipakai untuk order barang.Ini yang pernah saya buat sebelumnya, pada salah satu situs online saya, kebetulan saya membangun situs toko online memakai blog berflatform blogspot dan untuk keranjang belanja memakai Frame work simple cart, satu yang menjadi problem adalah, ternyata simple cart hanya menyediakan akomodasi Cehckout yang terintegrasi dengan Paypal, dan sangat sulit sekali jikalau kita menginginkan checkout dengan notifikasi ke email, namun dengan google form hasilnya permasalahan tersebut sanggup teratasi, sehingga ketika pengunjung melaksanakan belanja dan checkout kemudian mengisi data order memakai formulir order, maka data akan tersimpan, kemudian si pemilik blog dan juga pembeli mendapatkan notifikasi order via email yang dikelola oleh google form.
Demo anda sanggup lihat di salah satu situs online saya.
d. Dan form-form lainnya.
Sebenarnya masih banyak lagi yang sanggup dibentuk memakai google form menyerupai quisioner dan formulir lainnya.Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form
Lantas bagaimanakan cara menciptakan sebuah formulir berbasis web dengan google form ?Membuat formulir online dengan google form tidak lah terlalu sulit, syarat utamnya ialah anda harus mempunyai email google.
Melalui Artikel kali ini kita akan coba bahas bagaimana menciptakan sebuah formulir sederhana dengan google form.
a. Akses halaman google drive anda
Silahkan kanal halaman google drive anda (drive.google.com), kemudian login dengan memakai email dan password gmail anda, tidak usah registrasi, alasannya ialah dengan satu email google, semua produk google sanggup kita gunakan tanpa harus melaksanakan pendaftaran lagi.b. Aktifkan Google Forms
Untuk mengaktifkan halaman google forms, pada halaman utama google drive, tekan tombol New warna merah kemudian pilih Menu terlihat menyerupai gambar dibawah ini:Anda akan menuju editor form dan akan disajikan akomodasi untuk menciptakan form menyerupai gambar dibawah ini:
c.Buat Form Anda Sesuai dengan tampilan yang diinginkan
Untuk Contoh Kasus kita akan coba menciptakan formulir Contact Us Sederhana yang terdiri dari input Nama, Email dan Pesan, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:Langkah #1
pertama Membuat Judul Form, Deskripsi dan Input Nama
Masukan Judul untuk Form anda, kemudaian Deskripsi form anda dan juga buatlah komponen input untuk nama menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:
No 1 Klik dan masukan Judul Form anda misal "CONTACT FORM".
No. 2, Klik dan Masukan Deskripsi Form Anda, misal "Input Formulir dibawah ini untuk menghubungi saya"
No. 3, Masukan Label Misal Nama Anda,
No. 4, Pilih komponen text untuk memasukan Nama,
No. 5, Centang Requered Question, Tujuannya ialah Input Untuk Nama dilarang dikosongkan.
No 6, Tekan tombol Done, jikalau pengaturan sudah selseai dibuat.
Langkah #2
Buat Juga Komponen input untuk Mengisi Email.
Untuk menciptakan Komponen input untuk Email, silahkan Klik Tombol Add Item letaknya di sudut bawah sebelah kiri, pilih text, kemudian lakukan pengaturan menyerupai dibawah ini:
Keterangan:
Question Title, Silahkan Masukan Email
Question Type, Pilih Text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Regular Expresion, kemudian Pilih Matches, kemudian masukan regular Ekpression dibawah ini:
^([a-zA-Z0-9_\-\.]+)@((\[[0-9]{1,3}\.[0-9]{1,3}\.[0-9]{1,3}\.)|(([a-zA-Z0-9\-]+\.)+))([a-zA-Z]{2,4}|[0-9]{1,3})(\]?)$Regular expression fungsinya ialah membatasi semoga data email yang sanggup dimasukan hanya data sesuai dengan format email (harus mengandung @ dan .), jikalau format email yang dimasukan salah maka tidak sanggup diterima.
ada banyak tersedia regular expression untuk email dari yang sederhana hingga yang lengkap, anda sanggup cari dan pilih di internet, salah satunya menyerupai teladan diatas.
