Latest News

Cara Melacak Dan Mengetahui Ip Address Komputer Pc Dalam Jaringan

IP address ialah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk dipakai supaya komputer sanggup terhubung ke jaringan, ip address mempunyai kelas yang yang sanggup memilih jumlah jaringan dan jumlah host atau jumlah computer yang terhubung ke jaringan, kelas yang paling banyak dipakai ialah kelas A, B dan kelas C, kelas A mempunyai jumlah jaringan sedikit namun jumlah host (komputer yang terhubung kejaringan) paling banyak, diikuti oleh kelas B dan terakhir kelas C.

IP address yang paling banyak dipakai pada jaringan local ibarat untuk area perkantoran, sekolah atau instansi dalam satu lokasi biasanya ialah kelas C, alasannya ialah komputer yang sanggup terhubung ke jaringan menggunakan kelas C jumlahnya paling sedikit sehingga lebih efektif dipakai untuk jaringan lokal. Oh ya, disini saya tidak akan membahas setrik panjang lebar mengenai pembahasan kelas ip address ini, yang akan saya bahas disini ialah wacana bagaimana trik mengetahui ip address komputer seseorang yang terhubung ke jaringan.

IP address ialah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk digu Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer PC dalam jaringan
Ip address, image from:ipaddressdefinition.com

Adakalanya IP address pada sebuah komputer baik komputer sendiri maupun komputer orang lain yang terhubung pada sebuah jaringan ingin dilacak dan diketahui apapun tujuannya, tapi biasanya untuk keperluan manajemen jaringan ibarat memblok IP address tertentu, membatasi bandwith jaringan dll, apapun tujuannya bahu-membahu untuk mengetahui ip address komputer itu sangatlah gampang sekali tapi sayangnya alasannya ialah kurang mengetahui ilmu jaringan dan jarang sekali dipakai kebanyakan tidak tau triknya atau lupa triknya.

Di artikel kali ini saya akan coba share bagaimana trik mengetahui ip address pada sebuah komputer baik milik sendiri atau milik orang lain yang terhubung ke jaringan sehingga anda sanggup menggunakannya untuk kepentingan tertentu.

Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer dalam jaringan

Untuk mengetahui ip address komputer orang lain maupun komputer sendiri yang terhubung ke jaringan sanggup menggunakan tool khusus atau juga sanggup menggunakan command prompt (CMD) yang sudah disediakan oleh system operasi window, namun yang paling gampang tentu saja menggunakan dukungan software khusus, ada berbagai software yang sanggup dipakai baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar.

Berikut ialah beberapa trik bagaimana trik mengetahui IP address komputer dalam jaringan:

1. Cara mengatahui IP address Komputer sendiri

Sebelum membahas bagaimana trik melacak ip address orang lain yang terhubung kejaringan, saya akan awali bagaimana trik mengetahui ip addres computer sendiri. Untuk mengetahui IP address sendiri ada beberapa trik yang sanggup anda lakukan, namun yang paling mudah ialah menggunakan perintah command promp, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Pada komputer anda Klik start sajian lalu cari dengan kata kunci CMD, nanti akan terbuka aplikasi command prompt yang siap anda gunakan.

IP address ialah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk digu Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer PC dalam jaringan
 
b. Untuk mengatehaui ip address komputer sendiri ketikan perintah ipconfig/all lalu enter, nanti akan ditampilkan ip address untuk komputer anda ibarat terlihat di gambar di bawah ini:

IP address ialah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk digu Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer PC dalam jaringan

Karena untuk komputer saya dihubungkan menggunakan wireless maka info yang ditampilkan ialah Wireless LAN adapter Wireless Network Connection, untuk melihat IP address sendiri lihat saja disamping kanan goresan pena IPV4 Address:  IP address komputer yang saya gunakan ialah 192.168.0.113

2. Cara melacak IP Address Komputer Orang lain

Sekarang bagaimana trik mengetahui IP address komputer orang lain yang terhubung ke jaringan?, untuk mengetahuinya yang paling gampang ialah menggunakan tool khusus, salah satu aplikasi yang sanggup dipakai ialah Free IP Scanner yang sanggup anda download menggunakan salah satu link di bawah ini:

http://www.hide-windows.com/Download/ipscan.exe
http://www.eusing.com/Download/ipscan.exe
http://www.regsw.com/download/ipscan.exe

Free IP Scanner ialah software gratis yang sanggup dipakai untuk mengetahui IP address dengan sangat cepat, dalam satu kali klik saja maka IP address untuk setiap komputer orang lain yang terhubung pada jaringan akan gampang sekali di ketahui.

Informasi yang ditampilkan oleh tool ini cukup lengkap yang meliputi:
  • IP address
  • Workgroup Name (nama group jaringan yang digunakan)
  • Host Name (nama komputer yang terhubung ke jaringan)
  • User
  • Mac Address dan 
  • Port 

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui IP Address orang lain yang terhubng ke jaringan ialah sebaga berikut:

1. Jalankan Aplikasi Free IP Scanner yang sudah anda instal pada komputer anda, akan tampil ibarat gambar di bawah ini:

IP address ialah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk digu Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer PC dalam jaringan

 2. Masukan IP address yang ingin discan pada Kotak IP Rang From, deaultnya ialah 192.168.0.1 to 192.168.0.255, anda sanggup ganti sesuai dengan yang anda inginkan sesuai dengan IP address yang ingin deicek, atau agarkan saja.

3. Kemudian tekan tombol Start Scanning, tunggu sebentar, info IP address hasil scanning akan ditampilkan. silahkan centang pilihan Customize IP Port dan Hide Dead Hosts, supaya yang tampil ialah IP address dari komputer yang sedang aktif saja.


Sampai langkah di atas anda sudah sanggup mengetahui IP address komputer orang lain yang terhubung ke jaringan. silahkan anda gunakan dengan bijak jangan hingga disalahgunakan.

Demikian Artikel wacana Cara Melacan dan Mengetahui IP Address Komputer dalam jaringan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Melacak Dan Mengetahui Ip Address Komputer Pc Dalam Jaringan"

Total Pageviews