Jika sudah selesai silahkan tekan Tombol Done.
Langkah #3
Membuat Komponen input untuk Pesan
Silahkan tekan lagi tombol Add Item di sudut bawah Sebelah kiri, kemudian pilih Paragraph Text Seperti tampilan gambar dibawah ini:
Pada Tampilan Paragrap text, kemudian atur sepert gambar dibawah ini:
Keterangan:
Question Title, Silahkan Masukan Pesan Anda
Question Type, Pilih Paragraph text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Maximum Character Count, kemudian masukan 140, kemudian Masukan juga goresan pena "Pesan dilarang lebih dari 140 karakter,
Ini tujuannya ialah membatasi pesan semoga tidak lebih dari 140 karakter, jikalau lebih maka akan ditampilan pesan "Pesan dilarang lebih dari 140 karakter" silahkan Anda sesuaikan sesuai keinginan.
Jika Sudah tekan tombol Done untuk Mengakhiri.
Langkah #4
Setting Pengaturan Sebelum di publish
Tampilan sehabis Semuan Komponen yang diharapkan sudah dibentuk akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:
# No 1, Form Setting, terdiri dari:
- Show progress kafe at the bottom of form pages, ceklis untuk menampilkan progress kafe dibawah form.
- Shuffle question order, Jika di ceklis, susunan urutan input akan berbeda setiap kali halaman ditampil.
- Only allow one response per person (requires login), Jika diceklis berarti hanya mengizinkan satu orang hanya boleh 1 kali nginput, dan harus login
# No 2, Confirmation Page, atau Halaman Konfirmasi
Halaman konfirmasi ialah halaman yang muncul setiap kali input selesai di simpan, tampilannya sanggup diadaptasi dan diatur dengan pilihan-pilihan yang tersedia sebagai berikut:
- Pesan Konfirmasi, misal sanggup diisi " Terima kasih Pesan Anda sudah berhasil disimpan"
- Show link to submit another response, jikalau di ceklis maka akan muncul link untuk kembali ke halaman formulir input.
- Publish and show a public link to form results, Jika di ceklis berarti kita mengizinkan Forulir Input sanggup diakses secara publik, anda sanggup share link formulir di media sosial, sehingga setiap orang sanggup mengakses dan menjadi responder untuk ikut memasukan data.
- Allow responders to edit responses after submitting, Mengijinkan rsponder untuk mengedit data yang sudah mereka input.
Lagkah #5
Selesaikan Membuat Form untuk mendapatkan link share, silahkan tekan tombol Send Form, akan menuju tampilan menyerupai gambar dibawah ini:
Jika anda menginginkan Form ingin disebar contohnya di facebook dan sosial media lainnya, maka silahkan copy link untuk share kemudian tekan Tombol Done,
Akan muncul tampilan Seperti gambar dibawah ini:
Fasilitas ini membantu mengembangkan spreadsheet sebagai media untuk menyimpan data, data yang diinpun melalui form akan tersimpan di spreadsheet yang kita buat.
Silahkan pilih new Spreadsheet, kemudian masukan nama spreadsheet data, misal Data Respondes, kemudian silahkan ceklis Always create a new Spreadsheet. dan tekan tombol create.
Cara Melihat Hasilnya
Untuk melihat hasilnya anda sanggup copykan kemudian kanal link untuk share menyerupai pada langkah #5 diatas,atau pada tampilan editor form, silahkan anda klik send form, kemudian kopikan link share menyerupai pada langkah #5 diatas.
kemudian pada browser anda, silahkan anda paste link tersebut pada address kafe browser anda kemudian tekan enter.
Untuk melihat formulir yang sudah saya buat, anda sanggup klik link ini.
Tampilannya kurang lebih menyerupai gambar dibawah ini:
Demikian artikel tentang Panduan Membuat Formulir Online dengan Google Form : Lengkap, semoga bermanfaat.
0 Response to "Panduan Menciptakan Formulir Online Dengan Google Form : Lengkap"